Tips merawat dan memperindah bulu burung kenari

Burung kenari memiliki bulubulu yang lembut. Bulu kenari umumnya didominasi warna kuning. Namun beberapa strain memiliki bulu berwarna unik seperti merah, hitam, hijau, dan biru. Untuk merawat bulu-bulunya agar tetap sehat dan kuat, tentu dibutuhkan perawatan rutin, terutama pemberian pakan, mandi, dan penjemuran. Berikut ini tips merawat dan memperindah bulu burung kenari.

Memandikan burung secara teratur dapat membantu merawat kesehatan bulu-bulunya
Memandikan kenari secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan bulu-bulunya.

Bulu-bulu pada burung memiliki banyak kegunaan. Selain untuk penerbangan, bulu juga dapat memerangkap udara sehingga menjaga suhu tubuhnya agar senantiasa hangat. Selain itu, bulu juga mampu melindungi kulit burung dari paparan sinar ultraviolet matahari. Bahkan beberapa spesies burung memiliki warna bulu yang bisa menyamarkan dirinya dari predator.

Burung-burung di alam liar memiliki cara tersendiri dalam menjaga bulu-bulunya agar tetap sehat dan kuat, antara lain mandi debu / pasir, mengoleskan semut pada bulu-bulunya untuk mengusir kutu, dan sebagainya. Burung yang dipelihara dalam sangkar, termasuk kenari, tentu tidak dapat melakukan semua itu tanpa bantuan pemiliknya.

Kalau mau jujur, banyak kenarimania yang merawat burung seadanya atau kurang maksimal. Akibatnya, bulu-bulu burung piaraannya terlihat kusam, kering, mudah rusak / patah, dan sering rontok. Bahkan beberapa kenari akan mengalami macet mabung dan kebotakan pada sebagian tubuhnya.

Agar bulu kenari tetap sehat dan indah, kita harus melakukan perawatan yang tepat. Kenari digemari tidak hanya karena suaranya yang merdu, tetapi juga karena bulu-bulunya yang indah dan lembut. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan kicaumania untuk merawat bulu kenarinya.

1. Memberi pakan yang sesuai

Beberapa jenis buah dan sayuran mengandung unsur penting yang dapat membantu menjaga kesehatan bulu dan membuatnya tetap berkilauan. Misalnya ubi jalar, wortel, tomat, paprika merah, bayam, dan selada. Anda pun bisa meracik sendiri bahan pakan tersebut untuk merawat bulu kenari. Silakan cek artikel Meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan bermanfaat untuk kenari.

2. Memandikan kenari dengan bahan bermanfaat

Selain pakannya, pola rawatan lain yang tak kalah penting adalah mandi dan jemur. Memandikan kenari tak cukup menggunakan air tawar saja, tapi juga bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan tertentu seperti yang dilakukan para penggemar kenari di mancanegara.

Berikut ini beberapa bahan yang dapat dicampurkan bersama air mandinya serta manfaatnya untuk burung kenari:

  1. Cuka apel: Campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 1 liter air mandi. Larutan ini dapat membantu membersikan kotoran yang menempel pada bulu-bulunya, sehingga membuat bulu lebih bersih dan berkilau. Cuka apel juga bisa menjadi antiseptik sekaligus antiparasit untuk mencegah dan mengusit kutu / tungau yang bermukim pada kulit dan bulu kenari.
  2. Jeruk nipis: Air mandi yang dicampur jeruk nipis dapat membantu membersihkan kotoran dan lemak yang menempel pada bulu, sehingga membuat bulu kenari lebih bersinar dan sehat. Gunakan lima tetes jeruk nipis dalam 1 liter air mandinya.
  3. Garam inggris: Campurkan 1 gram garam inggris ke dalam 1 liter air mandi. Larutan ini juga dapat membatu membersihkan bulu dan membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan bulu kenari. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas kenari setiap harinya.
  4. FreshAves. Larutkan 5 gram FreshAves dalam 1 liter air mandi. Larutan ini dapat membantu menyehatkan bulu-bulu yang kusam (tidak hanya pada kenari, tetapi juga untuk semua burung), sehingga lebih sehat serta tampak berkilauan. Selain itu juga dapat mencegah dan membasmi parasit pada kulit dan bulun yang selama ini mengganggu penampilan burung.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.