Aneka tempat sarang berbahan tempurung kelapa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sarang untuk burung yang sedang ditangkarkan tidak selalu harus menggunakan bahan kayu / papan seperti halnya gelodok untuk lovebird dan kotak kayu untuk murai batu dan kacer. Banyak alternatif lain yang dapat dikembangkan. Apabila menginginkan kesan alami, kita dapat memanfaatkan batang pohon (misalnya batang palem) atau tempurung kelapa. Dari tempurung kelapa, kita bahkan bisa membuat aneka model tempat sarang yang cantik, alami, dan yang terpenting tetap fungsional.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ternak Kacer
Penangkaran burung kacer menggunakan sarang dari tempurung kelapa.

—-

Tempat sarang dari tempurung kelapa bukan hanya memberi kesan alami, tetapi juga bisa membuat burung merasa nyaman berada di dalamnya. Sebab, lekukannya menyerupai sarang asli dari berbagai jenis burung di habitat aslinya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Begitu juga serabut kelapa yang masih menempel, dapat memberi kenyamanan serta rasa sejuk bagi burung yang sedang bertelur, mengerami telur, atau merawat anaknya. Penggunaan tempat sarang dari tempurung kelapa juga bisa merangsang / memancing burung agar lebih cepat berproduksi.

Aneka model sarang dari tempurung kelapa

Untuk menambah pengetahuan Anda, juga sebagai bahan inspirasi dalam penangkaran burung, berikut ini beberapa gambar mengenai model tempat sarang yang menggunakan tempurung kelapa :

Gambar sarang di bawah ini cocok sekali digunakan dalam penangkaran burung-burung berukuran mungi; seperti kenari :

Bentuk sarang dari batok kelapa yang umum digunakan dalam penangkaran kenari dan sejenisnya
Model sarang batok kelapa untuk burung kenari dan sejenisnya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Gambar sarang gantung dan sarang tempel di bawah ini juga bisa digunakan dalam penangkaran burung finch, kenari, dan lainnya.

Bentuk sarang dari tempurung kelapa
Model sarang gantung dan sarang tempel dari tempurung kelapa.

—-

Sarang dari tempurung kelapa yang dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga kita lebih mudah melakukan  pemantauan :

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sarang dari batok kelapa yang dimodifikasi untuk memudahkan pemantauan
Sarang dari batok kelapa yang dimodifikasi untuk memudahkan pemantauan.

—-

Membuat sarang burung model buka-tutup

Dari bahan yang sama, tempurung kelapa, kita juga bisa membuat kotak sarang model buka-tutup. Model sarang seperti ini cocok digunakan dalam penangkaran burung parkit, serindit, maupun lovebird. Yang penting, diameter lubang yang dibuat disesuaikan dengan jenis burung yang ditangkarkan.

Sarang burung dari tempurung kelapa model buka-tutup ini akan memudahkan kita saat ingin membersihkan bagian dalam, misalnya setelah anakan dipanen. Berikut ini proses pembuatannya :

Tempurung kelapa dibelah dua, menggunakan gergaji kayu agar hasilnya lebih rapi. Setelah itu, belahan yang akan digunakan sebagai bagian atas dibuang kulitnya yang keras. Jika kulit sudah dibuang, bagian atas dibuat lubang sebagai pintu masuk-keluar.

Pastikan induk burung bisa masuk lubang dengan mudah. Kalau induk bisa masuk dengan leluasa, berarti anak-anaknya saat belajar terbang juga bisa masuk dengan leluasa.

Tempurung bagian bawah kita biarkan apa adanya. Setelah itu, hubungkan kedua tempurung dengan engsel pintu. Usahakan agar tempurung bisa menutup sempurna, dengan cara meletakkan engsel pada posisi yang tepat.

Sarang dari batok kelapa dengan ensel
Sarang burung model buka-tutup dengan bantuan engsel.

—-

Setelah engsel dipasang, selanjutnya memasang pengunci pada bagian atas dan bawah dari tempurung. Agar lebih kuat, kita bisa memanfaatkan tali kawat untuk mengikatnya.

Kini tempat sarang bisa diletakkan dalam kandang penangkaran, dengan cara digantung, setelah sebelumnya dipasang tenggeran pada bagian bawah dari tempurung tersebut.

Sarang yang sudah jadi menggunakan sistim engsel pintu
Pasang tenggeran di bawah sarang batok kelapa model buka-tutup.

—-

Bagaimana, mudah dan murah bukan ? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang menginginkan suasana alami dalam kandang penangkaran burung.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.