Murai batu Togar dan kacer Maximus nyeri di Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team

Sekitar 700 peserta mengikuti Pesta Merdeka Yamaha Burung Berkicau bersama Bakung Team di lapangan Bakung Team, Jalam RA Siagian, Pasir Putih, Kota Jambi, Minggu (14/8). Peserta datang dari berbagai daerah di Provinsi Jambi seperti Muara Bulian (Kabupaten Batang Hari), Nipah Panjang dan Muara Sabak (Tanjung Jabung Timur), Sengeti (Muaro Jambi), dan Kota Jambi.

Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team
Suasana kelas kacer dalam Pesta Merdeka Yamaha bersama Bakung Team, Minggu (14/8).

Lomba ini memperoleh dukungan dari berbagai event organizer (EO) ternama seperti Radjawali Indonesia, BnR, dan Ronggolawe Nusantara, serta sejumlah bird club (BC) dan single fighter (SF) di Provinsi Jambi.

Dalam even ini, panitia membuka empat kelas (Mega Bintang, Bintang, Sejati, dan Umum), dengan melombakan 22 sesi. Murai batu, kacer, dan lovebird sama-sama digelar empat sesi. Kapas tembak, kenari, dan cucak ijo masing-masing dua sesi. Adapun serindit, pleci, cililin, dan ciblek dimainkan satu sesi.

Murai batu Togar orbitan Om Akia (Obit BC) tampil menawan dengan menjuarai dua kelas sekaligus alias double winner. Togar terbaik di Kelas Sejati, mengalahkan Raja milik Om Usman (Sengeti BC) dan Bordan andalan Om Herry Sangra (Bacan).

Murai batu Togar milik Om Akia
Murai batu Togar milik Om Akia meraih double winner.

Gelar kedua diraih Togar di Kelas Umum, unggul atas Batu Raja milik Om Rifai dan Raja. Kemenangan Togar tak disaksikan langsung oleh Om Akia, yang pada hari bersamaan mengikuti lomba di Jakarta.

Kelas utama Mega Bintang dimenangi murai batu Chili kepunyaan H Abun (Jambi), disusul CR7 milik Om Puja (Jangkar SF) dan Pandawa andalan Om Aan Lie (Ozone BC).

Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team
Om Aan Yap (kaos kuning) bersama juara 1-3 murai batu Kelas Mega Bintang.

Murai batu Sanjaya menjuarai Kelas Bintang. Jagoan Om Afiq (Bahar) ini mengalahkan Bordan serta Hero milik Om Abi dari Obit BC.

Selain murai batu Togar, ada dua burung lainnya yang juga nyeri juara 1, yakni kacer Maximus milik Om Tandri (16 Community) dan kapas tembak Petir kepunyaan Om Aan Lie (Ozone BC).

Kacer Maximus menjuarai Kelas Mega Bintang, unggul atas Batman milik Om Usman (KLI Jambi) dan Bajing Loncat besutan Om Sugeng (KKMJ). Maximum juga memenangi Kelas Bintang, mengalahkan Tapak Sakti koleksi RBJ SF dan Tegas milik Om Budi (Jambi).

Kacer Maximus
Kacer Maximus milik Om Tandri dua kali juara 1.

Penampilan ciamik juga diperlihatkan kacer Noah koleksi Jangkar SF. Gaco ini menjuarai Kelas Sejati, mengalahkan PM milik Om Arib (Beken SF) dan Rock Star orbitan Om Nando (Nusantara BC).

Kelas umum dimenangi kacer Temon milik Romo Arif (Jangkar SF), disusul Apollo andalan Om Esco (Andalas SF) dan Noah.

Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team
Juara 1-3 kacer Kelas Mega Bintang.

Kapas tembak Petir menyapubersih dua kelas yang dilombakan. Pada Kelas Sejati, burung langganan juara milik Om Aan Lie ini mengalahkan kapas tembak Siliwangi milik Om Ata (Jambi) dan Cepot milik Uda Dogan (Jangkar SF).

Petir kembali tak terkalahkan saat bertarung di Kelas Umum. Kapas tembak Cepot nangkrik di posisi kedua, disusul Mars kepunyaan Om Aan Yap (Jambi).

Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team
Pelindung Bakung Team, Om Buher (kiri), menyerahkan trofi kepada juara 1-3 kapas tembak.

Persaingan lovebird relatif berimbang, bahkan empat sesi dimenangi burung yang berbeda. Lovebird Lala milik Om Tian (Ozone BC) tampil paling stabil, dengan menjuarai Kelas Mega Bintang, serta juara 2 dan 3 pada dua sesi lainnya.

Di kelas utama, Lala mengalahkan lovebird Ipad milik Om Usman (KKMKJ). Kelas Bintang dimenangi lovebird Putri Salju milik Om Arun (Lion SF), disusul Lala dan Chelsea andalan Om Ahong Kadaci (Obit BC).

Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team
Ketua Jambi Team, Om AXL (kiri), menyerahkan trofi kepada juara 1-3 lovebird Mega Bintang.

Lovebird Chelsea kemudian menjuarai Kelas Sejati, mengalahkan Venus orbitan Om Iman Fatoni dan Miss Edan milik Om Nando (Nusantara BC). Kelas Umum dimenangi lovebird Bolina milik Om Usman (KKMJ), disusul Chelsea dan Lala.

Ozone BC mengoleksi poin terbanyak (500) dan dinobatkan sebagai juara bird club. Adapun Jangkar SF tampil sebagai juara single fighter dengan total poin 400. Juara komunitas diraih KPKJ (Komunitas Pecinta Kenari Jambi).

Ozone BC
Ozone BC tampil sebagai juara bird club.
Jangkar SF
Jangkar SF meraih gelar juara single fighter.
KPKJ Team
KPKJ Team dinobatkan sebagai juara komunitas.

Secara keseluruhan, lomba berlangsung meriah dan tertib. “Terimakasih atas kehadiran rekan-rekan kicaumana yang telah berlomba secara tertib. Semoga kekompakan ini bisa dipertahankan,” kata Om Yus Sabar selaku ketua pelaksana. (Kelana Lana)

Om Yus Sabar
Om Yus Sabar, ketua pelaksana lomba.

Hasil Pesta Merdeka Yamaha-Bakung Team (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.