Mengenal empat varietas kenari asal Spanyol

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Semua jenis kenari yang kita kenal sebenarnya keturunan dari kenari liar yang terdapat di Kepulauan Canary. Kepulauan ini sebenarnya termasuk wilayah Spanyol, namun secara geografis berada di sebelah baratlaut perbatasan Maroko dan Gurun Sahara, Afrika. Sebagian orang Spanyol yang menetap di Canary Islands kemudian mengekspor kenari liar jantan ke negara-negara lainnya, bahkan mengembangbiakkan dan menyilangkannya dengan aneka jenis burung finch, sehingga melahirkan beberapa varietas seperti yang kita jumpai saat ini. Hingga saat ini, di Spanyol terdapat empat varietas kenari yang paling popular, dan banyak dikembangkan pula di negara lain. Namun, penangkaran kenari di Spanyol secara resmi baru diakui awal abad ke-20.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Yuk, kita kupas empat varietas kenari asal Spanyol yang dikenal memiliki irama lagu dan postur berbeda dari jenis kenari pada umumnya.

1. Spanish timbrado

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Kenari Spanish Timbrado
Kenari Spanish Timbrado

Spanish timbrado (ST) merupakan salah satu jenis kenari paling terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Irama lagunya bak alat musik tradisional Spanyol yang mengalun dengan gaya lagunya yang khas. ST merupakan kenari penyanyi yang dikembangkan pada tahun 1940-an hingga 1950-an.

Varietas ini merupakan hasil persilangan antara kenari liar dan burung penyanyi Spanyol. Nama spanish timbrado diambil dari irama lagunya yang terdengar seperti suara castenet, alat musik tradisional Spanyol, yang berirama, kencang, dan cepat.

Meski suaranya termasuk keras, lagu-lagunya justru mengalun dan tidak kasar. Kendati spanish timbrado adalah singer canary (kenari suara), varietas ini juga bisa dikembangkan untuk kenari postur, terutama dari segi warnanya.

Selama ini spanish timbrado dikenali dari warnanya yang biru. Namun kini kita bisa menemukan berbagai  kenari spanisj timbrado dengan warna yang berbeda-beda, termasuk hijau, kuning, putih, cinnamon, dan sebagainya.

Baik burung jantan maupun burung betina sama-sama bisa bernyanyi, namun burung jantan memiliki lagu yang lebih panjang.

Suara kenari spanish timbrado | DOWNLOAD

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk koleksi audio lainnya, silakan mampir ke sini:

Spanish gibosoSpanish razaSpanish llarguet

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.