Cara mengatasi burung hwamei yang tidak mau berkicau

Suara lantang burung hwamei atau wambi memang memikat banyak kicaumania untuk memilikinya. Namun tak jarang pula burung yang awalnya sangat rajin berbunyi, setelah berpindah tangan justru tidak mau mengeluarkan suara lantangnya. Sebagai panduan bagi Anda yang baru memeliharanya di rumah, berikut ini cara mengatasi burung hwamei yang tidak mau berkicau.

Burung hwamei adalah burung petarung
Hwamei termasuk burung teritorial dan petarung (fighter) sejati.

Hwamei termasuk salah satu jenis burung teritorial dan merupakan petarung sejati (real fighter). Bahkan di negara asalnya, Tiongkok, hwamei kerap dilombakan dalam bentuk adu fisik sebagaimana ayam bangkok. Karakter seperti ini harus diperhatikan penggemar hwamei. Tidak jarang karena terlalu agresif, burung rentan ngedrop dan menjadi malas berkicau.

Ada beberapa hal yang menyebabkan burung hwamei yang semula gacor kemudian malas berbunyi setelah dirawat oleh majikan barunya. Beberapa penyebab yang umum terjadi antara lain:

  • Burung belum beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Hwamei yang baru dibeli ngedrop karena sering digantang berdekatan dengan burung sejenis, atau burung lain yang berkarakter fighter seperti murai batu dan kacer.
  • Sangkarnya tidak sesuai dengan karakter burung.
  • Burung kurang mendapatkan asupan pakan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Untuk memulihkan kembali kondisi burung hwamei agar rajin berbunyi seperti semula, Anda bisa menerapkan pola perawatan sebagai berikut:

1. Burung harus dilatih agar cepat beradaptasi dengan lingkungan baru

Lamanya proses adaptasi sangat tergantung pada perawatan dan karakter burung itu sendiri. Adapun tahap-tahap adaptasi yang bisa dilakukan antara lain:

  • Selama beberapa hari, gantang sangkarnya di tempat yang tenang dan jauh dari burung sejenis atau burung-burung bertipe fighter lainnya.
  • Pengerodongan dilakukan pada siang hingga sore hari, dan harus rutin dilakukan selama proses adaptasi.
  • Selama itu pula, setiap beberapa hari sekali, sangkarnya digantang pada lokasi yang berlainan (berpindah-pindah).
  • Burung yang telah beradaptasi umumnya dapat terlihat dari perilakunya yang mulai lebih tenang dan mulai berani unjuk suara, meski sekadar ngeriwik kecil-kecilan.

2. Memancing burung untuk berbunyi

Untuk memancing burung agar mau berbunyi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Ditempel dengan burung betina. Jika kesulitan mendapatkan hwamei betina, Anda bisa memanfaatkan suara hwamei betina dari video maupun mp3.
  • Gantang sangkar hwamei pada posisi lebih tinggi selama beberapa hari. Misalnya digantung di tiang kerekan.
  • Gunakan satu tenggeran saja yang kokoh dan tidak mudah goyang. Tenggeran hwamei sebaiknya terbuat dari bahan kayu asem atau tenggeran pasir.
  • Jika selama ini burung dipelihara dalam sangkar kotak, Anda bisa mencoba menggantinya dengan model bulat. Begitu pula sebaliknya, sambil memantau terus perkembangannya.

Demikian tips mengatasi burung hwamei yang tak kunjung berkicau. Semoga jagoan Anda bisa pulih seperti semula, dan gacor alias rajin berbunyi.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.