Setelah mapan sebagai importir burung kenari, finch, dan lovebird khususnya dari Eropa, Om Sutan dari Mahkota Galery kini membuat terobosan baru dengan mendatangkan burung kardinal / northern cardinal (Cardinalis cardinalis). Hal ini untuk memenuhi permintaan sebagian pelanggannya. “Penampilannya gagah dan cantik, suaranya pun ciamik. Burung ini mudah diternak, dan  jenis kelaminnya juga mudah dibedakan,” kata Om Sutan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pasangan burung kardinal (Cardinalis cardinalis). Jantan berwarna merah.

—-

Perlu diketahui, keluarga burung kardinal (Cardinalidae) terdiri atas 23 genus (marga) dan 68 jenis (spesies), termasuk northern cardinal yang ada di Mahkota Galery. Banyak yang menyangka kalau spesies ini identik dengan angry bird, tokoh dalam film kartun dan juga game yang kini digemari masyarakat di seluruh dunia.

Sebenarnya sosok angry bird mengacu pada spesies red-crested cardinal (Paroaria coronata) yang termasuk dalam keluarga Thraupidae. Spesies ini berhasil ditangkarkan di MBOF milik Megananda di Ciluar Bogor (lihat artikelnya di sini, sekaligus untuk membandingkan gambarnya).

Burung kardinal mempunyai penampilan yang cantik, eksotik, serta kicauan merdu. Jadi, selain bisa dipelihara sebagai burung hias, juga bisa dinikmati suaranya, atau bahkan untuk masteran burung kicauan lainnya.

Video kicauan burung kardinal

Berikut ini video kicauan burung kardinal di alam liar :