Mengintip murai batu hasil breeding Om David

Sebagian penggemar murai batu tentu mengenal nama David de Souza. Di sela-sela kesibukannya sebagai pengacara di Singapura, Om David ternyata terus belajar dan belajar menangkar murai batu, yang sudah ditekuninya sejak 1987. Kini dia menjadi salah seorang penangkar murai batu yang paling disegani di dunia, dan tak pernah pelit berbagi ilmu. Kali ini kita akan mengintip tiga ekor murai batu hasil penangkarannya, plus seekor murai batu indukan yang dibelinya di Dragon House Bird.

Beberapa kekhasan murai batu hasil penangkaran Om David adalah memiliki ekor super-panjang, rata-rata 14 inci (35 cm) tetapi ramping (tidak lebar), dipadu dengan irama lagu yang ciamik, tubuh proporsional, stamina prima, dan mental pemberani.

Nah, berikut ini video tiga murai batu hasil breeding Om David.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Murai batu Phoenix

Phoenix merupakan murai batu hasil breeding Om David, yang kini dirawat serta dilatih sahabatnya, Michael. Phoenix baru saja selesai mabung, pekan lalu. Ini merupakan mabung ketiga bagi Phoenix. Menurut Om David, murai yang sudah tiga kali mabung biasanya akan berada dalam top form.

Burung ini rencananya akan diturunkan dalam kontes di Bishan, Singapura, Minggu (22/9) mendatang, di mana lomba diadakan pada malam hari. Jadi, jarak antara rampung mabung dan waktu lomba hanya dua pekan. “Idealnya, murai batu dilombakan sekitar 1,5 bulan sejak selesai mabung. Tetapi saya percaya, Michael adalah perawat dan pelatih murai yang baik,” kata Om David.

Saat ini, Michael sedang ngetrek Phoenix dengan gaco Om David bernama Dragon. Karena lombanya malam hari, maka kedua burung dibiasakan ditrek pada malam hari. Michael menempatkan sangkar Phoenix dan Dragon pada jarak tertentu, sehingga kedua burung bisa saling mendengar, tetapi tidak bisa melihat satu sama lain.

“Semua lampu dinyalakan, sehingga burung berada dalam ruangan yang terang. Selanjutnya, kedua burung diperdengarkan audio suara murai batu yang diunduh dari youtube. Ini untuk merangsang kedua murai agar berkicau pula. Tanpa upaya seperti ini, murai biasanya akan tidur kalau hari sudah malam dan suasana tenang,” jelas Om David.

Oke, untuk video pertama, kita lihat performa Phoenix :

( DOWNLOAD VIDEO )

2. Murai batu Dato

Dato juga murai batu hasil breeding Om David, yang menetas pada Desember 2012. Jadi, umurnya saat ini baru 9 bulan. Sejak trotolan, burung ini sudah di-take-over sahabatnya, Jeffrey. Dari Jeffrey, Dato kemudian dibeli Amir.

Nah, aksi Dato dalam video ini direkam Jeffrey Juli 2013, ketika burung masih berada di tangannya. Umurnya waktu itu 7 bulan lebih sedikit, ketika burung baru selesai mabung pertama.

( DOWNLOAD VIDEO )

3. Murai batu Firefly

Murai batu Firefly hingga kini masih berada di tangan Om David. Video Firefly di bawah ini direkam pada Maret 2013.

( DOWNLOAD VIDEO )

Murai batu Dragon

Inilah burung milik Om David yang digunakan sebagai sparring partner bagi Phoenix menjelang turun dalam kontes malam hari di Bishan, Minggu (22/9).

Berbeda dari tiga murai terdahulu, Dragon bukanlah burung hasil breeding Om David. Menurut dia, burung ini diperolehnya Dragon House Bird, dua tahun lalu. Dragon digunakannya sebagai indukan, untuk disilangkan dengan induk betina koleksi Om David.

Dragon juga baru merampungkan masa mabungnya. Selesai mabung, ekornya yang panjang sedikit memendek. “Mungkin karena sering dijadikan pejantan bagi induk betina di penangkaran,” tutur Om David.

Jumat (6/9) malam lalu, untuk pertama kalinya Dragon ditrek dengan puluhan murai batu lainnya, bertempat di Jurong East. “Ya, sejak di tangan saya, baru saat itulah Dragon ditrek dengan murai lain,” jelasnya. Kini, Dragon makin sering ditrek, terutama bagi Phoenix.

( DOWNLOAD VIDEO )

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.