Tips merawat lovebird impor yang baru tiba

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Seperti diberitakan sebelumnya, Om Ayi merupakan penangkar lovebird di bawah bendera Ayi BF Bogor. Dia juga menyediakan lovebird impor hasil seleksi dari beberapa importir burung. Banyak pelanggannya yang menanyakan bagaimana sih tips merawat lovebird impor yang baru tiba / sampai di rumah.

Menangani lovebird impor yang baru tiba di rumah memang berbeda dari lovebird hasil ternakan lokal. Dalam kasus lovebird impor, burung belum sepenuhnya beradaptasi dengan cuaca di Indonesia, kendati sudah beberapa hari ngendon di kandang importir maupun agen-agennya.

Karena itu, masa adaptasi ini masih perlu dilanjutkan di rumah pembeli. Burung sekaligus akan beradaptasi dengan lingkungan baru di rumah pemiliknya.

Menurut Om Ayi, lovebird impor yang baru tiba sebaiknya dimasukkan dulu ke kandang umbaran, jangan langsung ke sangkar harian. Hal ini untuk memberi kenyamanan pada burung, sekaligus untuk mengenalkan pada lingkungan di sekitar rumah pemilik barunya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

“Kalau belinya lebih dari seekor, lovebird juga jangan dipisahkan satu-persatu. Tetap dimasukkan dalam kandang umbaran dulu, sehingga mereka merasa nyaman dan leluasa bergerak,” jelas Om Ayi.

Lovebird impor
Begitu tiba di rumah, lovebird impor dipindah ke kandang umbaran.

Lovebird bisa disimpan dalam kandang umbaran sekitar 1 minggu. Selama di kandang umbaran, burung tidak pelu dijemur. Lebih baik lagi jika kandang umbaran ditempatkan di dalam ruangan.

“Berikan pakan sebanyak-banyaknya. Selain pakan bijian seperti milet serta canary seed, lovebird impor pada masa adaptasi ini juga perlu diberi extra fooding berupa sayuran kangkung atau jagung,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan mineralnya, Anda bisa menggunakan tulang sotong. Kalau tidak ada tulang sotong, bisa juga diganti dengan garam. Bongkahan garam diletakkan di dasar kandang. Biasanya burung sesekali akan menggigit-gigit garam itu dengan paruhnya.

“Berdasarkan pengalaman saya selama ini, garam biasanya akan digigit lovebird sebagaimana layaknya dia mengkonsumsi sotong. Yang pasti selama mengkonsumsi garam, burung tetap sehat. Dia hanya akan menggigit garam sesuai dengan kebutuhannya,” jelas Om Ayi lagi.

merawat lovebird impor
Om Ayi sedang merawat lovebird impor.

Seminggu setelah menjalani masa adaptasi di kandang umbaran tersebut, lovebird biasanya sudah dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Dengan demikian, lovebird tak akan stres, bahkan mulai rajin narik bunyi.

Dari sinilah kita dapat melihat bakat lovebird impor yang baru dibeli. Apalah dia memiliki kualitas ngekek panjang atau pendek. Setelah itu tinggal dilanjutkan dengan perawatan hariannya, termasuk rajin mandi dan jemur, disertai pemberian pakan berkualitas dan proses pemasteran. (d’one)

Om Ayi / Ayi BF Bogor

0813 89 2222 38 || 0857 1585 9626

Jalan Menteng, Gg Patoha No 6 RT 01 / RW 13, Merdeka, Bogor, Jawa Barat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.