Perawatan cucak jenggot Borak milik Om Andry Kirun

Cucak jenggot Borak milik Om Andry Kirun (BMC Mas Ton Tangerang) termasuk salah satu burung berprestasi dalam berbagai even lokal di Tangerang dan sekitarnya. Semula Om Andry memelihara Borak untuk memaster lovebird piarannya di rumah.

“Sekitar empat tahun lamanya Borak menjadi burung master. Ternyata terjadi perubahan suaranya. Dalam hal ini, suara khas cucak jenggot yang ngepik standar berubah menjadi ngepik sambung ngekek panjang lovebird, nyaris tanpa jeda. Dari situlah saya coba menggantangnya di lapangan, dan ternyata juara pertama,” kata Om Andry Kirun.

Om Andry Kirun dan cucak jenggot Borak
Om Andry Kirun bersama cucak jenggot Borak.

Sampai saat ini, Om Andry masih sering menurunkan cucak jenggot Borak dalam berbagai even di wilayahnya. Hasilnya pun tak pernah mengecewakan, dan selalu bisa membuat tersenyum sang pemiliknya.

Menurut dia, perawatan cucak jenggot Borak relatif biasa-biasa saja. Berikut ini beberapa tips perawatan yang selalu diterapkan Om Andry terhadap jenggot kesayangannya:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Setiap pagi, sekitar pukul 06.00, burung dikeluarkan dan langsung diembunkan hingga pukul 07.00. Hampir seluruh burung piaraan Om Andry selalu diembunkan, agar paru-paru dan kantung udara (air sacs) burung selalu segar dan bisa bernafas lebih panjang. Burung yang bisa bernafas panjang relatif lebih mudah gacor / rajin bunyi.
  • Setelah diembunkan, burung mandi, kemudian dijemur selama 1 jam.
  • Usai dijemur, burung dianginkan selama 15 menit. Selanjutnya, dikerodong hingga sore hari.
  • Sore, sekitar pukul 17.00, burung dikeluakan dan dimandikan lagi (jika cuaca cerah). Setelah itu dianginkan hingga bulu-bulunya kering.
  • Jika bulu sudah kering, burung langsung dikerodong lagi dan diistirahatkan hingga keesokan harinya.
  • Menu harian hanya berupa pisang kepok dan voer.
  • Kalau mau lomba, maka pagi hari burung tetap mandi, namun tak perlu dijemur. Hanya dianginkan sambil diberi parutan apel yang dicampur kroto.
  • Sekitar 1 jam sebelum digantang, burung diberi 3 ekor ulat hongkong. Namun jika cuaca sangat panas, ulat hongkong bisa diganti dengan 1 ekor ulat bambu.
Om Andry Kirun
Om Andry Kirun (tengah) bersama rekan-rekan BMC Mas Ton Tangerang.

Itulah sekelumit pengalaman Om Andry Kirun dalam merawat cucak jenggot kesayangannya, sehingga sampai sekarang tetap eksis di berbagai arena lomba.

Kalau ingin bertukar pikiran dengannya mengenai perawatan cucak jenggot, silakan kontak ke nomor 0886 870 29 111. (OK-2)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.