Video: Pelajar di Jepang berhasil tetaskan telur tanpa cangkang

Cari Artikel Berdasar Kategori

Sebuah video yang diunggah ke media sosial Youtube mengungkap cara aneh dalam menetaskan telur ayam. Tidak seperti penetasan umumnya yang dilakukan dengan menggunakan inkubator, video tersebut justru menampilkan bagaimana para pelajar di Jepang berhasil menetaskan telur tanpa cangkang.

Eksperimen telur yang menetas di luar cangkang
Eksperimen telur yang menetas tanpa cangkang.

Telur yang digunakan dalam hal ini adalah telur ayam. Pertama kali, telur dikeluarkan dari cangkangnya, kemudian dipindahkan ke dalam sebuah gelas. Setelah itu, gelas yang berisi telur ditutup rapat dengan menggunakan plastik steril. Berikutnya, gelas disimpan dalam sebuah inkubator atau ruang penghangat.

Di luar dugaan, seminggu kemudian, embrio yang berada dalam telur berkembang. Awalnya, bagian tengah kuning telur (yolk) mengalami pengembangan blastoderm, jantung, kemudian pembentukan pembuluh darah.

Setelah berjalan 21 hari, embrio dari telur berkembang menjadi bentuk anak ayam yang sempurna. Namun yang membedakan, anak ayam tidak keluar dari cangkang telur yang terbuat dari kalsium klorida, melainkan dari sebuah gelas tertutup plastik.

Meski masih banyak yang menganggap penelitian yang dilakukan para pelajar di Jepang itu tidak masuk akal, tetapi jika ditelusuri lebih lanjut, eksperimen ini sebenarnya berdasarkan pada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Poultry Science (2014).

Eksperimen penetasan telur di luar cangkang ini dipimpin Yutaka Tahara, seorang pelajar SMA Oihama di Jepang, didampingi Katsuya Obara dari Takanedai Animal Clinic. Selain bereksperimen menetaskan telur di luar cangkang, penelitian ini juga diharapkan bisa membantu memberikan solusi pengembangbiakan hewan-hewan yang terancam punah.

Seperti diberitakan Science Alert, penelitian yang dilakukan para pelajar di Jepang ini bisa memberi peluang untuk pelestarian burung-burung yang terancam punah. Di masa depan, eksperimen dengan menggunakan metode “burung tabung” atau induk burung pengganti (surrogatemother) itu akan segera dilakukan.

Berdasarkan riset tersebut, keberhasilan penetasan telur di luar cangkang memiliki peluang lebih tinggi daripada penetasan telur dengan cangkang transparan seperti yang selama ini dilakukan para peneliti.

Atas keberhasilan metode tersebut, Anda pun bisa meniru hal yang sama di rumah. Misalnya membeli telur dari pasar atau peternakan, lalu bereksperimen dengan mencoba menetaskannya di dalam gelas.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu eksperimen harus dilakukan di dalam ruangan atau laboratorium yang steril. Selain itu, video yang disajikan berikut ini juga tidak memberi jaminan kalau anak ayam yang muncul di akhir video adalah benar-benar berasal dari telur yang ditetaskan dalam gelas tersebut.

Ok, berikut ini videonya yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.