BRC BF Bangkalan: Breeding murai batu dengan kandang model lemari

Kandang model lemari. Itulah istilah yang digunakan Om Supriyono mengenai kandang breeding murai batu yang dikelolanya di bawah bendera BRC Bird Farm Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura. Setiap lemari berisi tiga petak kandang yang bisa dipindah-pindah. Setiap petak berukuran 90 x 90 cm2 dan tinggi 2 meter. Saat ini BRC BF memiliki 11 petak kandang murai batu, yang terdiri atas enam pasang induk yang sudah produktif dan lima petak kandang siap produksi.

Om Supriyono, ternak murai batu tidak harus kandang mewah yang permanen
Om Supriyono: Ternak murai batu tidak harus pakai kandang mewah yang permanen.

Menurut Om Supri, model kandang murai batu sebenarnya tidak terlalu penting. Yang paling penting justru bagaimana kenyamanan dan keamanan pasangan induk.

Meski menggunakan kandang mewah dan permanen, jika burung merasa tidak nyaman, tentu akan sangat mengganggu proses produksi. Itu sebabnya, banyak penangkar murai batu yang gagal dan akhirnya gulung tikar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebaliknya, kandang sederhana dengan model lemari seperti diterapkan Om Supri justru dapat memberi hasil maksimal. Bukan hanya murai batu, dia juga menangkar anis kembang dengan model kandang yang sama.

Selain kenyamanan dan keamanan, persyaratan lain yang diperlukan guna menunjang keberhasilan dalam penangkaran murai batu adalah pasangan induk sudah jinak. Tidak heran apabila semua indukan BRC BF tetap produktif, meski letak kandang berdekatan dengan tempat produksi mebel kayu milik Om Supri.

“Model kandang lemari bisa menjadi alternatif bagi para penangkar yang ingin berhemat lahan. Apalagi petak kandang bisa ditata lebih rapi, disesuaikan dengan kondisi lahan,” ujarnya.

BRC BF tak sekadar memiliki indukan yang produktif. Anakan murai batu yang dihasilkan pun mempunyai kualitas tersendiri. Sebab, dia menggunakan induk jantan dan betina pilihan.

Materi indukan jantan didominasi burung-burung yang pernah berprestasi di arena lomba. Adapun indukan betina diperolehnya dari beberapa penangkar ternama, antara lain Om Amiexs dan Om Didik. Om Amiex dikenal sebagai breeder sukses aneka jenis burung kicauan, dan salah seorang Agen Produk Om Kicau.

“Untuk murai betina, saya sengaja pilih yang terbaik. Sebab induk betina akan menentukan kualitas piyik jantan,” ujar lelaki asal Jogja ini. Sebagian pejantan dikawinkan secara monogami, tetapi ada juga yang poligami (seekor jantan mengawin 2 ekor betina).

kandang perjodohan, pintu sekat tengah dibuka jika calon pasangan terlihat berjodoh
Kandang penjodohan, Pintu sekat tengah dibuka jika calon pasangan terlihat berjodoh.

Perawatan indukan tak beda jauh dari penangkar lainnya. Pemberian kroto cukup 1-2 kali seminggu, jika kroto segar tersedia di pasaran. Yang utama justru pemberian ulat kandang sebagai pakan utama indukan dan jangkrik diberikan secukupnya.

“Menurut pengalaman saya selama ini, pemberian jangkrik bisa membantu meningkatkan birahi indukan. Adapun kroto sifatnya sebagai pelengkap saja” ujarnya, yang dalam sebulan bisa memperoleh 5-7 ekor anakan murai batu.

petak kandang berisi indukan anis kembang
Petak kandang berisi indukan anis kembang
Trotolan ring BRC Om Supriyono
Trotolan ring BRC milik Om Supriyono
anakan anis kembang
Anakan anis kembang.

Trotolan murai batu hasil ternakan Om Supri menggunakan ring berlabel BRC BF. Harga cukup terjangkau, yaitu trotolan murai baru Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta dan trotolan anis kembang Rp 600 ribu.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.