Tiga cara agar burung trucukan cepat ngeropel

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di alam liar, termasuk di wilayah permukiman kota, burung trucukan seringkali terlihat bersama burung kutilang. Namun para kicaumania lebih menyukai burung trucukan ketimbang kutilang, karena suaranya bisa ngeropel bak cucakrawa, dan gaya buka sayapnya yang khas. 

Variasi ropelan trucukan untuk masteran
Variasi ropelan trucukan untuk masteran.

Meski semua jenis trucukan mempunyai kemampuan bersuara ropel, tidak semuanya mau dan rajin mengeluarkan suara ropelan tersebut. Jika kondisi itu juga Anda alami, maka diperlukan beberapa cara agar burung trucukan mau mengeluarkan suara ropelnya.

Berikut ini tiga cara agar burung trucukan cepat ngeropel, berdasarkan pengalaman para trucukan mania yang telah berhasil meropelkan jagoannya.

#1. Berikan ulat hongkong dalam jumlah banyak

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Banyak trucukan mania yang memberikan pakan ulat hongkong dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini diyakini bisa merangsang burung lebih rajin berbunyi dan mengeluarkan suara ropelannya.

Namun perlu diperhatikan, ulat hongkong memiliki lapisan kulit tebal yang disebut eksoskeleton. Lapisan kulit ini terkadang tidak bisa dicerna oleh organ pencernaan burung. Karena itu, sebelum diberikan kepada burung, pilihlah ulat hongkong yang sedang berganti kulit atau berwarna keputihan sehingga bisa dicerna burung.

Untuk mempercepat ulat hongkong berganti kulit, silakan simak panduannya dalam artikel Trik mempercepat ulat hongkong berganti kulit. Adapun pakan alternatifnya adalah dengan memberikan ulat kandang sebanyak 1 sendok teh, atau 1 cepuk kecil, setiap pagi hari.

#2. Berikan voer lele sebagai pakan harian

Selain ulat hongkong, tidak sedikit trucukan mania yang memberikan voer lele setiap harinya. Voer jenis ini memiliki kandungan protein cukup tinggi, karena memang dikhususkan untuk mempercepat pertumbuhan lele.

Pemberian voer lele untuk burung peliharaan sudah lama dikenal, bahkan banyak diterapkan pada burung kicauan seperti cendet dan jalak suren. Namun karena kandungan proteinnya cukup tinggi, ada baiknya voer lele diberikan beberapa hari sekali atau dijadikan sebagai bahan racikan sebagaimana dijelaskan dalam tulisan berikut ini:

Tips membuat pakan racikan untuk cendet dan jalak suren

#3. Melakukan pemasteran secara tepat

Selain melalui perawatan dan pemberian pakan, melatih trucukan agar lebih rajin dan panjang mengeluarkan suara ropelannya juga bisa dilakukan dengan pemasteran.

Pemasteran trucukan bisa menggunakan rekaman suara burung trucukan lain yang sudah rajin mengeluarkan suara tembakan atau ropelannya.

Om Kicau juga telah menyediakan beberapa file audio masteran yang bisa digunakan untuk melatih trucukan Anda di rumah.

  • Audio variasi ropelan burung trucukan versi 1
  • Audio variasi ropelan burung trucukan versi 2
  • Audio variasi ropelan burung trucukan versi 3
  • Audio variasi tembakan burung trucukan

Unduh semua audionya di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.