Isian Viking: Dari jalak afrika hingga madi injap

Persaingan kelas murai batu di Blok Barat, khususnya Jabodetabek, makin ketat. Pemilik burung berlomba-lomba mengisi gaconya dengan aneka jenis burung masteran, dengan tujuan memperkaya materi tembakan, tonjolan, dan lagu-lagunya. Tak mau terpaku pada isian standar, seperti  tembakan cililin serta tonjolan cucak jenggot dan lovebird, Robby Doda (Ansel SF Pejaten) mencoba memberi isian unik pada murai batu Viking miliknya.

Robby - MB Viking
Robby (kiri) bersama MB Viking, Ozy (mekanik), dan dua anaknya.

Viking merupakan murai batu hasil penangkaran. Dengan memaksimalkan materi isian, disertai perawatan rutin, burung ini sering mengalahkan puluhan murai batu tangkapan hutan.

Burung ini semula milik Yudi Voltus, kemudian di-take-over Om Robby. Sudah puluhan gelar juara diraih Viking, termasuk menjadi runner-up Valentine Day 2013.

Dalam even di Kelapa Dua Enterprise Jakarta, 2 Februari lalu, Viking sukses menjuarai Kelas Bintang dan juara 4 Kelas Mega Bintang.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perawatan harian MB Viking

Murai batu Viking
Murai batu Viking yang garang di lapangan.

Setiap hari, kecuali Senin, Viking hanya menempati sangkar harian. Khusus Senin, atau sehari setelah lomba, burung dimasukkan dalam kandang umbaran untuk recovery sejak pagi hingga sore hari. Selebihnya tetap di sangkar harian.

Murai batu Viking
Viking saat mengeluarkan isiannya yang lengkap.

Mandi – jemur menjadi perawatan standar sebagaimana lazim dilakukan terhadap murai batu pada umumnya. Untuk extra fooding (EF), khususnya jangkrik, diberikan pagi dan sore, masing-masing dengan porsi 7 dan 10 ekor.

Menjelang lomba, porsi jangkrik dinaikkan hingga dua kali lipat, ditambah kroto segar. Adapun ulat hongkong diberikan menjelang digantang di lapangan, dengan porsi yang disesuaikan kondisi cuaca.

Aneka masteran unik bagi MB Viking

Murai batu Viking
Paruhnya tak pernah berhenti menutup, he.. he..

Selain perawatan rutin dan konsisten, ada hal yang lebih diutamakan Om Robby, yaitu penekanan pada burung masteran untuk melengkapi isian Viking dengan beragam materi suara burung lain.

Isian Viking saat ini cukup lengkap, unik, dan menjadi salah satu senjatanya saat ketemu lawan-lawannya di lapangan. Dia jarang menggunakan audio mp3, tetapi burung asli sebagai master bagi murai batunya.

“Cililin, cucak jenggot, dan ngekek lovebird merupakan isian standar yang sudah dimiliki Viking. Saya lalu memberikan beberapa materi tambahan. Sebab juri sering memberikan perhatian lebih apabila murai batu memiliki suara aneh, unik, dan khas,” kata Om Robby.

Boleh jadi, belum banyak murai batu yang memiliki isian burung paradise, si mungil berekor panjang. Burung ini memiliki suara nyerecet khas dan berbeda dari cerecetan burung lainnya. Viking sudah dimaster dengan suara burung yang unik tersebut.

Burung paradise
Burung paradise, salah satu isian unik untuk Viking.

Tak hanya itu, Om Robby juga rajin memaster Viking dengan suara jalak afrika, yang mempunyai tembakan kasar khas hutan. “Entah apa nama asli burung ini, tapi saya biasa menyebutnya jalak afrika,” jelasnya.

Jalak afrika
Jalak afrika punya tonjolan suara kasar khas hutan.

Belum puas dengan dua burung impor tersebut, Om Robby masih melengkapinya dengan suara burung madi injap, sejenis burung paruh bengkok, menyerupai tengkek berwarna hijau dan bermotif hitam-kuning. Tembakannya juga dahsyat.

Burung mandi ijab
Madi injap punya tembakan panjang.

Untuk isian lovebird, Om Robby memanfaatkan Ford, salah satu gaconya yang sering juara di arena lomba. Ford inilah yang sekaligus dimanfaatkan untuk memaster murai batu Viking.

“Lovebird Ford mempunyai kemampuan narik ngekek panjang, sering dilombakan dan juara,” ungkap pria yang tinggal di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Lovebird Ford
Lovebird Ford: Burung lomba, sekaligus master bagi MB Viking.

Yang istimewa lagi, Viking juga sudah memiliki isian burung nightangle. Sayangnya, burung ini belum lama ini terlepas, sehingga Om Kicau tidak bisa mendapatkan fotonya.

Namun, isiannya sudah terekam dalam memori Viking. “Justru tembakan nightangle ini yang jadi andalan Viking sampai sekarang. Setiap lomba, suara itu pasti dikeluarkannya, terutama saat nembak-nembak di lapangan,” lanjutnya.

Proses pemasteran MB Viking
Murai batu Viking (kanan) dan burung-burung masterannya.

Selain Viking, Om Robby masih punya beberapa gaco murai batu lainnya dan beberapa kali moncer di lapangan. Misalnya Camelod, Cinon, Badai, dan Dragon. Semuanya sudah memetik prestasi di beragam even yang diikutinya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

Komentar ditutup.