Brother Farm panen anakan trah jawara: Mau?

Selama ini Brother SF Bekasi dikenal sebagai salah satu single fighter yang kerap merajai lomba burung berkicau di Jabodebatek, terutama di kelas lovebird dan murai batu. Nama-nama seperti Golden Boy, Fernando, serta Silver Boy hampir selalu masuk daftar juara, bahkan sering di urutan pertama.

Brother Farm Bekasi
Brother Farm Bekasi mulai pasarkan anakan lovebird trah juara.

Beberapa lovebird jawara lainnya telah dimasukkan ke kandang ternak, karena Om Hany Faroko selaku punggawa Brother SF juga memiliki penangkaran lovebird Brother Farm di kawasan Narogong, Bekasi.

Yang menarik, ide memasukkan sejumlah lovebird jawara ke kandang ternak muncul dari arus bawah, yaitu para kru Brother. “Mereka (para perawat) kerepotan mengkondisikan burung agar selalu siap lomba, karena jumlahnya terlalu banyak,” kata Om Hany.

Om Hany Faroko
Om Hany Faroko: Ide penangkaran berasal dari kru Brother.

Akhirnya, sebagian di antaranya diistrirahatkan dari lomba dan dijadikan materi indukan di kandang Brother Farm. Padahal para indukan ini sudah menggembol puluhan sertifikat juara di berbagai even.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagian lagi tetap menjadi amunisi Brother SF di lapangan, termasuk Golden Boy dan Fernando. Golden Boy selama ini memang sudah menjadi ikon utama Brother SF.

Kabar baiknya, penangkaran itu sudah membuahkan hasil. Om Hany dan kru kini sudah dan terus memanen puluhan ekor anakan lovebird trah juara. Semua produk dilengkapi dengan ring kode.

Ring Brother
Ring Brother

“Untuk teknis penangkaran hingga pemasarannya, saya serahkan sepenuhnya kepada kru (perawat). Hasilnya juga untuk kegiatan operasional mereka,” lanjut Om Hany.

Upaya ini jelas mendapat dukungan total dari semua kru Brother. Bukan sekadar aspirasi mereka diterima bos, tetapi juga ada sumber pemasukan untuk operasional farm tersebut.

Materi indukan yang ada di Brother Farm dan pernah menjadi jawara lomba antara lain Sofi, Mustika Kuning, Jambul Sakti, Naga, dan sebagainya. Mereka sudah menemukan pasangan masing-masing, yang juga memiliki materi suara panjang.

Dalam breeding lovebird ini, Brother Farm memanfaatkan kandang koloni. Dengan cara ini, burung bisa mencari pasangan masing-masing sesuai dengan seleranya.

Brother Farm Bekasi
Om Sunar (kiri) di kandang koloni Brother Farm Bekasi.

Yang penting seleksi awal sebelum burung dimasukkan ke kandang koloni. Hanya calon induk jantan dan betina yang memiliki suara panjang saja yang dimasukkan ke kandang koloni, sehingga memperbesar peluang memperoleh anakan dengan kualitas setara atau lebih baik dari kedua induknya.

Brother Farm Bekasi
Produk Brother Farm siap dipasarkan.

Menurut Om Sunar, salah seorang kru yang dipercaya mengelola Brother Farm, sebagian anakan lovebird trah juara ini sudah mulai dipasarkan.

 

Selain anakan dari trah-trah juara di atas, ada juga dua adik lovebird Fernando. Fernando merupakan juara Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni lalu. Burung ini memiliki dua adik yang kini menginjak umur remaja.

“Bentuk, postur, dan warna bulunya sama persis seperti kakaknya. Jadi, bagi yang minat sama adik Fernando, datang saja ke Brother Farm,” tambah Om Sunar.

Lovebird Fernando
Lovebird Fernando (tengah) dan kedua adiknya

Golden Boy dan Fernando masih dilombakan, alias belum masuk kandang ternak. Tetapi Om Hany sudah berencana menjodohkan Golden Boy (jantan) dan Silver Boy (betina), keduanya sama-sama lovebird lutino mata hitam yang sarat prestasi. (d’one)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Video kacer addipati dong om
    Penasran nih
    Untuk aagen di daerah lamongan jawa timur tolong di perbanyak
    Terima kasih

Komentar ditutup.