Kenari Pestapora dan kacer Setan Manis berpesta di Lapangan ILF Jambi

Rabu (20/7) kemarin, Indonesian Lovebirds Fellowships (ILF) Jambi menyelenggarakan lomba burung berkicau dalam rangka Launching Lapangan ILF. Kontes digelar di Jalan Talang Sari, Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, tepatnya di samping kediaman Om Tata yang kini menjabat ketua ILF Jambi.

Kicaumania dari berbagai daerah di Kota Jambi dan sekitarnya tampak antusias mengikuti kontes ini. Suasana pun terlihat makin ramai, karena warga sekitar juga ikut menonton.

Launching Lapangan ILF Jambi
Antusias peserta dan penonton dalam Launching Lapangan ILF Jambi, Rabu (20/7).

Dalam even ini, dua burung berhasil meraih double winner, yaitu kenari Pestapora besutan Om Hadi KPKJ dan kacer Setan Manis kepunyaan Om Heri Jengkol.

Kenari Pestapora secara mengejutkan mampu mengalahkan Goyang Dumang, gaco milik Om Hendy yang sudah memiliki reputasi nasional. Di Kelas Sejati, Pestapora tampil sebagai juara, diikuti Goyang Dumang dan Bandit. Burung yang disebut terakhir ini juga milik Om Hendy.

Om Hadi KPKJ dan Om Aris
Om Hadi KPKJ (kanan) bersama Om Aris yang mengawal dua kenari milik Om Hendy.

Ketiga burung juga moncer di Kelas Umum, di mana Pestapora berada di peringkat pertama, disusul Bandit dan Goyang Dumang.

Penampilan menawan juga diperlihatkan kacer Setan Manis milik Om Heri Jengkol. Dua dari tiga sesi yang dilombakan berhasil dimenanginya.

Setan Manis menjuarai Kelas Bintang, unggul atas kacer Pitbul milik Om Heru dan Temon orbitan Om Doni. Gelar kedua diraihnya di Kelas Sejati, mengalahkan kacer Dini milik Pak J dan Temon.

Kacer Pitbul milik Om Heru
Kacer Pitbul milik Om Heru juara 2 Kelas Bintang.

Kacer Kapten mencorong di Kelas Umum. Jagoan Om Ugie ini bertengger di urutan pertama, disusul Cikit milik Om Rudi Candra dan Moiza kepunyaan Om Sahadewa.

Murai batu juga digelar tiga kelas. Temon, gaco milik Om Jutak, terbaik di Kelas Bintang. Juara kedua dan ketiga diraih MB Bedul milik Om Joni Huang dan Bordan besutan Om Hery Sangra.

Launching ILF Jambi-juara murai batu
Juara 1, 2, 3 murai batu Kelas Bintang.

Kelas Sejati dikuasai murai batu Pepaktor milik Om Aping, mengalahkan Unyil milik Om Budek serta Bordan. Adapun Kelas Umum dijuarai MB Reno orbitan Om Anto, disusul Bedul serta Pak Lurah milik Om Sion.

Tiga kelas lovebird dijuarai burung berbeda, meski Iyem dan Ipad terlihat paling stabil. Lovebird Ipad milik Family memenangi Kelas Sejati, disusul Lulu milik Om Tian dan Nobita milik Bidan.

Iyem, gaco milik Om Andi LB, terbaik di Kelas Umum, mengalahkan Ipad. Kelas Bintang dijuarai Gotik orbitan Om Roky, disusul Anita milik Om Suroto dan Iyem.

Launching ILF Jambi-juara lovebird
Juara 1, 2, 3 lovebird Kelas Bintang.

Kapas tembak Oscar besutan Om Imoe tampil terbaik di kelasnya. Posisi kedua dan ketiga ditempati Jelidrink milik Om Enka dan Superboy andalan Om RD Raka.

Launching ILF Jambi-juara kapas tembak
Juara 1, 2, 3, 4 kapas tembak Kelas Sejati.

Menurut Om Tata, kepengurusan ILF Jambi selalu berganti setiap tahun, agar selalu punya gebrakan baru dalam memajukan dunia perburungan di Jambi, dan agar ILF Jambi makin maju.

“Yang pernah menjadi ketua tak boleh dipilih lagi sebagai ketua, sehingga nahkoda organisasi selalu baru,” ujar Om Tata yang menggantikan posisi Om Wahyu Andri.

Pengurus ILF Jambi
Dari kanan: Om Tata (ketua ILF Jambi), Om Wahyu Andri (mantan ketua), dan Om Galih (wakil ketua).

Gebrakan baru yang dilakukan Om Tata selaku ketua baru adalah mengadakan latber rutin tiap Rabu sore di lapangan yang sama, yang tepat bersebelahan dengan kediamannya.

ILF Jambi dikenal rajin mengikuti lomba burung kicauan, baik di dalam maupun di luar kota. Klub ini bahkan sudah memiliki cabang komunitas di Sungai Penuh, Kerinci.

Mewakili keluarga besar ILF Jambi, Om Tata mengucapkan terimakasih atas kehadiran para peserta. “Mohon maaf kalau ada kekurangan dari panitia maupun juri yang bertugas. Kritik dan saran sangat kamu nantikan. Mohon dukungan dan partisipasinya dalam latber rutin setiap Rabu sore,” pintanya. (Kelana Lana)

Launching ILF Jambi
Para peserta antre saat membeli tiket.

Hasil Launching Lapangan ILF Jambi (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.