Perawatan dan penangkaran burung parkit inggris

Burung parkit memiliki warna dan penampilan sangat beragam. Selain bisa dijadikan burung master, parkit juga mempunyai keunggulan tersendiri sebagai burung yang jago dilatih berbagai ketangkasan. Ada dua tipe parkit yang biasa dipelihara para penggemar di seluruh dunia, yaitu tipe amerika (american type) dan tipe inggris (english type). Kali ini kita akan mengupas perawatan dan penangkaran burung parkit inggris.

Sepasang parkit inggris
Parkit inggris banyak digandrungi karena posturnya yang jumbo.

Parkit atau budgerigar / budgie merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok dengan ukuran tubuh kecil. Burung ini memiliki ekor yang ramping dan panjang.

Nenek-moyang parkit sebenarnya berasal dari Australia, kemudian berhasil dikembangkan di Eropa dan Amerika, sehingga muncullah bentuk dan penampilan yang ideal seperti parkit amerika dan parkit inggris.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebutan parkit pada spesies burung ini sebetulnya kurang tepat. Tetapi karena sudah berurat-berukar cukup lama di negeri kita, sehingga dianggap sebagai kebenaran.

Seperti dijelaskan di atas, burung parkit dalam literatur internasional disebut budgerigar atau budgie. Kemudian ada jenis burung paruh bengkok yang disebut parakeet yang ukurannya jauh lebih besar daripada parkit atau budgerigar.

Karena itu, baik di Australia, Amerika, maupun Eropa, burung parkit tetap disebut budgerigar / budgie. Adapun penggemar di Indonesia menyebutnya sebagai parkit, yang memiliki konotasi sebagai parakeet, meski yang dimaksud adalah budgie.

Sama seperti lovevird, burung parkit bukanlah burung lokal di Indonesia. Namun, baik lovebird maupun parkit sama-sama popular sebagai burung piaraan di Indonesia, bahkan sudah banyak yang berhasil menangkarnya.

Sebagian parkit yang diperjualbelikan di negeri kita  merupakan hasil penangkaran putra-putri Indonesia, namun sebagian lagi merupakan burung impor yang langsung didatangkan dari mancanegara.

Burung impor didominasi jenis parkit inggris dan parkit holland. Meski berbeda nama, ukuran keduanya tak jauh berbeda. Bahkan, masih banyak pedagang burung yang menyebut parkit inggris sebagai parkit holland, atau sebaliknya. Harganya juga tidak jauh berbeda.

Parkit inggris mudah dibedakan dari parkit biasa (tipe amerika / australia), karena postur tubuhnya dua kali lebih besar, bahkan bisa lebih besar daripada lovebird.

Perbandingan antara parkit parkit inggris dan parkit amerika / australia bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Perbedaan parkit biasa dengan parkit inggris
Perbedaan parkit biasa (kiri) dan parkit inggris.

Saat ini parkit inggris juga banyak dikembangkan untuk mencetak varietas baru hasil mutasi warna dan bentuk. Salah satu masterpiece dari pengembangan parkit ini adalah menciptakan bentuk jambul yang sangat unik. Parkit-parkit unik seperti ini biasanya dikembangkan untuk tujuan kontes atau sebagai burung hias nan eksotik.

Parkit inggris jambul
Beberapa bentuk jambul yang cantik dari parkit inggris untuk tujuan kontes.

Adapun warna-warni burung parkit hasil mutasi warna sudah pernah dikupas Om Kicau dalam artikel Ragam mutasi warna pada burung parkit.

Perawatan burung parkit inggris

Burung parkit inggris, terutama yang didatangkan langsung dari luar negeri, membutuhkan perawatan yang lebih kompleks. Kalau Anda membelinya dari agen burung impor, silakan tanyakan dulu apakah burung sudah cukup lama di Indonesia.

Hal ini terkait dengan proses adaptasinya. Pasalnya, boleh jadi, burung belum seminggu tiba di Indonesia sehingga harus menjalani proses adaptasi lebih lanjut di lingkungan rumah Anda. Apabila  agen mengatakan parkit sudah menjalani proses adaptasi sebelum dipajang di galerinya, tentu tugas Anda menjadi lebih mudah.

Sebagian besar parkit Inggris memang didatangkan dari Eropa, yang memiliki empat musim, sehingga harus menyesuaikan dulu dengan lingkungan Indonesia yang beriklim tropis. Lain persoalan jika parkit inggris ini merupakan hasil penangkaran di dalam negeri, yang secara otomatis tidak memerlukan adaptasi lagi dengan iklim di Indonesia.

Jika masalah adaptasi sudah teratasi, barulah kita memperhatikan aspek perawatannya. Karena posturnya jumbo, kuantitas pakan juga harus diperhatikan, selain kualitasnya juga.

Anda bisa memberikan pakan bijian yang bervariasi, dengan mencampurkan beberapa pakan bijian seperti milet, canary seed, kuaci (biji bunga matahari), dan beras merah.

makanan untuk parkit impor
Pakan campuran biji-bijian untuk burung parkit inggris.

Jangan lupa berikan pula pakan tambahan / extra fooding (EF). Sebab jika hanya mengandalkan pakan bijian, parkit mudah mengalami obesitas atau kegemukan.

Selain itu, rentang hidupnya berpotensi lebih pendek daripada burung yang mendapat pakan bervariasi. Burung parkit yang hanya diberi pakan bijian rata-rata hanya berumur 4-5 tahun. Sebaliknya, jika pakan lebih bervariasi, umur bisa mencapai 10 tahun.

EF yang dapat diberikan antara lain sayur dan buah-buahan. Pilihlah sayuran atau buah-buahan yang tidak terlalu banyak mengandung kadar air, karena bisa membuat kotoran parkit berair atau burung menjadi mencret.

Untuk menjaga kondisi tubuhnya agar selalu fit, dan relatif tahan terhadap berbagai serangan penyakit, Anda bisa memberi multivitamin seperti BirdVit secara berkala, misalnya 2-3 kali seminggu.

Penangkaran burung parkit inggris

Secara prinsip, penangkaran burung parkit inggris tidak jauh berbeda dari parkit biasa. Begitu pula kandang penangkaran, bisa berupa kandang koloni maupun kandang soliter / battery.

Kalau kandang ternak berada di dalam ruangan, perhatikan masalah pencahayaan, karena akan menentukan produktivitas induk jantan dan betina.

Ternak parkit
Penangkaran burung parkit.

Tempat sarang atau gelodok dalam penangkaran parkit inggris tentu harus lebih besar daripada gelodok untuk parkit biasa. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan gelodok yangbiasa dipakai lovebird, dengan menyertakan beberapa bahan sarang yang diperlukan.

Pakan harian untuk induk parkit inggris perlu dibuat lebih variatif lagi, termasuk memberikan pakan lembut atau soft food seperti eggfood yang bisa memberi tambahan energi sekaligus merangsang burung agar cepat berkembangbiak. Bagaimana cara pembuatannya, silakan lihat tautan di bawah ini:

Membuat egg food untuk kenari, lovebird, finch, dan parkit

Membuat eggfood dari remahan roti

Sama seperti penangkaran burung lainnya, beternak parkit inggris juga membutuhkan usaha dan kesabaran tersendiri. Ada beberapa trik yang bisa membuat burung lebih cepat berproduksi, antara lain:

  • Sediakan  pakan campuran biji-bijian dan air minum dalam jumlah cukup (jangan sampai kehabisan).
  • Sediakan kalsium dan tulang sotong.
  • Sediakan eggfodd setiap hari untuk merangsang burung cepat birahi.
  • Menyalakan lampu ruangan cukup lama, sehingga memicunya untuk berbiak.
  • Rajin menyemprot kandang dan burung dengan sprayer, agar burung menganggap ini musim hujan dan saatnya untuk berkembang biak.
  • Jika mempunyai burung parkit lainnya, simpan dalam satu ruangan dengan burung yang diternak, karen membantu pasangan parkit untuk cepat kawin.
  • Buah dan sayuran sebaiknya diberikan 2 – 3 kali seminggu.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.