Arief Adi BF Pati: Cetak kenari lomba hasil crossing lizard dan american singer

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selama ini Arief Adi Bird Farm (BF) Pati dikenal sebagai salah seorang breeder kenari kualitas lomba. Sebagian besar produk merupakan hasil persilangan (crossing) berbagai jenis kenari, misalnya antara lizard jantan dan american singer betina. Ada juga lizard yang disilangkan dengan kenari lokal.

Arief Adi Bird Farm Pati
Kenari hasil persilangan lizard dan lokal.

Arief Adi atau lebih akrab disapa Om Adi memulai penangkaran kenari dan lovebird tahun 2007 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Yang menarik adalah materi induk yang digunakan untuk menghasilkan anakan kenari kualitas lomba. Selain jenis F1 dan F2, dia juga memiliki induk betina dari jenis spanish timbrado, waterslager, lizard, scot fancy, dan american singer. Adapun induk jantan menggunakan F1, lizard, dan larquet.

“Saat ini baru memiliki tiga ekor induk jantan, dan lima belas ekor induk betina. Dalam sebulan bisa memanen sekitar dua puluh ekor anakan,” kata Om Adi.

Berdasarkan pengalamannya, crossing antara beberapa jenis kenari itu dapat menghasilkan anakan-anakan kenari dengan suara indah.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Kenari Lizard
Kenari lizard punya suara kasar dan keras, tapi panjang lagunya kurang.

Sebagai contoh, kenari jenis lizard memiliki suara yang kasar dan volume keras. Namun panjang lagu agak kurang. Kelemahan inilah yang akan ditutupi dengan menyilangkan lizard dan american singer.

“Sebab kenari american singer memiliki intonasi atau naik-turun irama yang bagus, dengan lagu yang panjang,” jelas Om Adi.

american singer
American singer punya intonasi bagus dan lagunya panjang.

Sebagaimana sifat crossing, atau perkawinan antara dua individu berbeda jenis, maka filial pertama (F1) atau keturunan pertama hasil persilangan itu akan mengumpulkan sifat-sifat unggul dari kedua induk atau tetuanya.

Alhasil, crossing antara lizard jantan dan american singer betina akan menghasilkan anakan kenari yang memiliki materi bagus dan bisa ditampilkan di arena lomba, khususnya di kelas kenari isian dan / atau kenari bebas (campursari).

Arief Adi Bird Farm Pati
Om Adi sedang mengecek hasil ternaknya.

Untuk pemasteran, Om Adi melakukannya sejak dini, dengan menggunakan audio mp3. Biasanya, ia akan mengisi memori anakan kenari itu dengan lagu-lagu spanish timbrado dan blackthroat.

Aspek pencahayaan sangat penting

Bagi calon penangkar kenari maupun penangkar pemula, Om Adi menyarankan agar memperhatikan masalah pencahayaan di dalam kandang. Sebab, kata dia, aspek pencahayaan sangat penting dalam breeding kenari.

Om Adi selama ini menggunakan lampu neon 36 Watt yang diletakkan di dalam kandang, tepatnya pada bagian belakang. “Ini untuk menjaga kehangatan tubuh induk, dan menjaga sangkar agar tetap kering,” jelasnya.

Pencahayaan pada kandang ternak kenari
Lampu neon 36 Watt dipadang di dalam kandang bagian belakang.

Dengan pencahayaan yang ideal, maka kandang ternak akan selalu terlihat kering dan relatif bebas dari kuman-kuman penyakit, terutama bakteri, spora jamur, dan parasit. Jika kandang lembab dan kotor, maka akan menjadi biang penyakit. Kutu dan tungau mudah hingga di wadah sarang.

Selain kenari, Arief Adi BF Pati juga beternak lovebird, yang juga dimulai sejak 2007. Sebagaimana kenari, dia juga memperhatikan pencahayaan di kandang lovebird.

Arief Adi Bird Farm Pati
Om Arief Adi di depan kandang ternak lovebird.

Dalam hal ini, bagian atap kandang koloni ditutup dengan genteng kaca, agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam kandang secara optimal.

Materi induk lovebird yang ada di kandangnya juga beragam, mulai dari lutino mata hitam, lutino mata merah, blorok, pastel hijau, pastel biru, dan hitam. (v1rgoboy)

Arief Adi Bird Farm Pati
Induk lovebird dalam kandang koloni.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.