Parisian frill, varietas unik dari burung kenari

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selalu saja ada yang unik di dunia ini. Begitu pula ragam / varietas kenari, di mana parisian frill atau parisian canary bisa disebut paling unik. Selain postur tubuhnya paling besar, dengan panjang sekitar 20 – 23 cm, kenari paris juga memiliki bulubulu ikal / keriting. Hanya bulu sayap dan ekornya saja yang tidak keriting. Panjang ekornya bisa mencapai 12 cm. Bukan hanya itu keunikan kenari paris. Jari-jari kakinya juga bisa diputar-putar. Kepalanya pun tampak seperti mengenakan helm. Bagaimana dengan kualitas suaranya?

Kenari Paris atau Parisian Fril
Kenari paris / parisian frill memiliki berbagai keunikan.

—-

Karena posturnya yang besar dan punya banyak keunikan, parisian frill menjadi kenari favorit yang banyak dipelihara untuk tujuan dikonteskan. Kenari paris juga memiliki produktivitas tinggi sebagai burung indukan.

Sekadar informasi, parisian frill hanyalah salah satu jenis kenari frill. Jenis kenari frill lain yang juga terkenal adalah french frill, milanese frill, gibberitalicus, giboso espanol, japanese frill, northern dutch frill, southern dutch frill, munich frill, scotch fancy frill, swiss frill, roebekian frill, hunchback frill, dan brazilian frill. Bahkan dari jenis kenari jambul (crested canary) pun ada yang termasuk frill, seperti padovan frill dan florin frill.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Kenari frill / kenari berjumbai memang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, menurut beberapa ahli perburungan, kenari frill pertama berasal dari Belanda (dutch frill ) yang mucul sejak abad ke-18. Kenari tersebut merupakan hasil mutasi dari kenari dutch fancy.

Perkembangan selanjutnya muncul di berbagai belahan benua, di mana banyak yang menghasilkan beberapa jenis berbeda. Beberapa varietas yang dikenal selama ini umumnya pendatang baru yang dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir di Italia.

Parisian Frill
Ragam warna dari kenari paris / parisian frill

—-

Adapun parisian frill sudah dikembangkan selama abad ke-19 di Prancis. Semula dikenal dengan nama frise parisien, lalu pada tahun 1910 lebih dikenal dengan nama parisian frill. Sekarang ada juga yang menyebutnya kenari parisian atau kenari paris.

Perawatan, perilaku dan pengembangbiakan

Kenari paris dikenal sebagai burung sosial dan bisa dipelihara dalam kandang koloni atau dicampur dengan berbagai jenis burung lainnya dalam satu kandang. Namun hindari mencampur kenari dengan burung paruh bengkok seperti parkit, lovebird, atau serindit. Sebab burung paruh bengkok cenderung agresif terhadap jenis burung lainnya.

Adapun kenari paris jantan sebaiknya dipisahkan dari kenari paris  jantan lainnya. Artinya, jangan dipelihara dalam satu kandang, karena bisa menimbulkan perselisihan akibat berebut wilayah teritorial.

Kenari Parisian Frill
Kenari parisian frill

Di Indonesia, kenari paris memang belum terlalu popular, terutama jika dibandingkan dengan kenari impor lainnya seperti kenari rusia, waterslager, border, lizard, dan sebagainya.

Mungkin hal ini karena minimnya permintaan konsumen, sehingga importir pun belum banyak yang mendatangkannya.

Soal kicauan, sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis kenari lainnya. Namun, agar tidak penasaran dengan penampilan dan suara kicauan kenari paris / parisian frill, silakan tonton video berikut ini  :

Suasana kontes kenari paris di Oklahoma

—-

Suara kicauan burung kenari paris

—-

Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

8 Comments

    • kenari jenis frill sudah lama masuk Indonesia kok om, kalau dulu kadang ada juga yang jual parissian frill bersama jenis frill lainnya, cuma sekarang saya kurang tahu, karena kebanyakan orang lebih suka impor burung yang di anggap populer di sini.

    • iya om, ukuran panjang normal 20cm dan panjang maksimal bisa lebh dari 8,5 inchi ( mak 23 cm) dengan ekor yang bisa mencapai 12 cm ( bukan 120cm 🙂 ). termasuk varietas paling besar dari semua jenis kenari, perhatikan saja kandang yang digunakan dalam video kontes diatas, padahal itu kandang standar kenari tapi kekecilan untuk kenari tersebut.

Komentar ditutup.