Tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong

Sangkar yang sudah lama digunakan pasti akan terlihat lebih kusam. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain terkena kotoran (feses) yang menempel, jamur, atau pemudaran warna oleh panas matahari. Meski sangkar kusam tidak mempengaruhi kinerja burung yang menghuninya, namun tidak sedap dipandang mata. Untuk mengatasinya, berikut ini tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong kembali.

Tips sederhana mengilapkan sangkar yang sudah kusam
Tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong kembali.

Sebagian besar kicaumania lebih suka membeli sangkar siap pakai yang sudah dilapisi dengan cat / politur. Selama beberapa bulan pertama, sangkar terlihat berkilau dengan pelituran yang masih mengkilap. Tetapi lama-lama, cat atau pelituran sangkar akan terlihat kusam, bahkan terkadang disertai bercak putih bekas cipratan air hujan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, para kicaumania harus melakukan pengecatan ulang atau sekadar membeli zat pengkilap kayu. Tapi tahukah Anda, ada beberapa cara praktis dan hemat biaya untuk mengatasi sangkar kusam? Nah, jika tertarik, silakan simak cara-cara berikut ini:

1. Memanfaatkan air teh

Air teh bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan kembali cat atau pelituran sangkar yang telah kusam. Caranya pun mudah. Celupkan kain / lap bersih ke dalam air teh kental, kemudian dioleskan di permukaan sangkar yang kusam tersebut.

2. Campuran minyak sayur dan jeruk nipis

Siapkan 1/2 gelas air bersih, lalu campurkan 2 sendok minyak sayur dan perasan jeruk nipis ke dalam gelas. Setelah itu, gosokkan ke seluruh permukaan sangkar dengan menggunakan kain bersih yang sudah dicelup ke dalam larutan tersebut. Ulangi hingga 2-3 kali sampai sangkar kembali mengkilap.

3. Campuran minyak sayur dan kayu putih

Minyak sayur dan minyak kayu putih pun bisa digunakan untuk mengkilapkan sangkar yang telah kusam. Caranya, campurkan minyak sayur dan kayu putih ke dalam mangkuk (perbandingan 4 : 2). Setelah itu oleskan pada bagian-bagian sangkar yang akan dibuat mengkilap.

Ketiga cara di atas bisa Anda coba untuk mengkilapkan kembali sangkar yang sudah kusam. Tapi untuk mengatasi masalah jamur atau bercak putih akibat cipratan air hujan / air asam, ada cara terendiri, yaitu:

Cara pertama:

Bakarlah biji kemiri sampai keluar minyaknya, lalu bungkus dengan menggunakan kain yang dapat menyerap air seperti kain kassa / kaos. Setelah itu, gosokkan pada permukaan sangkar secara merata.

Cara seperti ini sudah lama diterapkan nenek-moyang kita untuk mengkilapkan dan membersihkan mebel ukir kayu jati.

Cara kedua:

Biji kemiri ditumbuk / dihancurkan, kemudian dibungkus dengan menggunakan kain kassa / kaos. Setelah itu, gosokkan pada permukaan sangkar secara merata.

Demikian tips mengkilapkan kembali sangkar yang sudah kusam. Dengan begitu sangkar akan jadi terlihat seperti baru dan Anda pun makin pede untuk menggantang burung di teras rumah.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.