Ketok magic murai jawara ala Om Agung Warok

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Tips 2: Tentukan settingan terbaik untuk murai Anda

Sebagian besar pemilik murai batu jawara mengawalinya dengan mencari-cari settingan melalui metode coba-coba (trial and error). Dalam proses take-over, pemilik baru biasanya meneruskan pola perawatan seperti di tangan pemilik lama. Kalau pun ada modifikasi, itu dilakukan tidak secara drastis.

Om Agung Warok dan murai batu Amuba
Om Agung Warok bersama murai batu Amuba.

Dalam metode trial and error, Anda memang perlu menjajal sedikitnya dua settingan, misalnya A dan B. Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk menentukan mana settingan terbaik untuk murai batu Anda.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Misalnya, pada settingan A, murai main standar. Pada settingan B, murai main bagus, mampu bongkar isian, tapi nggak juara. Mana yang mesti dipilih? Tentu settingan B, meski tidak juara. Lha, kok begitu?

Voer jangkrik luar biasa

Pasalnya, prestasi burung dalam sebuah lomba sangat dipengaruhi suasana lapangan, terutama burung-burung di sekitar gantangannya. Jika murai main bagus, mampu bongkar isian, tapi belum menjadi juara karena lawan-lawan jauh lebih bagus, tentu Anda tak boleh kecewa.

Sesekali tampilkan murai Anda di tempat lain. Kalau tetap main bagus, mampu bongkar isian, dan lawan-lawan tak sehebat di lapangan sebelumnya, tentu peluang juara lebih terbuka bukan? (Om Dimas Aryokusumo)

Lihat tips murai batu lainnya:

Birahi murai di lapangan | Gathering murai di rumah | Halaman Awal

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

1 Comment

Komentar ditutup.