Pakan racikan spesial untuk burung ciblek

Sebagai burung kecil yang sangat aktif dan lincah, ciblek perlu mendapat pakan yang tinggi kandungan nutrisinya. Hal itu dilakukan untuk menjaganya agar selalu sehat, bugar, dan rajin berbunyi. Tak jarang pula kicaumania yang meracik sendiri pakan untuk momongannya itu, seperti pakan racikan spesial berikut ini yang bisa membuat ciblek lebih bugar dan rajin bunyi.

Membuat pakan racikan untuk ciblek
Membuat pakan racikan untuk ciblek.

Ciblek mempunyai suara khas berupa suara tembakan yang disebut “ngebren”. Karena suara ngebrennya itu, ciblek sering dipelihara sebagai burung masteran.

Selain itu, ciblek juga dikenal memiliki sifat fighter. Dia akan melawan ketika melihat burung sejenis di dekatnya. Itu sebabnya, burung kecil bersuara pedas ini juga popular sebagai burung lomba.

Dalam perawataannya, burung ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk mendukung aktivitas hariannya, termasuk berkicau. Hal ini bisa dipenuhi dengan memberikan pakan tambahan yang bervariasi, seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Beberapa ciblekmania menganggap extra fooding (EF) seperti itu belum cukup, sehingga mereka berkreasi untuk meracik sendiri pakan spesial untuk burung kesayangannya. Om Kicau akan membagikan salah satu resep pakan racikan spesial untuk burung ciblek.

Pakan racikan yang akan kita buat ini terdiri atas bahan-bahan yang sudah dikenal luas memiliki kandungan serta manfaat tertentu. Selain bisa membantu menjaga kondisinya, pakan racikan ini juga diyakini mampu mendongkrak stamina ciblek dan membuatnya lebih rajin berbunyi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakan racikan ciblek
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakan racikan ciblek.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 500 gram voer ayam.
  • 500 gram kacang hijau, atau bisa juga menggunakan kacang kedelai.
  • 5 butir telur rebus yang diambil kuning telurnya saja.
  • Belalang / jangkrik yang sudah dikeringkan. Jika kesulitan mendapatkan belalang / jangkrik kering, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara seperti yang disebutkan di sini.
  • Udang kering yang biasa diberikan sebagai pakan ikan akuarium.

Proses pembuatan:

  1. Sebelum digunakan, kacang hijau/kedelai sebaiknya disangrai dulu untuk memudahkan proses penggilingan. Setelah kering, kacang hijau/kedelai ditumbuk hingga halus atau digiling menggunakan blender.
  2. Campurkan kacang yang sudah menjadi tepung dengan voer ayam dan kuning telur, kemudian digiling lagi menggunakan blender, hingga semua bahan bercampur rata.
  3. Setelah itu simpan dalam wadah bersih, misalnya baskom plastik.
  4. Masukkan belalang/jangkrik kering dan udang kering ke dalam gelas blender, kemudian giling hingga menjadi butiran kasar.
  5. Bubuk serangga dan udang tadi kemudian dicampur dengan tepung yang sudah dibuat, lalu aduk hingga semua bahan bercampur rata.
  6. Pakan racikan sudah siap disajikan untuk burung kesayangan Anda.

Selain ciblek, pakan racikan ini juga bisa diberikan pada burung-burung kecil lainnya seperti tledekan gunung, pleci dan sirtu/cipo. Perlu diketahui, meski burung telah diberikan pakan racikan, namun pemberian EF seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong tidak boleh dilupakan.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.