NSM BF Bogor jebol kandang 2 pasangan murai koleksi SWD senilai Rp 200 juta

Penangkaran murai batu Niki Sae Mas (NSM) Bird Farm  Bogor terus melengkapi materi indukannya. Belum lama ini, H Kuwadi selaku owner NSM BF Bogor melakukan jebol kandang 2 pasangan murai batu koleksi SWD BF Klaten.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Om Kuwadi (kiri) jebol kandang indukan berkualitas koleksi Om Suwadi (kanan).

Seperti diketahui, SWD BF milik H Suwadi dikenal sebagai penghasil murai batu berkualitas. Banyak produknya yang moncer di arena lomba, baik di tangan Om Suwadi sendiri maupun di tangan para pemain murai lainnya.

Menurut Om Kuwadi, dua pasangan murai yang diboyongnya terbilang mewah bahkan menjadi kandang favorit di SWD BF Klaten. Mahar yang harus dikeluarkannya juga tidak sedikit, sekitar Rp 200 juta.

Sebenarnya aksi jebol kandang dari SWD BF ini bukan kali pertama dilakukannya. Bahkan sebagian besar materi indukan di kandang NSM BF berasal dari SWD.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kedua induk jantan bernama Bintang Medan dan Blorok, sedangkan pasangannya merupakan murai betina hasil ternak SWD BF. “Kedua pasangan ini termasuk favorit di sana. Sudah produksi beberapa kali. Bahkan saat diboyong ke Bogor, pasangan Bintang Medan dalam kondisi sedang mengeram,” jelas Om Kuwadi.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Induk jantan MB Bintang Medan bersama pasangannya.

Ketika masih di kandang SWD BF, anakan-anakan dari kedua pasangan ini memiliki banderol mahal, yaitu Rp 7 juta / ekor. Om Suwadi pun membenarkan, selama ini Bintang Medan dan Blorok menjadi “ATM hidup” baginya. “Semoga di Bogor bisa berkembangbiak dengan lancar,” kata Om Suwadi.

Selain dua pasangan induk favorit tersebut, Om Kuwadi juga memboyong dua pasangan murai batu muda prospek. Seuanya sudah bergabung dengan 100an pasangan murai batu di kandang NSM BF. Komplek penangkaran ini menempati lahan seluas 800 m2 di kawasan Ciawi, Bogor.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Om Suwadi (kanan) saat berkunjung ke kandang ternak murai batu NSM BF Bogor.

Selain menggunakan induk hasil jebol kandang dari SWD, Om Kuwadi juga memiliki beberapa materi induk jantan dari Maestro BF. Beberapa murai jawara pun kini menjadi pejantan tangguh di kandang NSM BF, antara lain Mio, Maha Dewa, Samurai, Arjuna, Komando, Maestro, Petruk, dan Pandawa.

Karena materi indukannya memang top-markotop, produk NSM BF juga laris-manis. Harga trotolan murai batu bervariasi, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta per ekor, tergantung materi induknya.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Salah satu anakan murai batu produk NSM BF Bogor.

Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas anakan, sebagian induk betina di NSM BF menggunakan hasil breeding sendiri. “Ke depan, kita tidak lagi menggunakan murai batu betina dari hutan. Semua induk betina nantinya hasil penangkaran,” ungkapnya.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Proses adaptasi: Induk betina dikurung dulu, agar induk jantan lebih tenang.

Dengan jumlah pasangan induk sebanyak itu, NSM BF setiap bulan mampu memanen sekitar 30 ekor anakan. Pemanenan dilakukan saat umur 7 hari, kemudian dipindah ke sangkar khusus yang diberi lampu penghangat dan kerodong.

Breeding murai batu NSM BF Bogor
Kandang anakan murai batu setelah disapih dari induknya.

Anakan-anakan ini dibesarkan dengan cara diloloh. Jika sudah berumur 1,5 bulan, atau mulai mampu makan sendiri, maka burung dipindah ke ruangan yang lain. Trotolan umur 2 bulan mulai dipisah dan menempati sangkar sendiri-sendiri.

“Saat itulah, trotolan murai batu mulai dimaster dengan burung cililin, jalak, lovebird, dan masteran lainnya. Terkadang belum sampai dimaster sudah diambil pemesan,” tandasnya. (d’one)

Breeding murai batu NSM BF Bogor
NSM BF Bogor memiliki sekitar 100 pasang induk murai batu. Wow!!!

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.