Tips merawat trotolan anis kembang agar cepat ngeplong ala AKPK

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Meski kelas anis kembang dalam berbagai lomba makin sepi peminat, bukan berarti burung yang pernah popular di akhir dekade 1990-an ini telah ditinggalkan para kicaumania. Masih banyak kok penggemar anis kembang. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang sukses menangkarnya.

Anis kembang trotolan
Perawatan trotolan anis kembang agar cepat ngeplong.

Komunitas anis kembang atau punglor kembang pun bermunculan di mana-mana, tidak terkecuali di forum jual-beli online atau grup-grup di Facebook. Salah satunya adalah grup FB Anis Kembang – Punglor Kembang (AKPK).

Banyak AK mania yang mencari trotolan anis kembang. Selain dapat dimaster sesuai dengan keinginan pemilik atau perawatnya, perawatannya pun relatif lebih mudah.

Kendati di pasaran atau forum jual-beli online banyak ditawarkan trotolan anis kembang hasil tangkapan hutan, Om Kicau menyarankan agar membeli trotolan anis kembang hasil breeding atau penangkaran.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Selain lebih cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, mudah dijinakkan, dan lebih mudah dalam perawatan hariannya, membeli burung hasil penangkaran berarti membantu para breeder dalam mengembangkan usahanya, sekaligus menekan angka perdagangan burung-burung hasil tangkapan alam.

Agar trotolan anis kembang cepat ngeplong, maka perawatan hariannya harus dilakukan secara tepat. Para senior di grup FB AKPK pun berbagi tips merawat trotolan anis kembang agar cepat ngeplong.

Dalam tulisan di forum tersebut, Om Fendy Krisdiyono mengatakan, komposisi pakan yang tepat untuk trotolan AK bisa membuat burung cepat mengeluarkan suara ngeplongnya. Dengan mengamati kebiasaan makannya selama di alam liar, kicaumania bisa mengkombinasikannya dalam perawatan harian.

Seperti diketahui, anis kembang di alam liar sering mencari pakan berupa cacing tanah. Adapun anis kembang yang dipelihara dalam sangkar umumnya diberi extra fooding (EF) berupa jangkrik dan kroto.

Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan ini harus memperhatikan pola perawatan lain seperti mandi, jemur dan pemasteran. Gabungan dari perawatan ini dapat menghasilkan anis kembang yang benar-benar lincah, cerdas, dan rajin berbunyi.

Komposisi pakan untuk trotolan anis kembang
Komposisi pakan untuk trotolan anis kembang

Berikut ini cara pemberian pakan untuk trotolan anis kembang seperti yang dilakukan Om Fendy:

  • Sejumput kroto bersih yang masih segar diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Porsi kangkrik 2-3 ekor, diberikan setelah burung dimandikan.
  • Sebelum dijemur, burung diberikan cacing tanah yang sudah dipotong kecil-kecil. Jenis cacing yang digunakan sebaiknya seperti yang banyak dijual di toko pakan burung. Para kicaumania menyebutnya cacing plungker.
  • Buah-buahan hanya diberikan sebagai pakan tambahan untuk melengkapi nutrisinya.

Selain itu, bentuk perawatan lain yang juga harus mendapatkan perhatian adalah sebagai berikut:

  • Pengembunan dilakukan sejak pagi-pagi sekali, terutama waktu subuh.
  • Rajin memandikan burung, meski hanya berupa penyemprotan sekilas, dengan mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca.
  • Penjemuran jangan terlalu berlebihan, dengan durasi kurang dari 1 jam.
  • Pemasteran dilakukan pagi hari setelah penjemuran, dan siang hari saat burung sedang beristirahat.
  • Pemberian multivitamin seperti BirdVit diperlukan untuk menjaga kondisi trotolan anis kembang agar tetap sehat dan aktif.

Hasil komposisi pakan untuk trotolan anis kembang tersebut sudah dirasakan Om Fendy melalui anis kembang SM Jr miliknya yang baru berumur 3,5 bulan, tapi sudah mampu bersuara roll tembakan cucak jenggot seperti dalam video berikut ini:

Tips perawatan trotolan AK versi Om Caturhuda

Om Caturhuda, senior lainnya di AKPK, juga punya tips perawatan trotolan AK agar cepat ngeplong. Menurut dia, kebutuhan gizi harus diperhatikan. Pemberian EF yang terdiri atas jangkrik, kroto, dan cacing harus dibiasakan dan diberikan sejak dini. Selain itu, perlu juga mengenalkan beberapa jenis buah-buahan kepada trotolan AK.

Pemberian pakan-pakan tersebut memiliki banyak manfaat, terutama untuk membantu pertumbuhannya dan agar trotolan anis kembang lebih cerdas serta mampu menguasai suara-suara masterannya secara cepat.

AK trotolan mandi karamba | Foto milik om Caturhuda (AKPK)
Mandi karamba | Foto: Om Caturhuda

Mandi bagi burung jenis punglor wajib dilakukan, termasuk pada burung yang masih trotolan. Kita bisa melatihnya mandi setelah burung berumur lebih dari 3 minggu, atau setelah tumbuh ekor.

Cara memandikannya bisa dengan cara disemprot halus menggunakan hand sprayer. Tapi perlu diperhatikan juga kondisi suhu dan cuaca saat itu. Jangan sampai setelah dimandikan kondis burung malah ngedrop.

Setelah trotolan AK mulai agresif dan bisa terbang ke sana-ke mari, kita bisa memandikannya dalam karamba. Jika kesulitan memancing burung masuk ke karamba mandinya, kita bisa memegangnya, lantas memasukkan burung ke karamba tersebut.

Hal penting lainnya dalam perawatan trotolan anis kembang adalah memberikan waktu istirahat yang cukup. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan full kerodong pada waktu malam hari. Pengkerodongan dapat membuat burung lebih terjaga staminanya, serta menghindari dari gangguan serangga dan gigitan nyamuk.

Dengan melakukan perawatan rutin tersebut, maka trotolan anis kembang akan menjadi lebih lincah, aktif, dan lebih rajin berbunyi dengan suara ngeplong. Kalau sudah begitu, tahapan ngerol pun sudah tinggal selangkah lagi.

Sobat kicaumania yang tertarik memelihara anis kembang, dan ingin tahu bagaimana cara memilih trotolan AK yang yang baik dan memiliki prospek, simak lagi tulisan berikut ini:

Memilih dan merawat AK trotolan berprospek

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.