Tips menangani burung cendet yang phobia pada benda dan suara

Burung cendet dikenal memiliki suara yang lantang dan gaya berkicau yang khas. Namun terkadang burung ini juga memiliki sifat yang sulit ditebak. Dalam beberapa kasus, kita sering menjumpai cendet yang ketakutan atau phobia terhadap benda-benda tertentu atau manusia. Kalau sudah begitu, perawatannya tentu menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya, berikut ini tips menangani burung cendet yang phobia pada benda dan suara.

Burung cendet sering merasa ketakutan pada benda dan suara-suara
Burung cendet sering ketakutan pada benda dan suara-suara tertentu.

Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu atau benda. Masalah ini tidak hanya dialami oleh manusia saja, tetapi juga bisa terjadi pada hewan peliharaan, tak terkecuali burung kicauan. Burung cendet dan anis merah kerap mengalami masalah seperti ini.

Rasa takut yang berlebihan umumnya muncul ketika burung mendengar atau melihat sesuatu yang asing yang tidak biasa dilihat atau didengarnya. Pada kondisi tersebut, burung akan menjadi sangat ketakutan (grabagan) dan rentan mengalami cedera serta kerusakan pada bulu-bulunya.

Berdasarkan pengamatan omkicau.com, burung cendet kerap merasa ketakutan ketika berada pada situasi seperti berikut;

  • Melihat benda yang bentuknya asing, atau berwarna cerah, seperti topi, payung, motif / warna pakaian, dan sebagainya.
  • Mendengar suara yang dianggapnya aneh dan bisa mengancam nyawanya seperti suara kendaraan bermotor, suara mesin, suara geraman, dan lain-lain.
  • Burung berada di tengah keramaian dan banyak orang lalu lalang, atau pada saat ada orang yang mendekati sangkarnya.

Munculnya rasa takut yang berlebihan pada burung cendet disebabkan oleh beberapa hal, misalnya trauma, merasa terancam, dan belum beradaptasi atau belum terbiasa dengan situasi lingkungan di sekitar sangkarnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan penanganan yang sesuai dengan sumber penyebabnya, seperti akan diuraikan berikut ini:

1 . Cendet takut pada benda asing

Takut pada sebuah benda adalah sesuatu yang lazim terjadi pada burung bakalan yang belum mengenal sangkar dan lingkungan manusia. Namun kondisi ini juga sering ditemukan pada cendet yang sudah dipelihara sejak lama. Untuk membuat cendet tidak takut pada benda-benda asing, dia harus dilatih agar terbiasa.

Melatih cendet yang phobia pada topi, payung, sapu, dan sebagainya bisa dilakukan dengan meletakkan benda yang membuatnya takut itu tidak jauh dari sangkarnya, atau menempelkan pada sangkar burung lain. Hal ini bertujuan agar burung dapat melihat bahwa benda yang selama ini ditakutinya bukanlah ancaman bagi burung lain maupun bagi dirinya sendiri.

Jika cendet takut pada semprotan mandinya, maka untuk kelancaran perawatan mandinya bisa dilakukan dengan mengganti bagian botol semprotan dengan botol bekas larutan atau botol bekas minuman air mineral. Dengan begitu cendet bisa dimandikan tanpa perlu khawatir akan grabagan/ketakutan.

2. Cendet takut pada suara kendaraan

Takut pada suara-suara tertentu seperti suara kendaraan dan suara mesin juga sesuatu yang biasa dialami binatang piaraan seperti anjing, kucing, dan burung. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan rekaman dari suara-suara yang menakutkan mereka.

Caranya, putarkan rekaman suara kendaraan, suara mesin, atau suara lain yang membuat cendet takut setiap 1 jam setiap harinya. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa takutnya.

Setelah beberapa hari, biasanya burung akan terbiasa sehingga tidak lagi phobia terhadap suara-suara tersebut. Putarkan rekaman tersebut ketika burung sedang beristirahat pada siang dan sore hari, dalam kondisi sangkarnya full kerodong.

Untuk rekaman suara kendaraaan / mobil, omkicau.com sudah menyediakan audionya di sini: Car sound effects, Efek suara mobil lengkap.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggantang sangkarnya dalam posisi dikerodong pada tempat ramai dengan sumber suara yang ditakuti burung, misalnya di pinggir jalan yang dilalui banyak kendaraan, aau tempat sejenisnya.

3 . Cendet takut pada orang / keramaian

Cendet yang selalu ketakutan di tengah keramaian manusia tentu menyulitkan kita kalau mau melatihnya di arena latberan. Setelah cendet dimandikan pada pagi hari, maka penjemuran sebaiknya dilakukan dengan meletakkan sangkarnya di bawah lokasi yang banyak dilalui manusia.

Jika dilakukan rutin, burung menjadi lebih terbiasa dan tidak akan takut lagi melihat orang-orang di dekat sangkar. Cara alternatif lainnya adalah memindahkan sangkarnya di lokasi yang berbeda secara bergantian setiap hari.

Demikianlah tips singkat mengenai penanganan burung cendet yang selalu takut melihat benda maupun suara-suara tertentu.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.