Pageraji konsisten dengan aturan tanpa teriak

Berbagai upaya edukasi terus dilakukan agar peserta lomba burung tidak usah berteriak. Nyatanya, aturan ini lebih sering  menjadi coretan di atas kertas. Masih banyak peserta yang berteriak-teriak, dengan volume lebih tembus daripada burung, durasinya pun lebih lama, dan “lagu” yang bervariasi, mulai dari menyebut nomor gantangan hingga mengumpat juri.  Tetapi dalam even bulanan Minggu Wage di Pageraji, Cilongok, Kabupaten Banyumas, aturan tanpa teriak konsisten ditegakkan. Gimana sih cara menegakkan aturan tanpa teriak?

Suasana Lomba Minggu Wage Pageraji Purwokerto
Minggu Wage Pageraji: Siapa teriak, burung langsung diturunkan dari gantangan.

—-

Hal ini tidak terlepas dari komitmen para pengurus Kukilo Aji Purwokerto, yang mengemas even bulanan tersebut. Sejak awal hingga sekarang, aturan ini benar-benar dijalankan tanpa pandang bulu. Tak heran jika dalam pemantauan terakhir, yaitu saat berlangsung even Minggu Wage, tanggal 22 September lalu, suasana lomba masih tertib seperti dulu.

Kalau ada peserta yang nekad berteriak, dan tidak bisa mengindahkan peringatan panitia, maka panitia pun tak segan-segan untuk menurunkan burungnya, serta mengembalikan uang pendaftaran. Nah, kalau yang sulit diatur beberapa orang, panitia juga tak segan-segan menghentikan, bahkan membatalkan sesi tersebut. Semua uang pendaftaran di sesi itu juga langsung dikembalikan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Parmudi WS - Kukilo Aji Purwokerto
Parmudi WS: Aturan harus ditegakkan, bukan untuk dilanggar.

—-

”Kita tetap akan mempertahankan lomba tanpa teriak, dengan tujuan agar juri benar-benar bisa menilai burung secara lebih maksimal dan lebih fair play. Selain itu, para peserta juga dapat menilai burung dari pinggir lapangan,” jelas Parmudi WS, selaku ketua panita, didampingi Sani Arkan dan Dedi.

Jadi, kuncinya sederhana, tetapi tidak mudah dijalankan: tegas, dan tanpa pandang bulu. Barangkali hal ini perlu menjadi pembelajaran bagi event organizer (EO) lainnya, bahwa uang bukan segalanya. Kendati uang tiket sudah menumpuk, kalau masih ada yang melanggar, panitia tak sungkan mengembalikannya.

Dedi menambahkan, dalam even kali ini, panitia bahkan menurunkan harga tiket dari Rp 100.000 menjadi Rp 75.000. Tujuannya tak lain agar para pemula berani turun untuk mencoba jago-jagonya.

Murai batu Panglima berjaya

Murai batu Panglima
Murai batu Panglima

Dalam even Minggu Wage di Pageraji, Minggu (22/9), beberapa gaco lama moncer di lapangan. Salah satunya adalah murai batu Panglima milik Teguh / Udi. Burung ini memang sudah sarat dengan prestasi. ”Ini untuk pemanasan menuju Bupati Cup Banyumas, tanggal 6 Oktober mendatang,” kata Teguh.

Selain berjaya di kelas murai batu, duet Teguh / Udi juga sukses di kelas kacer, melalui andalan bernama RX-King. Burung ini menjadi juara 1 Kelas Bintang dan juara 2 Kelas Mega Bintang.

Penampilan ciamik juga diperlihatkan murai batu Kalanjana milik Aji dari A3B SF Purbalingga. Padahal ini merupakan penampilan perdana Kalanjana.

Aksi Kalanjana hari itu memang mengagumkan. Daya tempurnya dahyat dan ngeplay, sehingga berhasil meraih juara 1 Kelas Bintang. Di Kelas Mega Bintang yang dimenangi Panglima, Kalanjana juga tampil apik dan menjadi juara 2. ”Ini pelapis Kamatantra yang sudah langganan juara,” jelas Aji mantap.

Duet Udi - Teguh
Duet Udi – Teguh bersama MB Panglima.

—-

Aji Purbalingga dan MB Kalanjana
Aji Purbalingga: Tampil perdana, MB Kalanjana langsung juara.

—-

Mr Kelik dari Sokaraja juga berhasil mengantar kenari Dafa di peringkat 2. Sehari sebelumnya, Dafa satu juga menjuarai latberan Purwokerto.

Kelik dan kenari Dafa
Kelik bersama kenari Dafa.

—-

Adi Akap dari Wonosobo juga hadir membawa kenari Satria, jenis F3 hasil breeding sendiri. Tapi karena persiapannya mendadak, kinerja Satria kurang maksimal.

Minggu Wage Pageraji memang menjadi ajang pemanasan menuju Bupati Cup Banyumas yang akan berlangsung di Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman, Logawa, Purwokerto, Minggu, 6 Oktober 2013. Banyak sekali peserta dari luar kota yang sudah memastikan kehadirannya, serta membawa jago-jago terbaiknya.

Pekan berikutnya, sebagian peserta berangkat ke Bandung mengikuti even Galamedia Cup (13/10). Tiket 1 juta, hadiah juara 1 Rp 20 juta. Panitia juga menyediakan doorprize umroh, dan lelang sangkar Gading serta sangkar koleksi Kiki Hoki dengan harga dasar Rp 100 ribu. Di Jogja, PBBK Krajan pun siap menggelar kontes tahunan Sumpah Pemuda Cup, yang juga berlangsung Minggu (13/10). (Waca Jogja)

Hasil Lomba Minggu Wage Pageraji, Purwokerto (Minggu, 22 September 2013)

MURAI BATU MEGA BINTANG
1. PanglimaUdi TeguhPurwokerto
2. KalanjanaAjiA3B SF Pbg
3. HerculesPeankPurwokerto
4. TikertSugeng BTDPurwokerto
5. Rem AnginMr. HendroPurwokerto
6. ScorpioZidanPurwokerto
7. ProdeoAyunPurwokerto
MURAI BATU BINTANG
1. KalanjanaAjiA3B SF Pbg
2. ScorpioZidanPurwokerto
KACER MEGA BINTANG
1. RGSasha DhimasSDBF-Pwt
2. RX KingUdi TeguhPurwokerto
3. Raja PitikDodi AyamPurbalingga
4. BadrunPlat RPurwokerto
8. King ArthurStar BfWonosobo
KACER BINTANG
1. RX KingUdi TeguhPurwokerto
2..RGSasha DhimasSDBF-Pwt
3. Wani PiroStar BfWonosobo
4. BadrunPlat RPurwokerto
5. Raja PitikDodi AyamPurbalingga
CUCAK HIJAU
1. NakataPeankPurwokerto
2. BossSuyitKober berkicau
4. Raja DongkrakMr.Njing –NjingPerum.T.A
5. JamrudFahmiPurwokerto
7. Mas BroAdhityBBC
ANIS MERAH MEGA BINTANG
1. Star MilkKikiTeluk
2. Amanda703Purwokerto
4. Anak TiriRino Pendowo SfBumiayu
6. EmbunAsepBaturaden
LOVE BIRD BINTANG
1. AladinDodi  AyamPurwokerto
2.Neng GeulisOfaPurwokerto
3. HammerJohanPurwokerto
4. Star BlueStar BfWonosobo
CUCAK JENGGOT BINTANG
1. SaripahDodi AyamPurbalingga
2. RefoMr.Njing-NjingPerum.T.A
3. Ratu lebayStar BFWonosobo
4. GledegMr.WartoWibowo Motor
5. ArjunaZidanPurwokerto
KENARI FAVORIT
1. Raja KawinHaidar-MeyzaPurwokerto
2. DafaKelikSukaraja
CIBLEK FAVORIT
1. Panglima KimcilLoadPurwokerto
2. Raja BesiAneka BfBukateja
3. Cifas703Purwokerto
4. JackyParwotoPurwokerto
PLECI FAVORIT
1. MessiHung-HungPurwokerto
2. DamarwulanQ DynkBanyumili BC

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.