Mengenal lima spesies bondol hijau di Indonesia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

4. Bondol-hijau muka-biru (Erythrura trichroa)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bondol-hijau muka-biru / blue-faced parrot-finch (Erythrura trichroa) berukuran sekitar 12 – 13 cm, dengan bulu tubuh yang didominasi warna hijau, dan bagian wajah berwarna biru.

Seperti burung bondol hijau pada umumnya, burung jantan memiliki warna lebih gelap dan tegas daripada burung betina yang cenderung memiliki warna lebih pucat. Burung remaja memiliki penampilan mirip burung betina, namun tidak ada warna biru pada bagian wajahnya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Bondol-hijau Muka-biru atau Blue-faced Parrot-finch (Erythrura trichroa)
Bondol hijau muka-biru / blue-faced parrot-finch (Erythrura trichroa)

Bondol hijau muka-biru cukup dikenal di kalangan penggemar finch sebagai piaraan atau untuk ditangkar. Bahkan burung ini kerap dijadikan bahan untuk disilangkan dengan subspesies / ras yang berbeda, sehingga menghasilkan mutasi warna batu. Sebab ada 10 ras bondol hijau muka-biru dengan penyebaran yang meliputi beberapa kawasan di Indonesia dan Australia.

Sebagaimana bondol hijau triwarna, ritual perkawinan burung bondol muka-biru juga unik. Burung jantan akan mengejar betina terus-menerus di dalam kandang penangkaran. Ketika betina berhenti karena kelelahan, si jantan langsung mengawininya tanpa ampun.

Ritual pengejaran biasanya dilakukan setelah burung jantan memberi tanda dengan menggelengkan kepala ke kiri dan kanan, kemudian menari di tenggeran sambil menggigit potongan rumput atau bahan sarang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lihat empat spesies bondol hijau lainnya:

BH Dada-merah | BH Binglis | BH Triwarna | BH Papua

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.