Cendet Barter, debutan baru langsung hattrick di YKS BC Blora

Cendet Barter, debutan baru milik Om Huda Jibril (Samen BC), menjadi satu-satunya peserta yang sukses meraih hattrick dalam latber burung berkicau dalam rangka Launching YKS BC di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Blora, Minggu (31/7).

Even ini dikomandani langsung oleh Om Yudhi Kristianto yang saat ini menaungi dua bird club sekaligus , yakni YKS BC yang bermarkas di Kauman Blora dan Doplang BC yang berlokasi di Kecamatan Jati (wilayah selatan Blora).

Di sela-sela kesibukan sebagai anggota Komisi A DPRD Kabupaten Blora, Om Yudhi tetap menyempatkan diri untuk menyalurkan hobinya di dunia burung kicauan. “Hobi ini bisa berjalan berkat dukungan rekan-rekan kicaumania,“ ungkap Om Yudhi kepada omkicau.com.

Om Yudhi Kristianto
Om Yudhi Kristianto, ketua YKS BC Blora.

Acara berjalan lancar, kondusif, dan tanpa protes atau komplain dari para peserta. Sejumlah kicaumania datang dari berbagai daerah, mulai dari pemain lokal Blora, hingga Bojonegoro dan Tuban. “Rencananya mau bikin even lebih besar lagi. Tunggu saja tanggal mainnya,” tutur Om Yudhi.

YKS BC Blora
Keluarga besar YKS BC Blora siap gelar even lebih besar lagi.

Om Huda Jibril memang bukan pemain baru. Dia memiliki sejumlah amunisi hebat di kelas cendet, murai batu, dan lain-lain. Tetapi cendet Barter miliknya ini merupakan burung debutan baru. Sehari-hari, gaco anyarnya tersebut dirawat Om Dodox.

Dalam Launching YKS BC, cendet Barter tampil di semua (3) kelas yang dilombakan. Hebatnya lag, semua kelas ini berhasil dimenanginya.

Di Kelas Ketupat, Barter mampu mengalahkan cendet New Port besutan Om Felix / Om Belor (Jabrig SF) yang lebih berpengalaman. New Port harus puas di posisi kedua, disusul cendet Dot Matrix kepunyaan Om Moenyet (Saklar SF).

Om Huda Jibril dan Om Dodox
Om Huda (kanan) dan Om Dodox moncer bersama cendet Barter.

Barter kemudian menjuarai Kelas Lontong, unggul atas New Port dan Arjuna orbitan Om Jokowick (Lowo Ijo SF). Gelar ketiga diraihnya di Kelas Lepet, dengan mengalahkan Roma besutan Om Ismail (Jatirogo SF) dan Bonavit milik Om Pram (Tutup).

Cendet New Port
Cendet New Port andaan Om Felix / Belor (Jabrig SF).

Tiga burung meraih double winner, yaitu kenari Tweety milik Om Kukuh Setyawan (Doa Ibu BF), lovebird Si Kuning besutan Om Avied (Abadi BC), dan murai batu Clurit orbitan Om Sulis (3 Saudara).

Kenari Tweety terbaik di Kelas Ketupat, unggul atas Voltage milik Om Anton Candiwa (PCB) dan Plekcur orbitan Om Cacuk (Smada SF).

Di Kelas Lontong, Tweety kembali juara setelah menyingkirkan Tom Sam Cong milik Om Kates (Jabrig SF) dan Sambalado, gaco lain milik Om Kukuh Setyawan.

Om Kukuh Setyawan dan kenari Tweety
Om Kukuh Setyawan: Kenari Tweety double winner.

Lovebird digelar lima kelas, dua di antaranya dijuarai Si Kuning besutan Om Avied (Abadi BC). Si Kuning menjuarai Kelas Lontong A, disusul Kencanawungu milik Om Teo (Dewa BC) dan Mak Erot orbitan Om Arya (DR Twins SF).

Latber Launching YKS BC Blora
Suasana penjurian kelas lovebird dalam Latber Launching YKS BC di Blora, Minggu (31/7).

Kelas Lepet juga didominasi lovebird Si Kuning, unggul atas Cemplon orbitan Bang Santo (Randublatung BC) dan Centini milik Om Antok (Mlangsen).

Om Aviedz, pemlik lovebird Si Kuning.
Om Aviedz, pemilik lovebird Si Kuning.

Lovebird Kencanawungu juga tampil bagus. Selain meraih juara 2 Kelas Lontong A, burung ini menjuarai Kelas Ketupat A dan juara 2 Ketupat B di bawah Gundik milik TMY SF. Kelas Lontong B dikuasai lovebird Sari milik Om Toha KPK 069 (Toha SF), disusul Cemplon dan Hell Boy besutan Om Gotho (601 SF).

Murai batu Clurit milik Om Sulis (3 Saudara) tak hanya nyeri juara 1. Burung yang sehari-hari dirawat Om Zaky Bowo ini bahkan nyaris mencetak hattrick.

Clurit menjuarai Kelas Ketupat, mengalahkan Rewo-Rewo orbitan Om Topan (Dewa BC) dan Remon milik Om Tanjung (Jepon). Kelas Lontong juga dimenangi Clurit, disusul Tum Hi Ho milik Om Puguh ADPT (Randublatung BC) dan Black Devil orbitan Om Yon Pos (Kimara).

Om Zaky Bowo
Om Zaky Bowo, joki aandal murai batu Clurit milik Om Sulis.

Murai batu Tum Hi Ho mampu membalas kekalahannya dari Clurit saat bertarung di Kelas Lepet. Tum Hi Ho meraih juara pertama, sedangkan MB Clurit di posisi kedua, disusul Black Devil.

Cucak ijo Otong besutan Koh Amien (System SF) harus berbagi gelar dengan Juragan Jati andalan Om Ari Mahmud (Purwosari). Keduanya saling mengalahkan, dan sama-sama meraih juara 1 dan 2.

Kelas Lepet dimenangi Otong, disusul Juragan Jati dan Asep Irama milik Om Ismail (Jatirogo). Tapi Kelas Lontong dijuarai Juragan Jati, disusul Otong dan Adipati milik Om Sutikno dari Bangkle.

System SF yang dikomandani Koh Amien memang kerap berprestasi, terutama di kelas cucak hijau. Pada Latber Bamboe Sanjaya, pekan lalu, cucak ijo Otong sukses meraih double winner. System SF kini makin kompak, bahkan siap menancapkan  taringnya tidak hanya di Blora, melainkan juga di Blok Tengah.

Koh Amien System SF
Koh Amien (3 dari kiri) dari System SF juara 1 dan 2 melalui cucak ijo Otong.

Kelas kacer belakangan makin sepi di wilayah Blora. Panitia semula membuka tiga kelas. Tapi minimnya jumlah peserta membuat Om Yudhi dan kawan-kawan hanya memainkan dua sesi saja.

Kelas Ketupat dimenangi kacer Dancer orbitan Om Adi / Benk (Randublatung BC), disusul Codet besutan Om Nank (Kampung Tebok) dan Dinamo milik Risma Totok (Sulang). Codet menjuarai Kelas Lontong, diikuti Dinamo dan Sadewa orbitan Orisma (Kauman).

Kacer Dancer juga merupakan burung debutan baru. Kualitasnya teruji dengan gaya nyeklek pada satu titik, didukung speed rapat serta tembakan lovebird, burung gereja, dan kapas tembak, dengan durasi panjang.

Untuk sementara, Om Adi dan Om Benk akan mengistirahatkan kacer Dancer, untuk persiapan menuju Piala Raja di Prambanan, 4 September 2016.

Randublatung BC yang dipimpin Om Puguh ADPT juga sukses di kelas lovebird dan murai batu. Cemplon, lovebird besutan Bang Santo, meraih juara 2, 3, dan 6. Adapun murai batu Tum Hi Ho orbitan Om Puguh meraih juara 1, 2, dan 4. Randublatung BC akan menggelar latpres pada hari Minggu, 14 Agustus 2016. (neolithikum)

Randublatung BC
Randublatung BC siap gelar latpres tanggal 14 Agustus 2016.
Abah Sulied
Abah Sulied, MC baru untuk even lomba burung di Blora.

Hasil Latber YKC BC Blora (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.