Di tangan Mr Said, loverbird Salju terus melaju

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Lovebird kini menjadi salah satu burung terpopular di Indonesia, bahkan pamornya makin mendekati murai batu. Selain perawatannya mudah, lovebird memiliki keragaman dalam warna dan variasi suara. Lovebird Salju milik Mr Said BH dari Jambi Team memiliki semua kelebihan ini. Warnanya eksotik, seputih salju, dengan bagian perut dan tunggir berwarna biru langit.

Suaranya pun oke, rajin ngekek, dengan variasi lagu pendek dan panjang-panjang. Gaya setiap bawa lagu pun berbeda-beda. Yang top markotop lagi, burung ini sarat prestasi, terakhir menjuarai Liga Sumatera Seri 5 di Pangkalpinang. Mau tahu cara perawatannya?

Lovebird Salju
Lovebird Salju: Warnanya eksotik, suaranya ciamik.

—-

Salju selalu tak mau kalah ketika disandingkan dengan belasan hingga puluhan lovebird di lapangan. Da ingin selalu diperhatikan, ingin terlihat menonjol daripada lovebird-lovebird lainnya. Karena itu, Salju selalu rajin bunyi, semangat tempur dan gayanya luar biasa.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Ada beberapa keunikan pada diri Salju. Dia sering membawakan lagu yang panjang-panjang, namun dibarengi variasi lagu belalang “krek-krek-krek” yang terdengar kasar. Suara burung siri-siri yang terekam dalam memorinya pun kerap dilagukannya.

Gaya Salju saat melantunkan suara seperti berikut ini: kepala menghadap ke langit, sambil menaikkan dan menurunkan ekornya mirip ular derik.

Dalam even Liga Sumatera Seri V di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (8/9) lalu, Salju berhasil menjadi juara 1 di kelas paling bergengsi, Liga Sumatera A.

“Salju masih muda, dan baru saja selesai ngurak. Sejak umur empat bulan sudah sering juara latberan. Setiap lomba bisa narik suara belasan kali dan panjang-panjang,” kata Mr Said BH, sang pemilik yang juga ketua Jambi Team.

Usai memenangi Liga Sumatera Seri II di Musi Rawas, Sumatera Selatan, akhir April lalu, lovebird Salju mengalami proses ganti bulu. Karena itulah, dia absen dalam dua seri berikutnya, yaitu di Kota Pariaman (Sumatera Barat) dan Bandar Lampung.

Tetapi begitu masa mabungnya rampung, ditambah perawatan prakondisi selama beberapa pekan, LB Salju terlihat mengalami peningkatan performa suara. Makanya, begitu tampil lagi, yaitu pada gelaran Liga Sumatera Seri V di Pangkalpinang, Salju langsung mencorong dan membawa pulang trofi juara 1 Kelas Liga Sumatera A.

Prestasi lovebird Salju

TANGGAL NAMA EVEN DAN TEMPAT PRESTASI
6 Jan 2013 H Alex N & H Saifudin, Lahat – Sumsel Juara 1 Kelas VIP
Juara 1 Kelas Eksekutif
Juara 3 Kelas Bintang
20 Jan 2013 Road to BnR Award, Jambi Juara 2 Kelas Jatijajar A
10 Feb 2013 Indonesia Cup 2, Bengkulu Juara 1 Kelas Marauke
Juara 1 Kelas Sumatera
17 Feb 2013 Serasan Sekundang Cup, Muara Enim Juara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang
24 Mar 2013 Palembang Musi 2013, Sumsel Juara 1 Kelas Executive
Juara 3
14 Apr 2013 Nusantara Saiyo Award, Padang Panjang Juara 1 Kelas B Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang
Juara 1 Kelas Sejati
21 Apr 2013 Liga Sumatera Seri II, Musi Rawas Juara 1 Liga Sumatera A
Juara 1 Liga Sumatera B
8 Sep 2013 Liga Sumatera Seri V, Bangka Belitung Juara 1 Liga Sumatera A

—-

Segudang prestasi Salju membuat banyak lovebird lovers, khususnya kalangan pemain, berniat untuk melakukan take-over. Beberapa penawaran yang menggiurkan pun mereka ajukan.

Namun, karena masih sayang, Mr Said BH belum ingin melepasnya. Dia masih ingin menurunkannya di berbagai even, apalagi Salju menjadi salah satu amunisi andalan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk Jambi Team.

“Meski masih memimpin klasemen sementara tim hingga lima seri Liga Sumatera, posisi Jambi Team belum aman. Sebab Lampung Team dalam dua seri terakhir tampil sebagai juara umum bird club, dan mereka menguntit Jambi Team di posisi kedua,” kata Mr Said.

Perawatan dan setelan lomba Salju

Berikut ini perawatan harian lovebird Salju, sebagaimana dilakukan Mr Said setiap harinya:

  • Senin : Pakan pokok biji-bijian, ditambah sawi putih.
  • Selasa : Pakan pokok bijian, ditambah kangkung.
  • Rabu : Pakan pokok bijian, ditambah tauge.
  • Kamis : Pakan pokok bijian, ditambah jagung manis dan kangkung. Selain itu, air minumnya diberi beberapa tetes multivitamin.

Aktivitas penjemuran dilakukan sejak pukul 07.00 hingga 10.00. Saat dijemur, burung disediakan bak mandi. Saat itulah, Mr Said selalu memantau apakah burung mau mandi sendiri atau tidak.

“Kalau saat dijemur burung tidak mau mandi sendiri, maka saya akan memandikannya dengan cara disemprot. Khusus hari Kamis, Salju wajib mandi. Ini untuk mengontrol birahinya,” ujar Mr Said.

Mr Said BH
Mr Said BH bersama sejumlah trofi kemenangan gaco-gaconya.

—-

Menjelang lomba, lovebird Salju menjalani perawatan khusus, yang dimulai sejak hari Kamis. Berikut ini rinciannya:

  • H-3 (Kamis): Selain pakan pokok (bijian), plus jagung manis, kangkung, dan multivitamin, Salju juga diberi 20 butir biji matahari.
  • H-2 (Jumat): Pakan pokok (bijian), jagung manis, 20 biji matahari. Burung juga dimandikan sampai basah kuyup pada pagi hari.
  • H-1 (Sabtu): Perlakukan sama seperti H-2.
  • Hari lomba (Minggu), sama seperti H-2, tetapi burung tidak dimandikan, langsung dijemur sekitar 30 menit, kemudian full kerodong.
  • Catatan Om Kicau: Ada beberapa pakan tabahan yang khusus diberikan untuk perawatan LB ini.

Hari ini, Minggu (22/9), Mr Said BH berencana membawa Salju mengikuti even Batam Internasional Champions. Kita doakan semoga Salju tetap tampil maksimal, dan bisa meraih hasil terbaik, karena even ini juga bakal diikuti sejumlah kicaumania dari Thailand, Singapura, dan Malaysia. (Waca Jogja)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.