Perubahan iklim sebabkan telur burung menetas lebih awal

Para ilmuwan dari Universitas Macquarie di Sidney menemukan fakta bahwa suhu yang makin panas menyebabkan telur-telur burung pipit zebra (zebra finch) menetas lebih awal. Menurut hasil penelitian mereka, kondisi tersebut bisa berakibat fatal bagi burung yang belum menetas.

Dampak perubahan iklim pada anakan pipit zebra
Dampak perubahan iklim terhadap anakan burung pipit zebra.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengamati perkembangan embrio telur pipit zebra. Pipit zebra atau zebra finch (Taeniopygia guttata) adalah sejenis burung finch yang umum bersarang di padang rumput dan gurun yang berada di  sebagian besar wilayah Australia. Selain itu, keberadaan burung ini juga bisa ditemukan di wilayah Indonesia dan Timor Leste.

“Biasanya, pipit zebra akan meletakkan satu telur sehari selama sekitar lima hari, dan hanya akan mulai mengerami telurnya setelah telur terakhir diletakkan,” kata Simon Griffith, pemimpin penelitian dan guru besar di Avian Behavioural Ecology, Universitas Macquarie.

“Dengan begitu, semua telur akan dierami dan menetas secara merata di dalam sarangnya, sehingga memudahkan induk dalam untuk memberi makan dan merawat anak-anaknya secara merata pula,” lanjutnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi suhu panas yang muncul akibat perubahan iklim menyebabkan terganggunya pola tersebut. Akibatnya, telur mulai berkembang bahkan sebelum proses pengeramanan oleh indukan dimulai.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan Royal Society itu, suhu yang berkepanjangan lebih dari 40,5 °C dapat mematikan embrio, bahkan induk pun merasa tidak nyaman saat mengerami telur-telurnya.

Dampak lain yang muncul dari perkembangan embrio yang terlalu awal ini bisa menjadi sesuatu yang mematikan. Ketika penetasan berlangsung tidak sesuai dengan waktunya, maka jatah pakan dari induk pun akan menjadi tidak merata.

“Anakan pipit zebra yang menetas lebih awal akan memiliki tubuh lebih besar dalam 24 jam pertama kehidupannya. Jika mereka menetas pada waktu yang berbeda, induk akan memberikan sebagian pakan untuk anak yang terbesar. Akibatnya, anak yang menetas terakhir akan mendapat sedikit pakan, akhirnya  menjadi kurus dan mati.”

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.