Mahkota Galery datangkan burung kardinal

Setelah mapan sebagai importir burung kenari, finch, dan lovebird khususnya dari Eropa, Om Sutan dari Mahkota Galery kini membuat terobosan baru dengan mendatangkan burung kardinal / northern cardinal (Cardinalis cardinalis). Hal ini untuk memenuhi permintaan sebagian pelanggannya. “Penampilannya gagah dan cantik, suaranya pun ciamik. Burung ini mudah diternak, dan  jenis kelaminnya juga mudah dibedakan,” kata Om Sutan.

Burung kardinal
Pasangan burung kardinal (Cardinalis cardinalis). Jantan berwarna merah.

—-

Perlu diketahui, keluarga burung kardinal (Cardinalidae) terdiri atas 23 genus (marga) dan 68 jenis (spesies), termasuk northern cardinal yang ada di Mahkota Galery. Banyak yang menyangka kalau spesies ini identik dengan angry bird, tokoh dalam film kartun dan juga game yang kini digemari masyarakat di seluruh dunia.

Sebenarnya sosok angry bird mengacu pada spesies red-crested cardinal (Paroaria coronata) yang termasuk dalam keluarga Thraupidae. Spesies ini berhasil ditangkarkan di MBOF milik Megananda di Ciluar Bogor (lihat artikelnya di sini, sekaligus untuk membandingkan gambarnya).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung kardinal mempunyai penampilan yang cantik, eksotik, serta kicauan merdu. Jadi, selain bisa dipelihara sebagai burung hias, juga bisa dinikmati suaranya, atau bahkan untuk masteran burung kicauan lainnya.

Video kicauan burung kardinal

Berikut ini video kicauan burung kardinal di alam liar :

Download Video

—-

Audio kicauan burung kardinal

Sebagai referensi, berikut ini dua audio kicauan burung kardinal dengan dua variasi berbeda. Audio pertama adalah hasil konversi video di atas, sedangkan audio kedua merupakan kicauan burung kardinal yang dirawat manusia.

  • Audio kicauan burung kardinal 1   l    Download

—-

  • Audio kicauan burung kardinal 2   l    Download

—-

Prospek penangkaran burung kardinal cukup cerah. Selain belum banyak kompetitor, burung ini memang bisa dijadikan penyanyi di rumah, atau sebagai burung master alternatif.

Untuk mendapatkan calon pasangan induk, atau pasangan induk siap ternak, Anda bisa mampir ke Mahkota Galery, JalanTerusan Mabes Hankam No 17A, Cilangkap, Jakarta Timur. Lokasinya persis di depan Mabes TNI. Sampai saat ini, belum banyak toko burung yang menyediakan burung ini.

Burung kardinal
Burung kardinal di Mahkota Galery Jakarta.

—-

Harganya memang lumayan mahal, mulai dari Rp 11 juta hingga Rp 15 juta per pasang. Maklumlah, kardinal termasuk burung eksotik dan belum banyak dijumpai di negeri ini. Kalau Anda berhasil menangkarnya, tentu bisa mengisi kekosongan / kelangkaan pasar di daerah masing-masing.

Burung kardinal berasal dari kawasan Amerika Selatan seperti Uruguay, Paraguay, Argentina, Bolivia, hingga Brazil. Habitatnya di hutan-hutan subtropis dan tropis, sehingga mudah beradaptasi dengan iklim Indonesia. Makanannya terdiri atas buah, bijan, dan aneka jenis serangga.

Pasangan burung kardinal
Pasangan burung kardinal siap diternak.

—-

Penangkaran burung kardinal relatif mudah. Siapkan kandang dengan panjang 2 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 2 meter. Dinding depan dan samping terbuat dari kawat kassa, adapun dinding belakang bisa terbuat dari batu bata / batako. Yang penting, burung aman dari gangguan predator seperti tikus, kucing, dan ular.

Proses penjodohannya pun relatif mudah. Induk betina akan bertelur sebanyak 2 – 3 butir, lalu mengerami telurnya selama 15 hari. Anakan umur 5-7 hari bisa dipanen dan dipindah ke boks inkubator. Secara umum, cara penangkarannya sama seperti red-crested cardinal yang ada di MBOF Bogor.

Oh ya, pekan ini Om Sutan kembali mendatangkan ratusan kenari dan lovebird. Ini memang merupakan bisnis utamanya. Kenari didatangkannya dari Spanyol dan Italia, antara lain scoth fancy, yorkshire, border, lancaster, red intensive, red mozaic, parisian frill, dan sebagainya.

Adapun lovebird berasal dari sejumlah negara di Eropa, termasuk Belanda dan Belgia. Jenisnya beragam, mulai dari lutino, albino, blorok, dan lain-lain. Seperti biasa, produk yang didatangkan umumnya grade-A.

“Selain pembelian partai besar dan partai kecil, kami juga menyediakan eceran. Silahkan datang langsung ke galeri, sehingga bisa memilih sesuka hati,” ungkap Om Sutan. (d’one)

Mahkota Galery
Om Sutan: Baru tiba ratusan kenari dan lovebird impor.

—-

Sutan / Mahkota Gallery

Jl.Terusan Mabes Hankam No. 17A, Cilangkap Jakarta Timur

Kontak: 021-9338 0805 / 0821 2339 2333 / Pin BB 2AF2B4A5

—-

Semoga bermanfaat.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Di amerika bnyk berterbangan di dpn rmh. Klo di pet shop harganya pun tdk segitu mahalnya. Mungkin karen biaya pengiriman lumayan mahal sekitar $200 us klo dirupiahkan sekitar 2jt makanya dijual mahal wajar. Lg pula di indonesia blm ada. Betulkan

Komentar ditutup.