Variasi suara kicauan burung red-crested cardinal

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Burung red-crested cardinal (Paroaria coronata), yang selama ini menjadi personifikasi tokoh kartun Angry Bird, rupanya punya suara kicauan yang sangat bervariasi. Di alam liar pun, suara kicauannya cukup beragam. Adapun ketika dipelihara dalam sangkar, berinteraksi dengan pemilik / perawatnya, dan diperdengarkan suara burung lain, isiannya makin bertambah lengkap. Om Kicau mengkonversi beberapa video sehingga menjadi audio burung red-crested cardinal dalam beberapa variasi.

Red-crested cardinal
Red-crested cardinal / kardinal jambul merah (Paroaria coronata).

—-

Red-crested cardinal sering juga disebut sebagai kardinal jambul merah, untuk membedakannya dari burung kardinal / northern cardinal (Cardualis cardualis). Secara fisik, seperti terlihat pada gambar di atas, burung ini memang cantik.

Suaranya pun ciamik. Om Kicau mencoba memilah beberapa ragam suara kardinal jambul merah, sehingga bisa dijadikan masteran untuk burung kicauan di rumah. Misalnya, suara besetannya yang terdengar mirip gesekan styrofoam pada kaca, yang bagus untuk isian cendet atau burung kicauan lainnya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Suara besetan kardinal jambul merah 

Suara besetan itu muncul, ketika burung kardinal jambul merah sedang berinteraksi dengan pemiliknya. Sang pemilik sengaja menyodorkan jarinya untuk digigit. Nah, saat menggigit itulah muncul besetan yang terdengar unik. Silakan lihat video berikut ini :

Video 1

Kemudian ada lagi suara beberapa burung kardinal jambul yang sedang ditrek, dan sekilas terdengar seperti suara burung gereja tarung. Silakan dengar / download audionya, yang dapat digunakan untuk isian berbagai jenis burung kicauan.

Suara burung kardinal jambul merah tarung

Audio tersebut merupakan hasil konversi dari video berikut ini:

Video 2

Sudah ada di Indonesia, tetapi harganya selangit…

Burung red-crested cardinal sebenarnya sudah bisa dijumpai di Indonesia, bahkan MBOF Bogor telah berhasil menangkarnya. Kalau ingin belajar cara penangkaran burung kardinal jambul merah, silakan lihat panduannya di sini.

Sayangnya, harga sepasang kardinal jambul merah saat ini masih selangit, sekitar Rp 15 juta. Tetapi jika Anda berhasil menangkarnya, wah… prospeknya cukup cerah. Selain belum banyak pesaing, burung ini secara fisik memang cantik, suaranya bagus, dan dapat dicoba diturunkan dalam lomba burung (kelas campuran impor).

Video 3

Burung yang berasal dari kawasan Amerika Latin ini juga mudah dipelihara. Pakan terdiri atas bijian (millet, juwawut dan sejenisnya), ditambah jagung muda, buah  dan serangga.

Di Brazil, dan negara-negara Amerika Latin lainnya, kardinal jambul merah menjadi salah satu burung favorit selain burung towa-towa / curio (silakan lihat audio dan videonya di sini). Apalagi burung ini cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mudah berinteraksi dengan pemiliknya, seperti terlihat pada video berikut ini:

Video 4

Audio kicauan burung red-crested cardinal

Berikut ini audio kicauan burung red-crested cardinal dalam beberapa variasi, yang dapat digunakan untuk masteran burung kicauan Anda di rumah. Apabila kelak Anda memiliki kardinal jambul merah, audio ini juga bisa digunakan untuk memancing burung tersebut agar cepat bunyi dan gacor.

  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 1
  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 2
  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 3
  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 4

Audio kicauan red-crested cardinal variasi 5 

  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 6
  • Audio kicauan red-crested cardinal variasi 7

—-

Download semua video dan suara kicauan burung red-crested cardinal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.