Tips melindungi sangkar burung dari serangan semut

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selain tikus, semut juga menjadi momok bagi sobat kicaumania, termasuk para penangkar burung berkicau. Banyak kasus di mana burung terluka atau mati digigiti semut, lantaran sangkar tidak diberi perlindungan khusus. Hal ini tentu menjengkelkan, apalagi semut suka main keroyokan dan kerap menyerbu kandang / sangkar dalam koloni yang sangat banyak. Untuk mencegahnya, silakan simak tips melindungi sangkar burung dari serangan semut.

Tips mencegah semut di sangkar burung
Kawanan semut yang menyerang sangkar burung

Banyak cara mengusir semut yang mengganggu kandang penangkaran, tapi hanya beberapa saja yang dirasa aman bagi burung piaraan di dalamnya.

Berbeda dari pencegahan semut yang menyerang kandang aviary, sangkar harian rata-rata sudah dilengkapi peralatan khusus untuk mencegah kehadiran semut. Sayangnya, masih banyak kicaumania yang pernah memanfaatkan hal ini, dan menganggapnya tak lebih dari sekadar aksesoris sangkar.

Peranti yang dimaksud adalah benda berbentuk seperti mangkuk yang ada di posisi paling atas dari gantungan sangkar. Fungsi mangkuk tersebut adalah menyimpan bahan-bahan yang bisa mencegah kedatangan semut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sebagian besar dari kita sering membiarkan benda tersebut apa adanya. Alhasil, sangkar burung pun tidak terlindungi dari semut yang sewaktu-waktu datang dan menyerang sangkar.

Melindungi sangkar dari semut
Aksesoris gantungan burung berbentuk mangkuk berfungsi menyimpan bahan antisemut.

Lalu, bagaimana kita memberi perlindungan pada sangkar burung? Ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Memasang kapas yang dibasahi minyak goreng pada mangkuk yang terdapat di gantungan sangkar.
  2. Memasang kapas yang dicampur oli (gemuk) pada mangkuk yang terdapat di gantungan sangkar.
  3. Mencampur kapas dan bedak / baking powder, lalu meletakkannya pada mangkuk yang terdapat di gantungan sangkar.

Penggunaan kapas di sini bertujuan agar minyak, oli, atau tepung tidak mudah menetes, serta bedak / baking powder tidak mudah habis karena tertiup angin. Dengan begitu, bahan bisa bertahan dalam waktu lebih lama (awet).

Selain memanfaatkan bahan-bahan tersebut, hal terpenting yang tak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan sangkar. Jika sangkar selalu kotor oleh sisa-sisa pakan seperti buah, bijian, atau kroto, hal tersebut bisa mengundang kedatangan semut untuk berkunjung ke sangkar.

Mencegah semut di sangkar burung
Menjaga kebersihan sangkar bisa mencegah semut menyerang sangkar burung.

Meski sangkar telah dibersihkan dari sisa pakan, terkadang aroma dan ampasnya masih menempel di bagian dasar dan jeruji sangkarnya. Hal itu pun bisa mengundang kedatangan semut.

Karena itulah, penggunaan FreshAves perlu dirutinkan, minimal 1-2 minggu sekali, untuk membuang sisa-sisa aroma pakan, sekaligus mencegah kehadiran kuman penyakit baik berupa bakteri, spora jamur, serta parasit seperti semut, kutu, cacing, dan tungau.

Dalam hal ini, 5 gram serbuk FreshAves dilarutkan dalam 1 liter air, kemudian dimasukkan ke dalam hand sprayer. Semprotkan larutan ini ke seluruh bagian sangkar, termasuk pada setiap celah-celah pada persambungan kayu.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.