Perawatan kacer Adipati: Setiap hari masuk umbaran 2 jam

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak sobat kicaumania yang penasaran bagaimana cara Om YY merawat kacer Adipati, sehingga bisa mendominasi setiap even yang diikuti, dengan prestasi yang selalu fantastis. Om Syafrial pun pernah menanyakan hal ini dalam artikel Hattrick di Soeharto, Adipati terbang ke Samarinda. “Tak ada yang spesial, sama seperti perawatan kacer pada umumnya,” tutur Om YY, yang kini masih merawat Adipati, sebelum beberapa pekan ke depan dikirim ke pemilik baru, Mr Deko di Samarinda.

Kacer Adipati
Adipati saat hattrick dalam In Memorial Jenderal Besar Soeharto di Jogja, Minggu (23/3).

Jika melihat setelan extra fooding (EF) yang biasa diberikan, perawatan kacer Adipati bisa dikatakan relatif sama seperti perawatan kacer-kacer lainnya. Sejak hari Senin sampai Jumat, Om YY memberi jangkrik dengan porsi 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor lagi pada sore hari.

Khusus Sabtu, porsi jangkrik ditingkatkan menjadi 10 ekor pada pagi hari dan 10 ekor pada sore hari. Selain itu, khusus Sabtu, dia memberikan kroto segar sebanyak dua sendok makan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Mr YY dan kacer Adipati
YY: Khusus Sabtu, porsi jangkrik ditingkatkan dua kali lipat.

“Hari Minggu, setelan jangkrik dikembalikan seperti sebelumnya, yaitu lima ekor pagi dan lima ekor sore hari. Sebelum mau main, burung dimandikan dulu,” jelas Om YY.

Dalam kesehariannya, kacer Adipati mandi satu kali sehari, dan waktunya selalu sore hari. Jadi, pagi hari cukup dijemur 1 jam, kemudian dimasukkan ke kandang umbaran sekitar 2 jam sambil diangin-anginkan.

Setelah itu, burung dikembalikan ke sangkar harian. Khusus Sabtu, burung tidak diumbar lagi, supaya bisa beristirahat total, menyimpan energi untuk menghadapi pertarungan esok hari.

Gosip diadu dengan murai batu

Kacer Adipati
Kacer Adipati in action

Entah siapa yang mengembuskan gosip ini. Selama ini berembus kabar, kacer Adipati bisa sehebat ini lantaran setiap hari diadu dengan murai batu sampai mbagong.

Konon cara ini dianggap dapat membuat seekor kacer tampil digdaya. Sebab, yang dihadapi di arena lomba adalah burung sejenis, sesama kacer; bukan murai batu yang lebih ganas dan pernah dihadapi sehari-hari dalam latihan.

Menanggapi gosip itu, Om YY hanya tertawa saja. Dia tak mau serius memikirkannya. Yang namanya gosip, kalau tidak aneh, tentu kurang serem.

Dia menyilakan siapapun datang ke rumahnya, supaya bisa melihat benar dan tidak gosip tersebut. “Silakan dicek, apakah saya memelihara murai batu. Kalau  kacer sih banyak,” ujarnya.

Bahkan, setiap memasuki arena lomba, Om YY pasti menjauhkan Adipati dari pemain lain yang bawa murai batu maupun kacer. Sebab kalau terlalu sering ketemu murai batu, Adipati dijamin tak pernah mau tarung lagi. “Kacer Adipati  itu aslinya anti-murai batu,” ujar Om YY sambil tertawa.

Penegasan ini sudah cukup untuk menjawab gosip yang tak berujung-pangkal, juga tak masuk logika. Sebab, ketika kacer tiap hari diadu dengan murai batu sampai mbagong, tentu di arena lomba bakal mbagong terus. Ya, namanya juga gosip, he.. he.. he… (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.