Cucak jenggot Karin dan LB Ambasador nyeri di Jatiwangi

Sejumlah burung papan atas turun dalam lomba burung berkicau Jatiwangi BC Cup di Lapangan JBC, belakang Kantor Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, Minggu (29/11). Even ini sekaligus menjadi arena pemanasan sebelum turun di sejumlah even akbar, seperti Britama Cup di Bandung (13/12) dan Anniversary GBA Banjarnegara pada hari yang sama.

Beberapa burung langganan juara seperti cucak jenggot Karin milik Om Martin Rosa SF Jatibarang, lovebird Ambasador koleksi KKLB Team Bandung, dan kacer Paradise milik Om Teguh Walet berhasil menjuarai dua kelas alias nyeri juara 1.

Cucak jenggot Karin selama ini memang menjadi penguasa di kawasan timur Jawa Barat yang nyaris berbatasan dengan Jawa Tengah. Reputasinya tak perlu diragukan lagi.

Cucak jenggot Karin
Cucak jenggot Karin masih yang terbaik di kawasan timur Jawa Barat.

Sejak dipegang Om Martin sekitar dua tahun lalu, Karin sudah banyak mempersembahkan gelar bagi majikannya. Bahkan ratusan gelar juara telah dikoleksinya, baik dalam lomba regional wilayah Jabar, maupun lomba besar atau nasional di berbagai blok.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

( lihat juga Karin, rajanya cucak jenggot di pantura )

Turun dua kali, Karin selalu meraih juara 1. Di Kelas Probio, burung ini mengalahkan Mantili besutan Om Barly (Banjasari) dan Sri Dewi orbitan Om Yayan (Red Bull SF). Om Yayan juga menurunkan cucak jenggot Adinda dan menempati peringkat keempat.

Keempat burung ini kembali bertarung di Kelas AMB. Hasilnya sama persis, di mana posisi pertama hingga keempat masing-masing ditempati cucak jenggot Karin, Mantili, Sri Dewi, dan Adinda.

Om Martin Rosa dan cucak jenggot Karin
Om Martin Rosa bersama cucak jenggot Karin.

Om Teguh Walet (Tangerang) moncer di sejumlah kelas. Bahkan pleci Hokky miliknya menjadi satu-satunya burung yang mampu mencetak kemenangan hattrick.

Di Kelas A Bersatu, Hokky mengalahkan Turbo dan Romeo, keduanya besutan Om Erwin / Om Andre dari NV 88 SF. Hokky juga terbaik di Kelas B. Turbo dan Romeo kembali harus puas menjadi juara 2 dan 3. Hokky dan Turbo meraih juara 1 dan 2 di Kelas C, disusul pleci Angling Darma yang juga milik Om Teguh Walet.

Om Teguh juga mendominasi kelas kacer. Jagoannya yang bernama Paradise tampil mengesankan, dengan meraih juara 1, 1, dan 2. Di Kelas BnR, kacer Paradise mengalahkan Killer milik Om Stanley (PKBM) dan Marquez koleksi D&D Sumedang.

Kelas Probio juga dimenangi Paradise, disusul kacer Damar Wulan milik Om Yayan (Red Bull SF) serta Buldoser andalan Om Robby dari Perum BC.

Upaya Paradise mencetak hattrick kandas, karena harus puas menjadi juara 3 Kelas Gurah. Kelas ini dimenangi Damar Wulan, sedangkan Killer nangkring di peringkat kedua.

Kelas cucak hijau juga menambah pundi-pundi poin bagi Om Teguh Walet sehingga tampil sebagai juara umum SF. Cucak hijau Sangkuriang miliknya menjuarai Kelas BnR dan juara 3 Kelas Gurah.

Om Teguh Walet
Om Teguh Walet menerima trofi juara umum SF dari Kang Pian.

Kenari dibuka empat sesi, masing-masing dua kelas standar bebas dan dua kelas standar kecil. Black Oval, kenari kecil milik R10 SF Garut, sangat mendominasi kejuaraan.

Burung ini mampu mengatasi perlawanan kenari-kenari besar saat bertarung di Kelas Standar Bebas Gurah. Hal ini kembali diulanginya di Kelas Standar Bebas Probio.

Sayangnya, ketika tampil di kelas yang sesuai dengan postur tubuhnya, Black Oval justru bertengger di posisi kedua sebanyak dua kali.

Dua kelas standar kecil masing-masing dimenangi Tangsi milik Ko Otong (Garut) dan Atlantic. Namun Om Teguh tak bersedih, karena Atlantic juga kenari kecil orbitannya.

KKLB Team Bandung yang dimotori Om Ade Sulistio dan Om Yehezkiel mendominasi kelas lovebird. Duet ini tidak menurunkan gaco hebatnya, yaitu lovebird Jalal, namun membawa pelapis yang tidak kelah hebatnya: lovebird Ambasador.

KKLB Team Bandung
KKLB Team Bandung nyeri juara 1 melalui lovebird Ambasador.

LB Ambasador sukses menjuarai Kelas Probio A dan B, serta juara 5 Kelas AMB. Kelas ini dimenangi lovebird Mahesa, sedangkan Kelas Gurah dijuarai LB Akira. Kedua burung ini milik Om Tedy PDAM (Putra Jaya BC).

Prestasi Ambasador belakangan ini makin bersinar. Burung memang sedang dalam kondisi on-fire, atau berada dalam puncak performanya. Dalam dua gelaran terakhir di Jawa Barat, LB Ambassador selalu memborong gelar. (Waca)

Panitia Jatiwangi BC Cup
Panitia Jatiwangi BC Cup bersama juri-juri BnR.

Hasil Jatiwangi BC Cup I Majalengka (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.