Mengenal lima spesies bondol hijau di Indonesia

4. Bondol-hijau muka-biru (Erythrura trichroa)

Bondol-hijau muka-biru / blue-faced parrot-finch (Erythrura trichroa) berukuran sekitar 12 – 13 cm, dengan bulu tubuh yang didominasi warna hijau, dan bagian wajah berwarna biru.

Seperti burung bondol hijau pada umumnya, burung jantan memiliki warna lebih gelap dan tegas daripada burung betina yang cenderung memiliki warna lebih pucat. Burung remaja memiliki penampilan mirip burung betina, namun tidak ada warna biru pada bagian wajahnya.

Bondol-hijau Muka-biru atau Blue-faced Parrot-finch (Erythrura trichroa)
Bondol hijau muka-biru / blue-faced parrot-finch (Erythrura trichroa)

Bondol hijau muka-biru cukup dikenal di kalangan penggemar finch sebagai piaraan atau untuk ditangkar. Bahkan burung ini kerap dijadikan bahan untuk disilangkan dengan subspesies / ras yang berbeda, sehingga menghasilkan mutasi warna batu. Sebab ada 10 ras bondol hijau muka-biru dengan penyebaran yang meliputi beberapa kawasan di Indonesia dan Australia.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Sebagaimana bondol hijau triwarna, ritual perkawinan burung bondol muka-biru juga unik. Burung jantan akan mengejar betina terus-menerus di dalam kandang penangkaran. Ketika betina berhenti karena kelelahan, si jantan langsung mengawininya tanpa ampun.

Ritual pengejaran biasanya dilakukan setelah burung jantan memberi tanda dengan menggelengkan kepala ke kiri dan kanan, kemudian menari di tenggeran sambil menggigit potongan rumput atau bahan sarang.

Lihat empat spesies bondol hijau lainnya:

BH Dada-merah | BH Binglis | BH Triwarna | BH Papua

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.