Video, suara, dan perawatan burung sangken

Persilangan antara burung kenari dan finch sudah banyak dilakukan para penangkar, baik di mancanegara maupun Indonesia. Salah satu materi induk yang bisa digunakan adalah edel sanger yang disilangkan dengan kenari, sehingga menghasilkan hibrida bernama sangken. Berikut ini video, suara, dan perawatan burung sangken.

Sanger [Serinus leucopygius] yang banyak disilangkan dengan burung kenari
Sanger (Serinus leucopygius) sering disilangkan dengan burung kenari.
Sejak lama para penangkar melakukan perkawinan silang (crossing) antara jenis kenari yang satu dan jenis kenari lainnya, atau antara kenari dan jenis burung finch.

Hasil persilangan ini memang bervariasi, tergantung induk yang digunakanAda yang unggul dari segi corak dan warna, namun ada juga yang unggul dari suara kicauannya.

( lihat juga Suara kicauan lima jenis kenari hibrida untuk masteran )

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Sanger atau edel sanger termasuk salah satu jenis burung finch. Meski postur tubuhnya mungil, suara kicauannya cukup lantang. Banyak penangkar atau kicaumania yang tertarik menciptakan kenari hibrida dengan mengawinkan sanger dan kenari.

Namun proses penangkaran kedua spesies ini memang tak mudah. Meski demikian, hal ini justru menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika anakan yang dihasilkan, atau biasa disebut sangken, memiliki keindahan suara kenari, dipadu dengan suara ngerol dan lantang edel sanger.

Selain suara kicauannya, sangken juga punya keunggulan lain, yaitu daya tahan tubuhnya terhadap cuaca lebih baik daripada kedua induknya.

Video dan audio burung sangken

Berikut ini beberapa video burung sangken, hasil silangan sanger dan kenari:

  • Video silangan sanger dan kenari rusia
  • Audio silangan sanger dan kenari rusia
  • Video silangan sanger dan kenari german roller
  • Audio silangan sanger dan kenari german roller
  • Video silangan sanger dan kenari standar
  • Audio silangan sanger dan kenari standar

Semua audio bisa diunduh di sini

Perawatan burung sangken

Perawatan sangken tidak terlalu merepotkan sebagaimana perawatan kenari hibrida lainnya. Dengan daya tahan tubuh dan mental yang bagus, sangken termasuk burung “tahan banting” atau mampu bertahan di segala kondisi cuaca.

Tentu saja tidak ada makhluk bernyawa yang benar-benar terbebas dari serangan penyakit, atau kondisinya selalu fit. Jadi, tetap harus dilakukan perawatan secara konsisten dan tepat agar sangken tidak mudah sakit dan selalu fit.

Berikut ini beberapa poin penting dalam perawatan harian burung sangken:

  • Kebutuhan pakan harus selalu tercukupi, terutama bijian dan sayuran berwarna hijau gelap. Pakan tambahan seperti eggfood wajib diberikan 2-3 seminggu, atau bisa juga diberikan telur puyuh rebus.
  • Menjaga kebersihan sangkar setiap hari. Bersihkan sangkar setiap pagi, saat burung mau / sedang mandi, serta pada sore hari ketika burung akan diistirahatkan.
  • Jika rutin mandi dan jemur, sangken tetap berada dalam kondisi aktif dan lincah.
  • Untuk menjaga kondisi dan staminanya, sangken perlu diberi vitamin tambahan misalnya dengan memberikan BirdVit dengan frekuensi 1-2 kali seminggu.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.