Audio burung sikatan blue-throated untuk masteran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung sikatan (blue flycatcher) dikenal memiliki kicauan merdu. Indonesia menjadi habitat sebagian besar spesies burung sikatan. Namun ada beberapa spesies yang tidak dijumpai di negeri kita, antara lain sikatan blue-throated (Cyornis rubeculoides). Kemerduan suaranya tak kalah dari sikatan cacing / tledekan gunung. Untuk referensi serta koleksi, Om Kicau menyediakan beberapa audio kicauan burung sikatan blue-throated, yang bisa digunakan untuk masteran atau memancing burung sejenis agar mau dan rajin bunyi.

Burung sikatan blue-throated
Burung sikatan blue-throated (Cyornis rubeculoides).

—-

Sikatan blue-throated, atau dalam literatur internasional dinamakan blue-throated blue flycatcher, berukuran lebih kecil daripada tledekan gunung. Panjang tubuh burung tledekan gunung sekitar 15 cm, adapun sikatan blue-throated hanya 11-12 cm.

Dibandingkan dengan burung sikatan lainnya yang ada di Indonesia, spesies ini lebih mirip sikatan ranting / tickell’s blue flycatcher (Cyornis tickelliae). Sikatan ranting hanya bisa dijumpai di Sumatera, terutama di wilayah timurlaut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Perbedaan hanya pada warna bulu tenggorokan dan dada. Sesuai dengan namanya, sikatan blue-throated memiliki warna biru pada tenggorokannya. Adapun bagian dada oranye tua, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Sikatan ranting dan sikatan blue-throated
Perbedaan antara sikatan ranting dan sikatan blue-throated.

—-

Wilayah persebaran dan ras

Sikatan blue- throated banyak ditemukan di Anak Benua India , sepanjang Pegungungan Himalaya , dataran Ghats Barat (India), terutama pada bulan-bulan dingin. Selain itu, persebarannya meluas ke arah timur, seperti Bangladesh, serta Arakan dan Bukit Tenasserim di Myanmar.

  • Cyornis rubeculoides rubeculoides (Vigors, 1831): Berkembang biak di kawasan Himalaya, mulai dari timurlaut Pakistan hingga timurlaut India, wilayah selatan China, dan Myanmar. Di luar musim kawin, mereka sering mendiami kawasan selatan India, Bangladesh, Sri Lanka, dan Myanmar.
  • Cyornis rubeculoides dialilaemus (Salvadori, 1889): Habitat ras ini hanya di wilayah tenggara dan timur Myanmar, serta wilayah utara dan barat Thailand.
  • Cyornis rubeculoides rogersi (Robinson & Kinnear, 1928): Merupakan burung endemik di Myanmar, khususnya di wilayah tengah dan baratdaya.
  • Cyornis rubeculoides glaucicomans (Thayer & Bangs, 1909): Berkembang biak di wilayah selatan China (Shaanxi, Hubei, dan Yunnan). Tetapi di luar musim kawin, mereka pindah ke Thailand dan Semenanjung Malaysia.
  • Cyornis rubeculoides klossi (Robinson, 1921) – Habitat di wilayah timur Thailand, dan wilayah selatan Laos serta Vietnam.

Dari gambaran di atas bisa dimengerti kalau burung sikatan blue-throated tidak pernah mampir ke Indonesia. Ini berbeda dari sikatan ranting, yang sebagian memang ada di wilayah timurlaut Pulau Sumatera, namun pada musim non-breeding terkadang masih sering kedatangan burung sejenis dari Semenanjung Malaysia, Thailand, dan kawasan Indochina (Myanmar, Vietnam, Laos, dan Kamboja).

Habitat dan perilaku sikatan blue-throated

Sikatan blue-throated betina
Burung sikatan blue-throated betina memiliki penampilan berbeda.

—-

Berbeda dari jenis sikatan lainnya, burung sikatan blue-throated lebih sering mendiami hutan-hutan yang lebih dalam dan lebih lebat. Itu sebabnya, burung ini banyak dijumpai di Pegunungan Himalaya yang vegetasinya masih sangat lebat.

Mereka sering bergerak dari pohon yang satu ke pohon lain. Posisi yang disukainya adalah nangkring pada cabang yang rendah. Perilaku ini berbeda dari burung leafbird (misalnya cucak hijau dan cucak ranting) yang memilih pucuk pohon tertinggi.

Sesekali mereka turun ke permukaan tanah, semak-semak, atau bebatuan, untuk mencari serangga. Jika sudah kenyang, burung ini akan kembali nangkring pada cabang pohon, duduk tenang, sambil menyanyikan lagu-lagunya yang merdu.

Audio & video kicauan burung sikatan blue-throated

Sebelum mendengar dan mengunduh audionya, berikut ini tayangan video burung sikatan blue-throated yang bersumber dari ibc.lynxeds, untuk menambah pengetahuan kita mengenai burung-burung di alam liar :

Link download video

—-

Berikut ini beberapa audio kicauan burung sikatan blue-throated, semuanya dari rekaman alam yang bersumber dari xeno-canto, ibc.lynxeds, dan macaulaylibrary. Om Kicau melakukan beberapa editing untuk menjernihkan suaranya.

Dari audio ini akan terdengar betapa burung ini memiliki komponen suara yang cukup lengkap, mulai dari lagu ngerol, cerecetan, dan besetan. Jadi, dapat dimanfaatkan untuk memaster burung kicauan Anda di rumah, atau untuk memancing burung tledekan agar mau bunyi dan rajin bunyi.

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 1  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 2  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 3  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 4  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 5  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 6  

—-

  • Audio kicauan sikatan blue-throated variasi 7  

—-

Audio terapi untuk burung tledekan

Ada satu audio burung sikatan blue-throated, berasal dari kicauan beberapa ekor burung tersebut di alam liar, yang bisa dimanfaatkan sebagai terapi untuk burung tledekan Anda di rumah ketika macet bunyi dan stres, atau untuk memancing bunyi burung muda.

Jadi, selain menggunakan suara burung tledekan betina yang pernah diupload Om Kicau (silakan cek di sini) untuk memancing bunyi tledekan jantan, audio berikut ini juga bisa digunakan untuk manfaat yang sama.

—-

DOWNLOAD AUDIO BURUNG SIKATAN BLUE-THROATED

—-

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.