Audio dan video burung pelanduk tickelli

Burung pelanduk tickelli / buff-breasted babbler (Pellorneum tickelli) memiliki suara kicauan merdu, dan sering dijadikan masteran murai batu dan kacer oleh penggemar burung berkicau di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Lho, mengapa kicaumania Indonesia tidak disebutkan? Spesies ini tersebar mulai dari Asia Selatan, selatan China, Indochina, hingga Asia Tenggara, kecuali Indonesia dan Filipina. Tetapi, jika Anda berminat, Om Kicau menyediakan audio burung pelanduk tickelli hasil konversi video milik Om David de Souza.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung pelanduk tickelli
Burung pelanduk tickelli / buff-breasted babbler

—-

Indonesia sebenarnya memiliki 10 spesies burung pelanduk, termasukpelanduk semak yang memiliki kemiripan dengan burung kancilan bakau dan wergan jawa. Namun ada beberapa spesies yang tak dijumpai di Indonesia, termasuk pelanduk tickelli dan spot-throated babbler atau sering disebut hwamei mini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Burung pelanduk tickelli berukuran mungil, dengan panjang tubuh sekitar 13-15 cm. Warna tubuh bagian atas dominan cokelat, sedangkan tubuh bagian bawah agak pucat, terutama bagian dadanya. Adapun bagian perut berwarna putih.

Burung jantan dan betina dewasa memiliki penampilan yang mirip, sehingga susah dibedakan jenis kelaminnya. Pada burung muda / trotol, warna tubuh bagian bawah cokelat.

Burung pelanduk tickelli
Tubuh bagian bawah pada burung muda berwarna cokelat.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Pelanduk tickelli memiliki kemiripan dengan hwamei mini. Bedanya, hwamei mini memiliki bintik-bintik halus pada bulu-bulu di bagian tenggorokannya. Tetapi keduanya sama-sama dari keluarga Timaliidae.

Lima ras dan wilayah persebaran

Burung pelanduk tickelli
Kicauan merdunya bisa untuk memaster aneka burung berkicau.

—-

Berikut ini lima subspesies / ras pelanduk tickelli dan wilayah persebarannya :

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Pellorneum tickelli assamense (Sharpe, 1883): Wilayah persebaran mulai dari timurlaut India, wilayah timur Bangladesh, serta wilayah barat dan utara Myanmar.
  • Pellorneum tickelli grisescens (Ticehurst, 1932): Ras ini hanya dijumpai di wilayah baratdaya Myanmar, terutama sebelah barat Sungai Irrawaddy.
  • Pellorneum tickelli fulvum (Walden, 1875): Wilayah persebaran mulai dari selatan China, wilayah tenggara Myanmar, Thailand, Laos, and wilayah utara Vietnam.
  • Pellorneum tickelli annamense (Delacour, 1926): Wilayah persebaran di Kamboja, Laos, dan Vietnam.
  • Pellorneum tickelli tickelli (Blyth, 1859): Wilayah persebaran di selatan Myanmar, wilayah barat dan selatan Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

Pelanduk tickelli memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan pelanduk buttikofer / sumatran babbler (Pellorneum buettikoferi). Bahkan pelanduk buttikofer sempat dimasukkan sebagai subspesies dari pelanduk tickelli, meski kemudian dipisah menjadi spesies tersendiri.

Berikut ini video burung pelanduk tickelli, koleksi Om David de Souza, yang sering digunakan sebagai salah satu burung master bagi murai batunya.

DOWNLOAD VIDEO

—-

Audio burung pelanduk tickelli

Om Kicau mengkonversi video tersebut dalam format audio mp3, yang bisa digunakan untuk memaster murai batu, kacer, cucak hijau, dan burung kicauan lainnya.

  • Audio burung pelanduk tickelli     l    Download

—-

Beberapa audio berikut ini merupakan rekaman suara kicauan dan suara panggilan burung pelanduk tickelli di alam liar yang bersumber dari xeno-canto, kemudian disunting seperlunya agar lebih jernih dan bisa dijadikan pula sebagai audio masteran.

  • Suara kicauan burung pelanduk tickelli 1     l    Download

—-

  • Suara kicauan burung pelanduk tickelli 2     l    Download

—-

  • Suara kicauan burung pelanduk tickelli 3     l    Download

—-

  • Suara panggilan burung pelanduk tickelli     l    Download

—-

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

Komentar ditutup.