4 Tips memaksimalkan kerja cucak jenggot melalui ramuan tertentu

Entah mau dilombakan, atau sekadar untuk hiburan di rumah, para penggemar burung kicauan selalu berharap agar piaraannya bisa gacor alias rajin bunyi dan kondisi fisiknya selalu fit. Begitu pula dengan para penggemar burung cucak jenggot. Berikut ini 4 tips memaksimalkan kerja cucak jenggot melalui ramuan tertentu yang diyakini sebagian jenggotmania sangat berkhasiat.

Cucak jenggot Ratu Jagat
Ilustrasi: Cucak jenggot Ratu Jagad yang selalu tampil prima.

Sesuai dengan judul, dalam artikel ini ada empat tips sesuai dengan permasalahan yang sering dialami para pemilik cucak jenggot. Informasi ini dihimpun Om Kicau berdasarkan pengalaman sejumlah penggemar burung cucak jenggot.

1. Cucak jenggot kurang gacor, umur 1 tahun lebih

Cucak jenggot yang berumur lebih dari 1 tahun mestinya sudah gacor alias rajin bunyi. Sebab ia telah melewati masa mabung dewasa pertama, dan tentu saja sudah melewati umur dewasa kelamin.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun, karena sebab-sebab tertentu, ada saja individu cucak jenggot yang kurang gacor meski umurnya sudah 1 tahun lebih. Untuk meningkatkan performa suara, berikut ini tips sederhana yang bisa dilakukan:

  • Masukkan dua wadah air minum dalam sangkar, masing-masing berisi air biasa dan madu.
  • Pisang yang mau diberikan kepada burung terlebih dulu diolesi dengan madu.
  • Berikan extra fooding (EF) jangkrik sebanyak 1 ekor, masing-masing pagi dan sore. Sebelum diberikan, buang bagian kepala jangkrik, dan masukkan satu irisan kecil jahe (seukuran voer) ke tubuh jangkrik.
  • Terapi dikalankan selama 1 minggu, dan biasanya sudah terlihat ada perubahan.

Di luar cara tradisional tersebut, sejumlah jenggotmania juga sukses menggacorkan burungnya melalui terapi TestoBirdBooster (TBB), yang bahkan sudah bisa diberikan kepada cucak jenggot sejak umur 3-4 bulan, baik untuk burung jantan dan betina.

2. Menjernihkan suara cucak jengot

Cucak jenggot Rock Star

Banyak pilihan untuk mengatasi suara cucak jenggot, atau jenis burung berkicau lainnya, ketika suaranya terdengar serak. Cara yang paling praktis dan aman tentu saja obat khusus mengatasi serak, seperti BirdTwitter produk Om Kicau.

Tetapi jika ada alasan tertentu sehingga belum bisa membeli obat tersebut, Anda bisa mencoba cara lain seperti berikut ini:

  • Setiap dua kali seminggu, cepuk air minum diganti dengan air teh yang tak begitu manis, dicampur dengan 1/2 potong perasan air jeruk nipis.
  • Beberapa penggemar burung kicauan terkadang menggunakan larutan penyegar merek tertentu, namun Om Kicau menyarankan jangan karena peruntukannya berbeda.

3. Menjaga kesehatan cucak jenggot

Bagaimana mengatasi burung cucak jenggot yang over birahi parah

Burung hanya bisa gacor jika dalam kondisi fit dan sehat. Burung yang juara nasional pasti akan jarang berbunyi seperti biasanya, ketika dalam kondisi tidak fit. Karena itu, menjaga kesehatan burung sangatlah penting.

Berikut ini ramuan tertentu yang bisa diberikan kepada cucak jenggot agar kondisinya selalu fit sepanjang waktu:

  • Ramuan terdiri atas jahe, kencur, dan kunyit masing-masing 1 ruas / seukuran ibu jari (jempol).
  • Ketiga bahan diparut halus, kemudian diperas airnya, dan tambahkan sedikit madu.
  • Ramuan dimasukkan ke dalam cepuk air minum, dan cukup diberikan 1 bulan sekali.
  • Jika cucak jenggot tidak mau minum, bisa disiasati dengan mengangkat cepuk voer, cepuk air minum, dan pisang dari sangkarnya saat dijemur. Jadi, hanya ada burung dan tenggeran di dalam sangkar.
  • Setelah dijemur, masukkan cepuk minum yang berisi ramuan tadi, pasti langsung diminum.

Jika tidak mau repot, dan sudah terbukti efektif, Anda bisa mengandalkan penggunaan vitamin dan mineral secara rutin untuk menjaga kondisi burung selalu fit. Misalnya pemberian BirdVit 2 – 3 kali seminggu, dan BirdMineral 1 – 2 kali seminggu.

Cara praktis inilah yang dilakukan Om Darwin Delta (Pelopor SF) terhadap gaco-gaco koleksinya, termasuk kacer Alexis yang tampil sebagai burung terbaik Liga Independent Lampung 2014, Om Eka Jr (Jr’C Halim Jakarta) terhadap kenari Naga Sari yang menjadi burung terbaik dalam Liga BnR Jabodetabek 2014.

4. Mengatasi cucak jenggot yang nyulam

Proses pergantian bulu (moulting) pada burung biasanya terbagi dalam tiga tahap, dimulai dari ngurak, ambrol, hingga mabung. Ini proses pergantian bulu yang sempurna pada sebagian besar burung kicauan.

Beberapa jenis burung, misalnya cucakrowo, jarang mengalami proses mabung yang sempurna, sehingga mabung nyulam masih bisa ditoleransi.

Burung yang nyulam sebenarnya menderita, karena bulu lama tak bisa rontok secara sempurna sehingga tubuhnya merasa nggreges (meriang).

Karena itu, jika proses pergantian bulu pada burung cucak jenggot Anda tak bisa sempurna atau nyulam, berikut ini beberapa tips yang bisa dijalankan:

  • Cepuk voer jangan diisi penuh, cukup setengah saja. Setengahnya lagi diisi susu bubuk. Campur kedua bahan ini hingga merata (diaduk-aduk).
  • Berikan air minum sebagaimana biasanya (air putih, matang).
  • Porsi extra fooding (EF) serangga dibuat dua kali lebih banyak daripada biasanya.
  • Buah pisang tetap diberikan seperti biasanya.
  • Saat penjemuran, sangkar cucak jenggot dikerodong separo. Kemudian semprot kain kerodong menggunakan sprayer yang disetel halus. Tujuannya agar suasana di dalam lembab, tapi burung dalam kondisi dijemur, sehingga akan terjadi penguapan di dalam sangkar.
  • Terapi ini bisa membuat tubuh cucak jenggot tetap hangat (bukan panas).
  • Saat malam hari, burung full kerodong.

Untuk mencegah proses nyulam pada burung kicauan, Anda bisa memberikan BirdMolt-Pre. Ini dimulai ketika Anda melihat tanda-tanda awal proses moulting, yaitu jatuhnnya beberapa helai bulu, terutama di bagian dada.

BirdMolt-Pre berfungsi memperlancar proses mabung secara sempurna, sehingga rampungnya juga tepat waktu, tidak membuat burung nggreges, dan membantu proses pertumbuhan bulu-bulu baru.

Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan kerja burung cucak jenggot, sekaligus menjaganya agar selalu sehat dan fit. (Neolithikum)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.