Murai batu Amerika milik Yudi Voltus: Eksis di kelas ring dan umum

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ketatnya persaingan kelas murai batu dalam berbagai even di Blok Barat, khususnya Jabodetabek, membuat banyak pemain terus berlomba-lomba memunculkan jawara baru. Salah satu di antaranya adalah murai batu Amerika milik Om Yudi Voltus. Murai hasil penangkaran ini tak hanya jawara di kelas ring, tetapi juga kerap menjuarai kelas umum.

Murai batu Amerika
Murai batu Amerika milik Yudi Voltus.

Amerika merupakan besutan gres Om Yudi Voltus. Pekan lalu, gaco ini menjuarai lomba PBI Majalengka, dengan hasil juara 1 kelas MB Ring dan juara 3 kelas murai batu umum. Satu minggu sebelumnya, Amerika juga menjuarai even PBI Bekasi.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bagi kalangan pemain di Jabodetabek, nama Yudi Voltus memang sudah tak asing lagi. Sudah 10 tahun lebih dia aktif di kelas murai batu. Namun, Om Yudi lebih concern pada murai batu hasil penangkaran.

Yudi Voltus
Yudi Voltus: Murai batu ring lebih mudah dimaster.

Ya, sejak lama dia lebih fanatik pada murai batu ring ketimbang murai batu tangkapan hutan. Alasannya sederhana, murai batu ring lebih mudah dimaster, variasi lagunya juga lengkap.

Hal ini sudah dibuktikannya melalui beberapa koleksi murai batu ringnya, yang sebagian besar mencorong di berbagai even even akbar. Salah satunya ya murai batu Amerika.

Burung ini memiliki materi lagu yang mewah dan dahsyat, dengan speed rapat, durasi kerja di lapangan yang nyaris tanpa jeda, dengan tembakan khas cililin panjang-panjang, diselingi lovebird, dan serindit. Adapun variasi isian lagu umumnya suara burung-burungkecil yang membuat prestasinya stabil setiap pekannya.

Murai batu Amerika
Murai batu Amerika: Jawara di kelas ring dan kelas umum.

Sehari-hari tanpa umbaran

Sebagian pemain murai batu menggunakan kandang umbaran untuk melatih kebugaran murai batu andalannya. Tetapi sebagian lagi tidak menggunakakan kandang umbaran. Om Yudi termasuk muraimania yang tidak menggunakan kandang umbaran.

Ini bukan hanya diterapkan pada murai batu Amerika, tetapi juga pada semua koleksi murai batu lain yang ada di rumahnya. “Sejak mulai main di kelas murai batu, saya tidak pernah menggunakan kandang umbaran,” ujarnya.

Menurut Om Yudi, kandang umbaran tidak memberi efek atau dampak positif. Karena, bagi dia, semuanya kembali kepada materi dasar burungnya. Kalau sudah mendapat yang bagus, tinggal merawatnya secara telaten dan disiplin, khususnya dalam mengkondisikan burung.

“Misalnya, bagaimana mengatur  pakan harian, extra fooding, serta multivitamin dalam menjaga kondisi burung agar tetap prima dan top form saat turun di lapangan,” jelas Om Yudi.

Itu sebabnya, dia sama sekali tidak pernah menggunakan kandang umbar untuk beberapa gaconya, baik yang ada saat ini maupun koleksi lama yang sudah ke tangan orang lain, bahkan telah melegenda seperti Dinamit, Borneo, Patriot, Superman, dan Ongbak.

Kelima burung itu sudah berada di tangan Elviano Cirebon. Selain itu, dia juga pernah memiliki murai batu Bayangan, yang kemudian ditake-over H Yusuf  Bekasi dan menjadi juara pertama dalam Presiden Cup I dan Presiden Cup II.

Kemudian ada pula murai batu Srigala, Trisula, dan Viking. Trisula di-take-over Anton Sawangan, sedangkan Viking kini di tangan Robby Pejaten.

Murai batu Viking
Murai batu Viking yang kini di tangan Om Robby (Ansel SF) Pejaten .
murai batu Trisula
Murai batu Trisula yang kini di tangan Om Anton Sawangan.

Semua murai batu jawara tersebut merupakan hasil penangkaran dari berbagai peternak. Selama ini, Om Yudi memang rajin hunting murai batu prospek ke beberapa breeder di Indonesia.

“Dari dulu saya nggak pernah memelihara murai batu tangkapan hutan. Semuanya ring dari para penangkar. Silahkan tanya kepada para penangkarnya,” jelasnya.

Kesuksesannya mengorbitkan sejumlah murai batu jawara membuktikan eksistensi Yudi Voltus yang sampai kini tetap eksis di kelas murai batu ring.

Untuk perawatan, pada dasarnya sama, mandi dan jemur juga rutin. Pagi burung buka kerodong, dijemur hingga pukul 10.00. Setelah itu dianginkan dan dimasukkan ke bak mandi.

Habis mandi, burung dianginkan, lalu dikerodong hingga sore hari, ditempatkan bersama burung masteran lainnya.

Murai batu Amerika
Sehari-hari, MB Amerika ditempel burung master.

Pemberian pakan dan extra fooding (EF) untuk masing-masing burung berbeda terutama jangkrik dan ulat hongkong. Kroto segar relatif sama. “Masing-masing burung berbeda penanganannya, terutama porsi pakannya, “ pungkasnya.

Hanya dengan perawatan sederhana, prestasi murai batu koleksi Yudi Voltus terbukti selalu moncer di lapangan. Saat ini, ada dua murai andalannya. Selain Amerika, masih ada lagi Bimasena, gaco anyar yang prestasinya juga terus berkibar.

Kedua burung inilah yang sekarang menjadi andalannya di sejumlah even, tang dapat dimainkan di kelar umumum maupun ring. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.