Penyebab dan pencegahan burung piyikan mati muda

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Seorang sahabat bertanya tentang kematian anakan burung yang sering dia alami di penangkaran burungnya. Burung piyikan mati ketika usia belum sampai 7 hari. Dalam artikel pendek ini saya ingin menyampaikan sejumlah hal yang menjadi penyebab piyikan burung mati sebelum berkembang.

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab dan kematian burung muda/piyikan dan pencegahannya:

  1. Penetapan temperatur

Dalam penetapan suhu (temparatur) ruang inkubator jangan hanya mengandalkan termometer karena tiap titik di inkubator memiliki temperatur yang berbeda.

Cara termudah melihat kesesuaian temperatur adalah dengan melihat kondisi piyikan. Jika piyikan terlihat berdesak-desakan, itu tandanya temparatur kurang panas. Dekatkan lagi lampu ke arah piyikan. Jika anak-anak burung sudah terlihat tidak mau bersentuhan dengan saudara-saudaranya berarti suhu sudah pas. Kondisi ini akan membuat burung tidur tidak saling berhimpitan dan malah terlihat masing-masing tidak mau bersentuhan dengan saudara-saudaranya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Piyikan cucak ijo Om Bambang. (Foto: Koleksi Om Bambang Is)
Kondisi burung berdesakan pertanda temparatur inkubator kurang tingg/kurang panas.

Burung malah cenderung tidur dengan cara terlentang dan paruh membuka. Ini justru kondisi yang benar. Sebab, dalam kondisi temparatur yang pas seperti ini, burung akan segera bangkit minta disuapi ketika ada gerakan atau suara di dekatnya. Dia akan mau dan kuat mengangkat kepala sambil terus membuka paruh minta disuapi dalam waktu relatif lama.

Sebaliknya, kalau temparatur kurang panas dan burung seperti kedingingan, maka dia hanya akan mengangkat kepala sebentar lalu setelah itu mendesak-desakkan tubuh di sela-sela tubuh saudaranya. Bagi burung yang kedinginan, lebih baik tidur mendengkur terasa hangat ketimbang mengangkat kepala untuk disuapi.

Kalau kondisi itu berlangsung 1-2 hari, maka burung akan lemah kondisinya dan akan cepat memburuk yang menyebabkan kematian.

  1. Ada berkembang jamur di dalam inkubator

Inkubator yang terlalu lembab bisa menjadi sumber masalah. Dalam inkubator ini akan berkembang biak jamur yang akan menyerang (menyebabkan infeksi dan peradangan) ke pernapasan anakan burung. Dengan demikian, pastikan kita menyiapkan inkubator yang benar-benar bersih untuk piyikan burung.

  1. Cara pemberian pakan yang salah

Jika kita menyuapi sendiri anakan burung mulai umur 1-2 hari, pastikan kita memberikan pakan secara benar baik dari sisi jenis, porsi dan kebersihan pakannya. Untuk pemberian kroto misalnya, pastikan bukan kroto basi dan pastikan benar-benar bersih. Celupkan dulu ke air matang sebelum disuapkan ke paruh burung agar mudah ditelan. Jika menggunakan jangkrik, pilih bagian daging dan jangan tercampur bagian-bagian jangkrik ayng keras.

Jika kita memberikan voer, pastikan voer yang sudah digilas lembut dan disaring sehingga biji-bijian (jagung, kacang hijau dll) yang masih kasar dan terkanduing dalam voer tidak diikutkan untuk dibikin adonan pakan.

Hal di atas itulah beberapa cara untuk mengantisipasi agar burung piyikan/anakan tidak mati sebelum berkembang.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.