Trotolan murai trah juara hasil breeding Aa Aa BF dibanderol Rp 4 juta

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dalam berbagai lomba burung kicauan, Aa Aa BF kerap menjuarai kelas lovebird dan murai batu. Kita mengenal ketangguhan lovebird Dewa Mabuk serta murai batu R Hud Hud andalan H Aris, owner Aa Aa BF.

Aa Aa BF juga dikenal sebagai breeder murai batu yang menghasilkan produk berkualitas. Kandang penangkaran dipusatkan di Kota Bojonegoro, Jawa Timur.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Kandang penangkaran murai batu Aa Aa BF di Kota Bojonegoro.

Jika sudah bisa makan sendiri, anakan murai batu dan lovebird hasil breeding ini langsung dikirim ke basecamp Aa Aa BF di Jakarta, yaitu kawasan Jatiwaringin, Kecamatan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

“Kami memang menangkar di sana (Bojonegoro), kemudian hasil panennya dikirim ke sini (Jakarta). Alhamdulillah panen awal tahun ini lancar,“ kata Om Aris.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Breeding murai batu Aa Aa BF
Om Aris memanen anakan murai batu.

Penangkaran murai batu Aa Aa BF memang belum begitu besar, baru memiliki 10 kandang indukan. Meski demikian, induk jantan yang digunakan rata-rata eks jawara lapangan, sehingga anak-anaknya pun layak disebut trah juara atau trah prestasi.

Petak-petak kandang murai batu ini tertata rapi. Setiap petak berukuran panjang 3 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2,5 meter. Kerangka kandang terbuat dari alumunium, sedangkan dinding berlapis kawat halus. Bagian atas kandang ditutup fiber dan asbes.

Om Aris Aa Aa BF
Om Aris kerap mencetak murai batu (dan lovebird) jawara.

Untuk meredam panas, sebagian lantai kandang diplester dan dilapisi pasir. Bagian depan dibuatkan taman kecil dengan pepohonan, lengkap dengan potnya.

Tersedia pula bak mandi yang terhubung saluran air. Saluran air inilah yang secara rutin mengisi bak air sehingga air di dalamnya selalu dalam kondisi baru dan bersih.

Tempat sarang terdiri atas dua model, yaitu boks triplek dan buah kelapa yang dilubangi. Semuanya diletakkan di pojok atas kandang. Dengan demikian, induk bisa memilih sarang yang disenangi sesuai dengan seleranya.

Pakan indukan terdiri atas voer, jangkrik, dan cacing. Jangkrik disediakan dalam bak plastik, dalam jumlah tak terbatas, sehingga pasangan induk bisa makan sekenyangnya.

Anakan murai batu dipanen setelah berumur 7 hari, dan ditempatkan dalam boks khusus yang sudah dilengkapi dengan lampu penghangat. Umur dua minggu, anakan murai dipasangi ring (double ring), yaitu ring kode Aa Aa BF dan BnR Community.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Anakan murai batu siap dipasarkan.

Kalau sudah bisa makan sendiri, atau berumur 1,5 – 2 bulan, trotolan murai batu langsung dikirim ke markas Aa Aa BF di Jakarta. Harga  trotolan murai batu produksi Aa Aa BF dibanderol mulai Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.

“Para pembeli umumnya ya rekan-rekan sesama pemain atau kolega di Jabodetabek. Begitu trotolan tiba di Jakarta, biasanya langsung ludes diserbu pelanggan,” kata Om Aris.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Anakan balak laris-manis.

Sudah ada beberapa murai batu hasil ternak Aa Aa BF yang berprestasi di lapangan. Umumnya murai yang sudah moncer di lapangan ini berumut 9 – 10 bulan.

Jenis murai yang ada di kandang Aa Aa BF juga bervariasi, mulai dari ekor putih hingga balak. Anakan balak banyak diminati, karena kerap berprestasi. (d’one)

Breeding murai batu Aa Aa BF
Begitu tiba di Jakarta, produk Aa Aa BF langsung diserbu pelanggan.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.