Merawat anis kembang saat musim hujan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Beberapa daerah di Indonesia mulai sering diguyur hujan. Banyak pemilik anis kembang yang mengeluhkan sulitnya merawat burung ini jika hujan tiba. Banyak AK yang malas bunyi, akibat cuaca yang berubah menjadi lebih dingin daripada biasanya. Om Kicau akan coba memberikan solusi, yang bukan hanya dapat diterapkan pada musim hujan, tetapi juga bisa diterapkan oleh AK mania yang tinggal di daerah sejuk seperti Bogor, Kota Wisata Batu, Kaliurang, dan sebagainya.

Anis kembang dan musim hujan
Butuh trik untuk merawat anis kembang di musim hujan.

—-

Kunci utama dalam merawat anis kembang pada musim hujan, maupun untuk daerah-daerah berhawa sejuk, terletak pada pemberian pakan tambahan atau extra fooding (EF). Karena dari sinilah AK akan memperoleh rasa hangat pada tubuhnya.

Dalam hal ini, perubahan dalam porsi pemberian EF bisa diberlakukan, tanpa harus mengubah setelan harian lainnya yang biasa diterapkan pada anis kembang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Untuk memudahkan kicaumania yang masih bingung dengan perawatan harian anis kembang, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan :

  • Porsi jangkrik setiap pagi 3 ekor, dan sore juga 3 ekor.
  • Porsi cacing juga 3/3. Sebelum diberikan, cacing dicuci dalam air bersih, untuk menghilangkan lendirnya.
  • Berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh, hanya pada pagi hari.
  • Berikan ulat hongkong yang berwarna putih, sebanyak 2-3 ekor, setiap malam.
  • Pemberian buah-buahan segar tetap diberikan setiap hari.

Beberapa pemain anis kembang yang tinggal di daerah dingin membuat perlakuan khusus terhadap beberapa pakan serangga sebelum diberikan kepada burungnya. Berikut ini rangkuman perlakuan mereka :

  • Jangkrik yang diberikan kepada anis kembang sebelumnya diberi pakan berupa wortel, jahe, dan kunyit.
  • Ulat hongkong yang diberikan harus berwarna putih atau sedang berganti kulit. Bagaimana cara membuat ulat hongkong cepat berganti kulit, silakan lihat kembali panduannya di sini.

Tips perawatan di atas juga bisa diterapkan baik pada musim hujan, maupun untuk AK mania yang mukim di daerah berhawa sejuk / dingin.

Merawat anis kembang di musim hujan
Perawatan tepat di musim hujan membuat AK tetap rajin bunyi.

—-

Khusus untuk AK yang dirawat di daerah berhawa sejuk / dingin, diperlukan perawatan tambahan pada malam hari. Dalam hal ini, udara yang sangat dingin pasti akan membuat burung tidak nyaman, bahkan dapat memicu mabung yang lebih cepat daripada siklus normalnya.

Perawatan tambahan pada malam hari yang perlu dilakukan adalah memasang lampu bohlam 10 Watt di atas sangkar burung yang digantung. Selain bohlam, Anda juga bisa menggunakan lampu UV (ultraviolet) untuk menghangatkan tubuh burung pada malam hari.

Pemasangan lampu ini juga bisa diterapkan di daerah mana pun ketika hujan turun sejak sore hingga malam, yang menyebabkan suhu udara terlalu rendah daripada biasanya.

Esok paginya, kalau tidak hujan, burung bisa dijemur di bawah sinar matahari, meski intensitas cahaya relatif sedikit. Yang penting, burung mendapat kehangatan yang akan membuatnya tetap rajin bunyi.

Perlu diketahui, cuaca dingin mudah sekali melemahkan sistem pertahanan tubuh burung, terutama dari agen penyakit yang datang menyerang, meski dalam jumlah sedikit. Karena itu, pemberian multivitamin seperti BirdVit pada musim hujan perlu ditingkatkan. Anda bisa memberikannya setiap dua hari sekali.

Dengan perawatan yang lebih ekstra, khususnya pemberian EF, perlakuan di malam hari, penjemuran setiap pagi, serta rutin memberikan multivitamin, maka metabolisme burung tetap lancar seperti biasanya dan tidak akan mengurangi intensitas kicauannya, meski di daerah Anda sering turun hujan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.