Masih banyak penggemar pemula burung branjangan yang bertanya mengenai manfaat pasir dalam sangkar / kandang burung elegan ini. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut beberapa manfaat pasir di dasar sangkar burung branjangan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sangkar burung branjangan berbeda dari sangkar burung jenis lainnya, terutama tingginya.

Berbeda dari burung kicauan yang lainnya,

Seperti diketahui, sangkar burung branjangan memiliki tinggi yang melebihi sangkar burung kicauan lainnya. Bahkan ada sangkar branjangan yang tingginya mencapai dua meter.

Alasan terpenting dari sangkar branjangan yang tinggi ini adalah untuk memberikan keleluasaan burung sesuai dengan karakternya di alam liar. Branjangan memiliki kebiasaan melakukan hovering, yaitu gaya terbang secara vertikal (dari atas ke bawah, atau sebaliknya).

( baca juga: Memahami karakter hovering pada burung branjangan )

Burung branjangan melakukan hovering untuk menjaga wilayah teritorialnya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Gaya hovering ini kerap dilakukannya saat menjaga wilayah teritorialnya, atau ketika burung jantan berusaha merayu atau mencari perhatian burung betina.

Dalam perawatan manusia (di dalam sangkar), gaya hovering ini juga seringkali diperlihatkan. Memberikan sangkar standar berarti akan menghilangkan karakter aslinya, sehingga akan mengurangi semua penampilan burung ini, termasuk mengurangi aktivitas berkicau.

Itu sebabnya, sangkar branjangan umumnya memiliki tinggi yang lebih panjang daripada sangkar burung jenis lainnya.

Berikut ini video branjangan Banaspati milik Om Inu Jogja. Ketika dijemur di teras, burung langganan juara di seputaran Jogja ini juga kerap melakukan hovering: