Memilih, menangkap, menjinakkan, dan melatih burung gereja liar untuk masteran

Burung gereja (Passer montanus) termasuk salah satu burung master yang banyak digunakan kicaumania untuk memaster aneka burung kicauan di rumah. Ada yang menggunakan audio mp3 suara burung gereja tarung, dan ada juga yang memilih memelihara beberapa ekor burung gereja di rumah. Jika berminat ingin memelihara untuk masteran, berikut ini panduan mengenai bagaimana memilih, menangkap, dan melatih  burung gereja liar.

gereja berantemSaat ini makin banyak kicaumania yang memiliki burung gereja dan merawatnya sebagai burung master. Sebagian memperolehnya dari pasar burung, sebagian lagi sengaja mencari atau menangkapnya dari alam, terutama dengan cara menjebak.

Jadi, konteks memilih dalam artikel ini adalah bagaimana cara memilih burung gereja liar di pasar burung (biasanya dalam kandang ombyokan).

Sedangkan konteks menangkap dalam artikel ini adalah ketika Anda ingin memperoleh burung gereja dari alam, entah di lingkungan rumah, taman kota, dan sebagainya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung gereja memang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Burung gereja termasuk salah satu jenis burung yang paling mampu beradaptasi dengan lingkungan perkotaan. Hal ini bukan hanya terjadi di negara kita saja, tetapi juga di sejumlah negara Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Bahkan, sesekali kita sering melihat pedagang burung gereja menawarkan daganganya di depan sekolah dasar, dijual dengan harga Rp 3.000 – Rp 5.000, untuk mainan anak-anak.

Tetapi burung gereja yang sudah jinak, rajin bunyi, dan nyerecet panjang tentu tidak lagi dihargai semurah itu. Burung gereja dengan kualifikasi seperti itu jelas membutuhkan perawatan dan biaya tersendiri.

Selain itu, sebagian kicaumania pasti juga tahu betapa sulit menjinakkan burung gereja yang masih liar. Betapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk merawat dan memberi pakan anak-anak burung gereja sampai menjadi dewasa dan rajin berbunyi.

Beberapa referensi dari Om Kicau

Sebelum membaca panduan mengenai bagaimana memilih, menangkap, menjinakkan, dan melatih burung gereja liar untuk masteran, ada beberapa referensi terkait yang pernah ditulis Om Kicau beberapa waktu lalu. Silakan disimak juga untuk memperkaya materi panduan ini:

 

MEMILIH BURUNG GEREJA LIAR UNTUK MASTERAN

Syarat pertama untuk mendapatkan burung gereja liar yang bisa digunakan untuk masteran adalah jenis kelamin harus jantan. Sebab hanya burung gereja jantan yang memiliki suara kicauan khas, dan banyak dicari sebagai masteran.

Suara burung gereja jantan, apalagi jika jumlahnya lebih dari satu, akan menghasilkan kombinasi suara cerecetan yang ramai dan biasa dikenal dengan istilah suara burung gereja tarung.

Untuk mengetahui bagaimana perbedaan burung gereja jantan dan betina, silakan cermati gambar berikut  ini:

Beda jantan betina burung gereja
Perbedaan burung gereja jantan (atas) dan betina (bawah) | Foto:Hidephotography

Jadi, bagi sobat kicaumania yang tak mau repot-repot menangkap, tips memilih burung gereja liar ini bisa dipraktikkan saat hunting ke pasar burung di daerah masing-masing.

Cara Menangkap I Penjinakan I Melatih Bunyi I Kumpulan Audio

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

  1. Di pohon mangga halaman rmh sy bnyak bgt burger liar yg brsarang dan crewetnya minta ampyun dah,, scra gak langsung poci & cak ijo sy termaster alami,,

    Btw, oot bentar tlg masukannya yaw dari admin omkicau ato om om kicaumania semuanya,,

    Gini neh,

    Pertama; sy punya poci & cak ijo msh trotol udah 3bln sy momong. Nah sy pernah bc artikel disini kalo unt setelan ef baiknya di setting serendah mungkin jd enak kalo nyetel settingan burung misal kurang birahi tgl dinaek kan dikit dikit. Tp di artikel laen mlh suruh perbnyak ef unt pertumbuhan. Yg benar yg mana ya? Poci & cak ijo sy ef nya jangkrik 3/3, kroto 2x seminggu tp kok lum rajin bunyi? A̶̲̥̅̊pǻªª krn msh trotol? Ato birahinya kurang?(sbnrnya udah masuk bulu dewasa tp di bagian sayap ªªDªa̲̅ bbrp helai msh bulu trotol.)

    Kedua, unt memaster burung kita harus tau karakter dasar si burung yg akan kita master itu type nembak ato ngerol. Shg memudahkan kita mencari suara masteran yg sesuai dg karakter burung tsb. Pertanyaannya, gmn cara tau momongan kita punya type ngerol ato nembak sedang umurnya msh muda seperti poci & cak ijo saya? Pdhl di artikel jg mengatakan kalo usia trotol adalah wktu tepat unt memaster, trs taunya kita trotolan tsb type ngerol ato nembak gmn? Kan msh jarang ngoceh kan? Secara msh muda ß⌣ªª⌣ªªÑğêτ. Tolong bgt pencerahannya om, maakasih. SalamKicauNusantara.

  2. Klo niatnya hanya untuk masteran ada baik g usah menangkapi burung gereja liar klo g salah di omkicau udah ada panduannya cara mengundang burung gereja untuk datang kerumah, suaranya pun lebih ciamik waktu rame rame berebut makanan.

    • Saya setuju dengan pemikiran seperti om Sam, hanya untuk masteran saja tidak perlu sampai menangkap dan memelihara burung gereja, lain kalau untuk tujuan penangkaran dan pelestarian burung di Indonesia.

Komentar ditutup.