Pesona Kencana, indukan SKC JGJ BF yang juga jawara lomba

Masih ingat Om Anggasona, pemilik Sekar Kenari Jogja Bird Farm (SKC JGJ BF) yang kisahnya pernah dimuat Om Kicau dan bisa menjadi inspirasi bagi calon peternak kenari? Salah satu induk jantan yang ada di penangkarannya, yaitu kenari Pesona Kencana, sejak 27 Mei lalu mulai dijajal di arena lomba. Hanya dalam waktu 18 hari, kenari F3 YS ini sudah mengoleksi 8 piagam kemenangan. Bagaimana sih perawatan Pesona Kencana sebagai burung indukan sekaligus burung lomba?

Kenari Pesona Kencana
Pesona Kencana, pejantan F3 YS, induk yang sekaligus gacoan di lapangan.

Sejak awal menyukai burung berkicau, Om Anggasona sebenarnya hanya ingin merawatnya sebagai hiburan di rumah. Bahkan sejak mulai beternak kenari, November 2011, dia tak pernah menurunkan gaconya ke lapangan. Dia fokus beternak dan beternak, mengoleksi indukan-indukan unggulan dari berbagai jenis kenari.

( baca juga: Inspirasi breeding kenari dari Om Anggasona )

Pada bulan Maret 2012, Om Anggasona membeli kenari Pesona Kencana, induk jantan dari jenis F3 YS, untuk melengkapi koleksi pejantan di penangkarannya. Selama dua tahun lebih burung ini hanya bertugas mengawini induk-induk kenari betina dari berbagai jenis, sehingga bisa menghasilkan piyik / anakan kenari yang lebih bervariasi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hingga saat ini, kenari Pesona Kencana sudah menghasilkan sekitar 75 ekor anakan dan semuanya sudah dibeli para pelanggan SKC JGJ BF di berbagai kota di Jawa. “Saat beli, Pesona Kencana baru berumur tujuh atau delapan bulan,” kata Om Anggasona.

Sejak awal dia melihat kenari Pesona Kencana punya bakat sebagai burung lomba. Durasi kerjanya lumayan panjang (sekitar 40 detik), lagu standar, volume keras, dan gaya berkicaunya tenang. Nagen di atas tangkringan, dengan kepala menoleh ke kiri dan kanan.

Setelah menghasilkan puluhan anakan, barulah kenari Pesona Kencana mulai dilombakan, sekadar membuktikan kualitasnya.

“Iseng-iseng saya turunkan pertama kali dalam even Latpres Sembego Jogja, 27 Mei lalu. Pesertanya cukup banyak, 58 ekor burung, dan Pesona Kencana menjadi juara kelima. Ada rasa tak percaya, tapi sekaligus senang dan bangga. Sejak itulah Pesona Kencana mulai difokuskan untuk lebih konsisten di lomba agar bisa menorehkan prestasi lebih baik lagi,” tutur Om Angga.

Untuk urusan lomba, dia mempercayakan perawatannya kepada Om Yogi, sahabatnya. Biasanya 1-2 hari sebelum lomba, Om Yogi selalu datang ke rumahnya untuk memantau kondisi dan melakukan perawatan jelang lomba.

Om Yogi
Om Yogi, mekanik yang menangani kenari Pesona Kencana.

“Jika burung memang fit, ya akan dibawa ke lapangan. Jika Om Yogi berhalangan, Pesona Kencana tak akan keluar kandang, karena hanya dia yang saat ini saya beri kepercayaan penuh. Tapi biasanya hanya dilombakan sekali dalam seminggu. Selebihnya masih saya pakai untuk mengawini betina-betina di penangkaran,” jelasnya.

Perawatan harian kenari Pesona Kencana

Perawatan harian Pesona Kencana tidak ribet. Apalagi burung ini tidak membutuhkan kandang polier atau umbar. Sehari-hari cukup dijemur bersama sangkar hariannya, mulai pukul 07.00 – 09.00. Tapi durasi penjemuran juga tergantung intentitas panas matahari dan kondisi angin.

“Kalau mandi cukup tiga kali seminggu, menggunakan cepuk yang diisi air bersih. Untuk pakan harian, saya menggunakan produk sendiri yaitu Spesial Gacoe (bijian) dan BreadFlour Canar (Cede). Sayurannya sawi ijo, diselingi apel, jagung, dan mentimun. Telur puyuh rebus cukup diberikan dua atau tiga kali seminggu,” kata Om Angga.

Dengan perawatan itulah kenari Pesona Kencana bisa menjadi burung lomba yang berprestasi, tetapi  masih bisa difungsikan sebagai pejantan produktif. Sejak dilombakan pertama kali pada 27 Mei 2014 hingga 14 Juni lalu, atau selama 18 hari, Pesona Kencana sudah mengoleksi 8 piagam kemenangan, dengan rincian sebagai berikut:

TanggalEvenJuara
27 Mei 2014Latpres Sembego Jogja6
3 Juni 2014Latpres Sembego Jogja2, 3
4 Juni 2014Latpres TKKM Jojga3
8 Juni 20141’st Anniversary Bodem1, 6
14 Juni 2014Latber KMYK2, 3
Prestasi kenari Pesona Kencana
Prestasi kenari Pesona Kencana.

Saat ini, Om Angga bersama Om Yogi sedang menyiapkan kenari Pesona Kencana menghadapi even-even di Jogja, terutama Piala Raja 2014 tanggal 7 September mendatang.

Om Anggasona / Sekar Kencana Canary Jogja BF

Kontak: 0838 6751 9119

www.sekarkencanacanary.web.id

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.