Tips mencegah stres dan macet bunyi pada burung jalak suren

Sejak dulu hingga sekarang, burung jalak suren memiliki banyak penggemar. Burung ini dikenal karena mempunyai suara yang nyaring dan bervariasi, serta gaya berkicau yang cukup unik. Bahkan jalak suren pun dapat dimanfaatkan sebagai penjaga rumah. 

Burung jalak suren yang terkenal dengan ocehannya ternyata rentan dengan stres
Burung jalak suren yang terkenal dengan ocehannya ternyata rentan stres

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan para penggemar adalah ketika jalak suren mengalami stres. Saat stres, burung biasanya berubah menjadi giras atau bahkan macet bunyi. Tips mencegah burung jalak suren stres dan macet bunyi berikut ini akan membantu anda menangani masalah tersebut.

Di pasar burung, kita sering melihat burung jalak suren dalam kondisi sudah jinak. Apabila budget kita mencukupi, tentu gampang saja membelinya, termasuk sangkar yang digunakannya. Tetapi jika budget kurang, kita hanya bisa membawa burungnya saja, atau menggunakan sangkar lain yang lebih kecil.

Saat membawa jalak suren yang sudah jinak dalam kantong kertas semen, atau menggunakan sangkar lain yang berukuran lebih kecil, maka besar kemungkinan burung akan mengalami stres yang berujung perubahan perilaku dan kicauannya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena itulah diperlukan pemahaman dalam mengenali karakter burung jalak suren, agar burung tidak berubah kondisi sesampainya di rumah.

Saat transaksi, sebaiknya jangan menggunakan kantong kertas semen maupun besek untuk membawa burung. Selain rentan membuat burung menjadi stres, paruh jalak suren yang panjang dan lancip bisa merobek kantong semen sehingga burung mudah lepas.

Menggunakan besek atau kandang berukuran kecil juga berisiko. Apalagi jika jarak antara pasar burung dan rumah cukup jauh. Jalak suren yang sudah jinak pun terancam stres, bahkan macet bunyi. Lebih baik menambah sedikit dana untuk membawa pulang burung beserta sangkar yang digunakannya, atau merayu pedagang agar mau meminjamkan sangkarnya sebelum Anda membeli sangkar baru.

Sebelum memindahkan jalak suren ke sangkar barunya, sebaiknya Anda perlu mengikuti trik berikut ini untuk mencegah burung stres yang berakibat jadi giras atau berkurang kegacorannya.

  1. Sebelum memindahkan burung ke sangkar baru, pindahkan dulu tempat pakan dan minum dari sangkar lama ke sangkar baru tersebut.
  2. Tunggu sampai burung merasa lapar. Setelah itu atur sangkar lama dan baru posisi pintu sangkar berhadap-hadapan.
  3. Buka pintu dari kedua sangkar. Dalam waktu tidak terlalu lama, burung akan segera berpindah ke dalam sangkar barunya secara aman.

Dalam perawatan hariannya, ada beberapa hal yang perlu difahami agar burung terhindar dari stres, giras, atau macet bunyi, yaitu:

  • Hindari perilaku yang sifatnya kasar baik secara fisik maupun mental, seperti sering menangkap dan memegang burung, sering berpindah-pindah tempat, memandikan dengan cara disemprot kasar, menjatuhkan sangkar, dan tindakan lain yang bisa memberi dampak buruk bagi burung.
  • Ketika ingin memandikan jalak suren dalam karamba, hindari menggiring paksa burung agar mau masuk ke dalamnya. Melatih burung agar mau mandi di karamba bisa dilakukan dengan cara memancingnya masuk menggunakan jangkrik. Setelah itu burung disemprot halus untuk merangsangnya cepat mandi dalam karamba.
  • Saat membawa jalak suren dengan menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya gunakan kain kerodong yang tebal, terutama jika jarak yang ditempuh cukup jauh.
  • Segera pindahkan sangkarnya ketika angin sedang berembus kencang. Di musim kemarau, angin cenderung berembus kencang dengan membawa debu dan kotoran. Burung yang sering terkena angin cenderung mudah sakit, karena itu segera pindahkan sangkarnya ke tempat yang lebih tenang saat angin tengah berembus cukup kencang.
  • Lakukan pemasteran dengan volume sedang. Memaster jalak suren dengan suara kencang dapat membuat burung malah stres dan merasa tidak nyaman.
  • Jika memiliki burung lain yang masih giras, sebisa mungkin dijauhkan dari jalak suren tersebut. Jalak suren yang berdekatan dengan burung yang masih giras / liar akan ikut terbawa suasana, yang menyebabkan burung mudah stres dan merasa ketakutan.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu dalam mencegah burung jalak suren yang baru dibeli menjadi stres atau macet bunyi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.