Tips melatih bicara burung nuri abu afrika

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ada yang punya burung nuri abu afrika / african grey parrot? Salah satu spesies burung paruh bengkok ini memiliki kecerdasan sangat tinggi, dan sering menjadi teman atau sahabat bagi sebagian orang di Eropa dan Amerika. Burung ini juga pandai menirukan ucapan manusia. Namun jika Anda mendapatkan nuri abu afrika yang masih muda, serta belum dilatih, tentu ia juga belum pandai bicara. Berikut ini tips melatih bicara burung nuri abu afrika.

Tips dan trik melatih burung nuri abu afrika
Burung nuri abu afrika / african grey parrot punya kecerdasan tinggi.

Om Kicau pernah memuat beberapa bentuk kepintaran burung nuri abu afrika. Salah satunya adalah Slipmatt. Burung ini bahkan bisa menyanyikan lagu yang kerap dinyanyikan para suporter timnas sepabola Inggris. Bahkan mampu pula memanggil nama pemain idolanya, Wayne Rooney.

( lihat juga Video Slipmatt, nuri abu afrika yang menjadi suporter timnas Inggris )

Di beberapa kota besar Indonesia, burung nuri abu afrika bisa didapatkan dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 12 juta per ekor, tergantung kondisinya. Jika sudah pintar bicara, tentu harganya bisa dua kali lipat.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sebenarnya Indonesia memiliki beberapa spesies burung paruh bengkok yang memiliki kepintaran tak kalah hebat dari nuri abu afrika. Namun sebagian besar merupakan burung dilindungi.

Membeli african grey parrot harus disertai komitmen untuk merawat dan memberinya pelatihan, bukan dirawat secara asal-asalan atau hanya sebagai pajangan saja. Perlu diketahui, burung pintar seperti nuri abu afrika memiliki kecerdasan untuk menilai perawatnya. Ketika burung sering diajak berinteraksi, maka akan terjadi hubungan timbal-balik. Burung pun menjadi lebih mudah dilatih.

Selain interaksi antara pemilik dan burung, ada beberapa hal lain yang turut mempengaruhi ketika kita hendak melatih nuri abu afrika, yaitu kondisi burung itu sendiri. Burung harus mendapatkan perawatan tepat agar menjadi kuat dan tak mudah stres.

Tips melatih african grey parrot

Melatih african grey / nuri abu afrika bisa dilakukan sejak burung masih muda. Dalam kondisi itulah, burung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mudah dilatih dan dibuat jinak.

Kalau tidak mau repot, sekarang sudah banyak berdiri sekolah / pelatihan khusus burung paruh bengkok di beberapa daerah di Indonesia. Namun untuk menumbuhkan keterikatan antara pemilik dan burung, sebaiknya Anda melatihnya sendiri dan hemat biaya, he.. he.. he…

Apabila burung masih dalam kondisi ketakutan, anda bisa menjinakkan dulu dengan menyemprot tubuh dan sayapnya menggunakan sprayer sambil mengajaknya bicara. Setelah burung dalam kondisi basah, usaplah bulu-bulunya dengan tangan Anda secara perlahan, sambil tetap waspada jangan sampai tergigit.

Kalau Anda rutin melakukannya, dalam waktu yang tidak terlalu lama burung akan mudah jinak dan mau diusap-usap, meski tidak dalam kondisi basah kuyup.

melatih nuri abu
Melakukan pendekatan bisa mempercepat burung jinak dan terlatih.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya burung tidak diletakkan dalam sangkar hariannya. Selama pelatihan, burung diletakkan dalam tenggeran rantai. Dengan begitu, burung lebih fokus dan mudah diajak berinteraksi.

Nuri abu afrika merupakan burung yang memiliki karakter pemalu. Tetapi ketika sering diajak berinteraksi, sifat pemalu itu akan berubah menjadi kasih sayang terhadap pemilik atau perawatnya. Jadi, ini bisa memudahkan kita dalam rangka melatihnya bicara, atau melakukan berbagai macam atraksi. Interaksi rutin merupakan hal penting dalam memelihara burung paruh bengkok.

Meski tak semua jenis african grey parrot memiliki kemampuan bicara dengan sangat baik, jika kita rutin mengajarinya dengan kata-kata berulang, maka memori burung akan mencernanya dengan baik.

Ajaklah burung berinteraski sebanyak mungkin, disertai kalimat-kalimat yang relevan. Misalnya ketika Anda memberi pakan, ajari burung dengan nama pakan tersebut. Jika Anda mengajaknya bicara, ajari dengan kata-kata atau kalimat-kalimat berulang-ulang tetapi jelas terdengar.

Materi yang dilatihkan pada nuri abu harus terdiri atas beberapa kata atau kalimat singkat tetapi jelas. Misalnya ucapan “Selamat pagi kawan” saat bertemu di pagi hari, atau “Selamat makan bro” ketika hendak memberinya pakan di malam hari.

Yang terpenting dari pelatihan ini adalah rutinitas dan pengulangan kata / kalimat. Nuri abu termasuk burung pintar. Biasanya dalam waktu 1-2 hari sudah menguasai satu kalimat yang dilatihkan kepadanya.

Ketika burung sudah menguasai kalimat tersebut, Anda bisa memperpanjang kalimat . Contohnya ketika burung mulai bisa meniru suara “Selamat pagi kawan“, Anda bisa memanjangkannya menjadi “Selamat pagi kawan, apa kabar?“.

Dengan demikian, nuri abu akan terlatih menjadi burung yang memiliki kemampuan bicara dengan sangat fasih seperti yang biasa Anda lihat dalam video-video di beberapa sosial media.

Setelah burung menguasai beberapa kata, Anda bisa melatihnya dengan suara nyanyian atau berbagai macam atraksi.

Tidak seperti melatih atau memaster burung kicauan dengan menggunakan media suara rekaman, melatih burung paruh bengkok seperti nuri abu hanya bisa dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung.

Suara asli burung nuri abu afrika berupa siulan, dan suara yang terdengar seperti suara “klik”. Tetapi jika sudah terlatih, burung mampu meniru berbagai macam suara yang didengarnya secara cepat.

Bahkan burung ini cukup pintar dilatih untuk memahami beberapa simbol visual tertentu, misalnya hidung mancung atau pesek, tubuh gendut atau kurus, wajah cantik atau jelek, tertawa atau menangis, dan sedih atau gembira.

Ketika melihat salah satu simbol visual tersebut, burung akan menyatakannya dengan kebalikannya. Misalnya melihat pemiliknya menangis, maka dia akan mengeluarkan suara tertawa atau gembira untuk menghibur pemiliknya itu. Hebat kan?

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.