Tips Om Fredy KM orbitkan cucak hijau: Kuncinya ya pemasteran!

Sudah lama Om Fredy KM eksis main di kelas cucak hijau. Gaco andalannya, Aspal, pernah merajai Blok Barat. Kini dia punya orbitan baru, cucak hijau Gentar. Sabtu (13/9) kemarin, burung ini memetik kemenangan dalam even spesial yang digelar 212 Kemayoran Jakarta.

Cucak hijau Gentar A
Cucak hijau Gentar A milik Om Fredy KM.

Dalam even tersebut, Om Fredy KM menurunkan dua cucak hijau dengan nama yang sama, yaitu Gentar A dan Gentar B. Gentar A tampil sebagai juara 2, adapun Gentar B juara 3.

“Juara pertama ya dari tim kita juga, yaitu cucak hijau Bejo milik Om Hery TSI,” kata Om Fredy, yang berkolaborasi bersama Budi Roxy dan Hery TSI.

Cucak hijau Bejo
Cucak hijau Bejo milik Om Hery TSI.

Bagaimana tips Om Fredy dalam mengorbitkan cucak hijau, sehingga bisa eksis terus di jalur juara? Menurut dia, performa cucak hijau tergantung dari perawatan harian. Sebab, perawatan sehari-hari itulah yang akan menentukan kondisi burung saat tampil di lapangan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kebutuhan extra fooding (EF) sebenarnya relatif, tergantung kebiasaan dan karakter burung masing-masing. Standarnya, dia cukup memberikan jangkrik 3 ekor pada pagi hari, dan 3 ekor lagi pada sore hari.

“Sehari menjelang lomba, atau hari Sabtu, jangkrik bisa ditambah dua ekor, atau bisa juga dua kali lipatnya. Nah, memasuki Hari-H, ditambah ulat hongkong, terutama saat cuaca mendung atau udara dingin. Saya biasa memberinya tiga sampai lima ekor ulat hongkong, tergantung kondisi burung,” kata Om Fredy.

Porsi EF ini merupakan standar umum dalam perawatan harian cucak hijau. Masalah penjemuran juga harus disesuaikan dengan cuaca. Pada musim kemarau cukup 1 jam.

Fredy KM
Om Fredy KM (2 dari kiri) bersama cucak hijau Aspal.

Penanganan saat mabung nyulam

Namun, kata Om Fredy, ada yang jauh lebih penting dalam penanganan burung cucak hijau, yakni saat memasuki mabung nyulam. Dalam kondisi seperti itu, burung sangat membutuhkan istirahat total.

“Saya biasanya memberikan full krodong. Saat itu pula, burung menjalani pemasteran karena ini faktor yang sangat penting untuk meningkatkan performanya usai mabung nanti,” lanjutnya.

Seperti diketahui, cucak hijau termasuk burung yang cerdas, bahkan cenderung latah. Kalau burung jarang dimaster, maka dia akan melupakan isian atau suara masternya. Jika itu terjadi, maka variasi lagunya jelas berkurang.

Untuk pemasteran yang efektif, Om Fredy menggunakan sonic master. Sebab master elektrik ini bisa disetel sesuai dengan materi isiannya yang beragam, mulai dari cililin, lovebird, kenari, belalang, tengkek, dan lain-lain. Sonic master dapat disetel nonstop siang-malam selama 24 jam.

Sonic master multifungsi
Sonic master multifungsi: Bisa untuk masteran, putar lagu, dan dengarkan radio.

Dengan begitu, isian yang sudah dimiliki cucak hijau akan tetap awet. “Sonic master punya Om Fuksin bagus tuh. Sangat efektif, suaranya jernih dan bersih, seperti suara burung aslinya. Bahkan tembakan masternya jauh lebih panjang,” kata dia.

Yang dimaksud Om Fuksin tidak lain Fuksin Sunter, agen sonic master khusus untuk memaster aneka burung berkicau. Om Kicau sudah pernah memuat profilnya di sini.

Menurut Om Fuksin, sonic master memang cocok untuk semua jenis burung berkicau. Tak hanya cucak hijau, tetapi juga murai batu, kacer, pentet, dan sebagainya.

Fredy KM dan Fuksin Sunter
Om Fredy (2 dari kanan) dan Om Fuksin Sunter (kiri).

Untuk bisa mendapatkan sonic master multifungsi tersebut, silakan kontak Om Fuksin di nomor HP HP 0857 1102 7777 atau Pin BB 24BFE8BE.

Om Fredy menambahkan, cucak hijau perlu ditempel suara masteran secara berkala, agar isian-isian yang ada di dalam memorinya tak mudah hilang. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.