Video tutorial mengoperasi benjolan dan bengkak pada burung

Banyak kicaumania yang mendapati burung mereka mengalami bengkak atau ada benjolan di organ tubuh tertentu. Penyebab bengkak dan benjol bermacam-macam. Ada yang disebabkan tumor (ganas atau jinak), kista bulu (penimbunan folikel bulu), penimbunan nanah (abses), penimbunan lemak, bahkan bisa juga karena keseleo atau terkilir sehingga ada penyumbatan darah.

Macam-macam bengkak atau benjolan pada burung dan cara mengatasinya.

1. Bengkak atau benjolan karena tumor

Jika burung Anda bengkak karena tumor, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali dengan operasi atau pengangkatan tumor. Hanya saja, jika tumor tersebut bersifat ganas, maka pengangkatan yang tidak sempurna bisa menumbulkan tumbuhnya tumor lagi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk mengoperasi tumor jinak, Anda bisa menyimak artikel ini lebih lanjut. Namun jika tumor ganas, maka sayang sekali kami belum menemukan referensi mengenai hal itu.

2. Bengkak atau benjolan karena kista bulu

Penumpukan kista bulu bisa terjadi pada semua jenis burung. Biasanya benjolan ini bisa terjadi ketika bulu–bulu tersebut akan / mulai tumbuh, tetapi tidak bisa keluar melalui pori-pori kulitnya. Akibatnya, tunas bulu tumbuh dan menumpuk di bawah kulit. Lama-lama bulu akan terus tumbuh di bawah kulit, dan memunculkan benjolan yang makin membesar, akibat dari akumulasi materi yang terdiri atas keratin.

Benjolan ini bisa berukuran kecil berwarna kuning di bawah kulit, tetapi bisa juga benjolan besar keratin di bawah kulit yang mengandung material bulu.

Bagaimana cara mengatasinya? Silakan cek artikel Mengobati dan mencegah kista bulu pada kenari.

3. Bengkak atau benjolan karena penimbunan lemak

Jika burung Anda bengkak karena adanya penimbunan lemak, silakan cek artikel ini Sedot lemak pada burung: Berani?

4. Bengkak atau benjolan karena penimbunan darah di kaki

Jika burung Anda bengkak karena adanya penimbunan darah di kaki, silakan cek artikel Bengkak pada pembuluh darah di kaki burung? Ini cara mengobatinya!

5. Bengkak atau benjolan karena terkilir

Jika burung Anda bengkak karena terkilir, silakan cek artikel Cara tepat penanganan burung bengkak karena terkilir.

6. Bengkak atau benjolan karena penimbunan nanah (abses)

Apa itu abses? Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri. Penyebab infeksi itu sendiri bermacam-macam, misalnya bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka yang berasal dari tusukan jarum yang tidak steril atau bakteri menyebar dari infeksi di bagian tubuh lainnya.

Selain itu, bakteri yang dalam keadaan normal hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang juga bisa menyebabkan terbentuknya abses. Peluang terbentuknya suatu abses akan meningkat jika terdapat kotoran atau benda asing di daerah tempat terjadinya infeksi; daerah yang terinfeksi kurang mendapatkan aliran darah; dan, atau terdapat gangguan sistem kekebalan tubuh.

Abses bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru, mulut, rektum dan otot. Abses sering ditemukan di dalam kulit atau tepat dibawah kulit, terutama jika timbul di wajah.

Sedangkan gejala-gejala abses tergantung dari lokasi dan pengaruhnya terhadap fungsi suatu organ atau saraf.

Gejala abses yang bisa ditemukan antara lain: adanya pembengkakan, kemerahan, teraba hangat, dan menyebabkan rasa nyeri pada burung, dan bisa menimbulkan demam.

Abses yang terbentuk tepat di bawah kulit biasanya tampak sebagai suatu benjolan. Jika abses akan pecah, maka daerah pusat benjolan akan menjadi lebih putih karena kulit di atasnya menipis.

Abses di dalam tubuh, sebelum menimbulkan gejala seringkali lebih dahulu tumbuh menjadi lebih besar. Abses yang dalam lebih mungkin dapat menyebarkan infeksi ke seluruh tubuh.

Abses di kulit atau di bawah kulit sangat mudah dikenali, sedangkan abses yang dalam seringkali sulit ditemukan. Dalam hal ini, benjolan abses yang diangkat adalah yang ada pada bagian bawah kulit yang terlihat dari luar. Dalam kasus murai batu ini, abses terletak di dekat mata.

Mengatasi dan mengangkat abses

Suatu abses seringkali membaik tanpa pengobatan; dia dapat pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan isinya. Kadang abses menghilang secara perlahan karena tubuh menghancurkan infeksi yang terjadi dan menyerap sisa-sisa infeksi. Abses yang tidak pecah bisa meninggalkan benjolan yang keras. Untuk meringankan nyeri dan mempercepat penyembuhan, suatu abses bisa diatasi dengan mengeluarkan isinya.

Catatan: Abses tidak memiliki aliran darah, dengan demikian pemberian antibiotik biasanya sia-sia. Antibiotik bisa diberikan setelah abses mengering dan hal ini dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya. Apa obatnya? Anda bisa menggunakan BirdBlown dan bisa juga BirdTwitter (klik saja untuk mengetahui perinciannya).

Nah inilah inti artikel yang pengin Om Kicau sampaikan saat ini. Cara mengatasi benjolan pada burung yang disebabkan oleh penimbunan nanah (abses) di bawah lapisan kulit pernah dilakukan terhadap burung murai batu Om Abah Murai.

Pada burung tersebut terdapat benjolan yang terasa keras ketika diraba, tepatnya di sebelah depan mata kiri. Ini fotonya:

Video tutorial mengoperasi benjolan dan bengkak pada burung
Kondisi murai batu sebelum dioperasi

Kondisi burung tersebut diceritakan Om Abah ke Om Gatot Bayu dan selepas gelaran Lomba Burung Piala Raja 2015 di Prambanan, Om Gatot meluncur ke rumah Om Abah di seputaran Godean.

Om Kicau yang terlambat menyertai kedatangan Om Gatot Bayu ke Godean, beruntung masih dapat sisa cerita pelaksanaan operasi benjol pada burung murai itu sekaligus dapat videonya.

Inilah rangkaian foto tutorial operasi benjolan pada burung murai batu yang dilakukan Om Gatot Bayu…(Video operasi pengangkatan abses, silakan gulir ke bawah).

Mengatasi benjolan pada burung
Bahan dan alat yang diperlukan untuk mengangkat abses pada burung. 1. Pinset/alat penjepit 2. Kapas bersih 3. Cutter/ pisau tajam 4. Cutton bud 5. Larutan antiseptik 6. Larutan alkohol
Cara mengobati burung murai batu bengkak
Bersihkan benjolan dengan kapas yang diolesi larutan alkohol. Pada saat yang sama, tekan-tekan secara halus agar benjolan melunak.
Cara mengobati burung murai batu bengkak dan benjol
Tekan-tekan terus secara lembut benjolan agar leboh lunak.
Cara mengatasi burung sakit
Sayat benjolan dengan pisau tajam dan steril.
Cara mengobati burung sakit benjol bengkak
Tekan-tekan benjolan yang sudah terbuka dan keluarkan abses.
mengobati murai sakit
Angkat abses dengan pinset atau penjepit lain yang steril/bersih.
Video mengobati burung sakit
Bersihkan bekas luka operasi atau bekas abses dengan cutton bud. Pastikan dilakukan sampai tidak ada sisa abses dan darah.
Obat burung sakit
Pastikan benar bahwa luka sisa operasi sudah bersih dari nanah dan darah.
Cara meraway dan mengobati burung sakit
Oleskan cairan antiseptik ke seluruh bekas luka dengan cutton bud.
obat manjur untuk burung sakit
Bersihkan lagi sisa-sisa antiseptik yang ada di sekitar luka bekas operasi.
Video cara mengobat burung sakit
Operasi pengangkatan abses selesai.
Kondisi murai batu setelah beberapa hari dilakukan operasi. Sehat.
Kondisi murai batu setelah 7 hari dilakukan operasi. Sehat.

Nah kalaui di bawah ini adalah foto beberapa teman yang ngobrol bareng seusai dilakukan operasi di penangkaran MB milik Om Abah Murai di kawasan Godean Jogjakarta.

Ngobrol-ngobrol di penangkaran murai batu Om Abah Murai Godean
Dari kanan ke kiri: Om Dwi Sidoel Mahaendra, Om Firliansyah Bay, Om Budi Setianto, Om Gatot Bayu, Om Abah Murai, Om Dwinanto Suswandanu, Om Dwi Lovebird DT dan paling kiri adalah tamunya Om Abah.

Video operasi pengangkatan benjolan klik gambar di bawah ini.

Video tutorial lengkap mengoperasi burung benjol dan bengkak-video

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.