Tips mencegah dan mengatasi gigitan nyamuk pada kenari

Kenari termasuk salah satu jenis burung kicauan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Pasalnya kenari mudah sekali bunyi dan mudah pula dalam perawatannya. Tetapi kenari juga dikenal sensitif dan sering mengalami masalah terutama pada kaki-kakinya. Satu gigitan nyamuk saja bisa membuat kakinya bengkak. Berikut ini tips mencegah dan mengatasi gigitan nyamuk pada kenari.

Tips pencegahan dan mengatasi gigitan nyamuk pada kenari
Tips mencegah dan mengatasi gigitan nyamuk pada kenari.

Gangguan terhadap burung peliharaan tidak hanya datang dari hewan-hewan seperti kucing, tikus, atau ular, tetapi juga serangga seperti nyamuk. Serangga ini mudah masuk ke dalam sangkar, lantas menggigit bagian tubuh burung yang tidak terlindungi bulu, misalnya kaki.

Umumnya gigitan nyamuk tidak menimbulkan risiko berat terhadap burung. Tetapi dalam berbagai kasus, muncul bintik-bintik merah pada kaki kenari. Tidak lama kemudian, kaki akan membengkak sehingga sangat mengganggu aktivitas kesehariannya.

Pada musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, populasi nyamuk meningkat pesat. Hal ini dikarenakan banyaknya genangan air di sungai atau selokan yang tidak mengalir, sehingga nyamuk bertelur di tempat tersebut.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain menyerang manusia, nyamuk juga sering menyerang burung peliharaan. Mereka beraksi saat burung sedang beristirahat di malam hari. Saat istirahat, terutama tidur, burung akan menekukkan kepala ke belakang, kemudian mengembangkan bulu-bulunya untuk mengatur panas sekaligus melindunginya dari udara dingin. Hawa panas yang keluar dari tubuhnya itulah yang bisa mengundang kedatangan nyamuk ke dalam sangkar.

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam sangkar, maka tindakan pengerodongan wajib dilakukan, terutama kalau memang banyak nyamuk di lingkungan sekitarnya. Gunakan kain kerodong yang sesuai dengan ukuran sangkarnya, sehingga kain bisa sepenuhnya menutupi sangkar. Pastikan menutupi bagian atas sangkar agar tidak ada celah yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalamnya.

Hindari penggunaan bahan kimia untuk mengusir nyamuk di dalam ruangan / kamar tempat menyimpan burung. Menggunakan obat nyamuk bakar maupun semprot di dekat sangkar justru membuat burung bisa keracunan dan mengganggu kesehatannya.

Jika pada kaki kenari muncul bintik merah akibat digigit nyamuk, pengobatan ringan bisa segera diberikan sebelum bintik tersebut membesar atau membengkak. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada bagian kaki yang terkena.

Namun kalau kaki kenari terlanjur bengkak, sehingga mengganggu penampilan dan aktivitasnya, maka pengobatan yang efektif adalah dengan mengoleskan BirdCream di sekitar kaki bengkak tersebut. Penggunaan BirdCream sangat dianjurkan, mengingat bengkak pada kaki kenari bisa menjadi masalah lebih besar jika dibiarkan.

BirdCream bisa diperoleh di agen-agen omkicau terdekat di kota Anda. Ya, itulah tips mencegah serta mengatasi gigitan nyamuk pada burung kenari.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om, mau tanya dong? Saya punya induk kenari, tapi pas menerami telornya malah mati. Pas di lihat lagi ternyata banyak semut kecil. Bagaimana solusi yang baiknya?, soalnya saya pemula
    Terimakasih waktunya.

    • Apabila posisi sangkar menempel ditembok sebaiknya dioles kapur anti semut sekitar sangkarnya dan untuk sarangnya bisa ditaburkan fresh aves untuk mencegah kutu ataupun semut.

Komentar ditutup.